Prosedur Mengikuti Test PaPs dan ACEPT UGM


What’s up semua! Welcome back to blog. Banyak banget temen-temen calon mahasiswa pascasarjana UGM yang mengirimkan email ke gue nanya-nanya seputar test PapS dan Acept. Semenjak gue posting tentang pengalaman mengikuti test PaPs beberapa tahun yang lalu, banyak sekali yang ngeDm gue. Oke lah, buat kalian yang belum baca bisa baca di sini.




Kebanyakan yang ngirimin pesan ke gue rata-rata hampir sama pertanyaanya. Okelah, daripada gue harus memberikan jawaban yang sama, lebih baik gue posting di sini aja yak.


Buat kalian yang belu tahu apa itu PapS  dan Acept, gue kasih sedikit penjelasan singkatnya. PapS adalah tes Potensi Akademik Pascasarjana. Jadi salah satu syarat untuk masuk ke pascasarjana UGM baik Magister maupun Doktoral harus memiliki sertifikat Paps. Sertifikat PaPs ini juga bisa diganti dengan sertifikat TPA dari Bapenas. UGM emang unik dalam segala hal termasuk prosedur penerimaan mahasiswa pascasarjana. Kalau di kampus lain, tes masuk pascasarjana khususnya Magister ujian masuk udah satu paket. Dalam sehari ada tes TPA, test Bahasa Inggris, dan tes prodi. Kalau di UGM, semua dilakukan terpisah. Selain itu sertifikat PaPs ini juga digunakan sebagai syarat lulus dan wisuda di UGM. Sedangkan untuk Acept, adalah test bahasa Inggris yang diadakan oleh UGM dan sertifikatnya hanya berlaku di UGM saja. Sertifikat Acept bisa diganti sertifikat TOEF, baik ITP, IBT, maupun IELTS.


Back to topik, mungkin banyak yang belum mengetahui bagaimana alur mengikuti kedua tes ini. Ya iyalah, kalau udah tahu kalian enggak akan googling dan nyasar sampe ke sini. Prosedur mengikuti test PapS UGM dan Acept UGM cukup mudah dan bisa dibilang prosedurnya sama. Langkah pertama yang kudu dilakukan adalah pergi ke Bank BNI. Kalau jaman gue dulu Bank yang dipake BNI. Datang aja langsung ke teller dan bilang mau daftar Paps UGM dan Acept UGM. Kalian akan ditanyain tanggal lahir kalian dan setelah itu kalian akan mendapatkan username dan password yang akan dipake login ke website Paps UGM maupun Acept.


Setelah pulang dari bank, segera login ke website Paps UGM di www.paps.ugm.ac.id sedangkan untuk test Acept daftar di www.acept.ugm.ac.id. FYI test paps diadakan di fakultas Psikologi karena test ini diadakan oleh fakultas Psikologi. Buat yang belum tahu lokasi fakultas psikologi, lokasinya di depan masjid kampus UGM. Jadi yang belum pernah ke UGM ancer-ancernya di maskam UGM. Sedangkan test Acept diadakan oleh Fakultas Ilmu Budaya. Kalau zaman gue daftar S2, test Acept dilakukan di gedung Budaya di samping LPPT UGM.







Setelah login, kalian tinggal mengisi biodata dan waktu test. Biasanya test Paps UGM diadakan sebulan sekali sampe dua kali. Tesnya biasanya diadakan pada hari Rabu dari pagi sampe sore yang terbagi dalam beberapa sesi. Dulu gue dapet jatah test jam 1 siang. Owh iya, waktu test cuman dua jam aja.


Setelah mendaftar silakan cetak kartu pendaftaran. Kartu ini dibawa pas ujian yak. Tips dari gue, yang kalian save sekalian sama halaman webnya yak. Jadi kalau kalian lupa atau kartu kalian hilang, bisa cetak lagi. Pengalaman dari temen, ada yang lupa ngesave kartu, pas mau login udah enggak bisa lagi. Setelah pendaftaran selesai, silakan persiapkan tesnya dan jangan lupa cek lokasi sebelum ujian. Owh iya, info buat kalian, selama ujian kalian enggak diperbolehkan membawa apapun kecuali kartu tes dan pensil, bahkan papan alas tulis juga enggak diperbolehkan.  Satu lagi, saat test ACEPT UGM, peserta hanya diperbolehkan membawa kartu ujian. Pensil 2B dan penghapus telah disediakan oleh pihak ACEPT UGM.
Kartu peserta PaPs UGM

Hasil ujian dapat dilihat setelah 2 minggu. Untuk batas lolos Acept dan PAPs UGM berbeda-beda tiap tahunya. Tergantung aturan yang dibuat aja. Kalau zaman gue dulu, batas minimal PAPs UGM 500 dan 209  untuk acept. Sedangkan tahun berikutnya standar diturunkan menjadi 450, hal ini dilakukan untuk memberi kesempatan kepada teman-teman di Indonesia Timur agar bisa kuliah di UGM. Setelah hasil keluar, kalian bisa mengambil sertifikat PAPs maupun ACEPT. Jangan lupa langsung dilegalisir biar besuk enggak bolak-balik.
Sertifikat PaPs UGM

Yap, mungkin cukup ini aja info singkat dari gue. Semoga bermanfaat dan semoga diterima menjadi mahasiswa pascasarjana UGM. Buat kalian, jangan lupa klik subscribe youtube gue yak. Makasih. Wasalam.

Prosedur Mengikuti Test PaPs dan ACEPT UGM