Antologi Perdana-Ramadan Mubarak: Dimensi Keberagaman, Sosial Budaya, dan Pengalaman Personal



Tahun 2023 merupakan tahun produktif bagi gue. Pada tahun ini gue berhasil menelurkan dua buah karya berupa buku. Buku pertama adalah Jejak Magelang dalam Kartu Pos Era Hindia Belanda dan buku kedua adalah antologi pertama gue yang berjudul Ramadan Mubarak: Dimensi Keberagaman, Sosial Budaya, dan Pengalaman Personal.

Buku antologi perdana gue cukup spesial buat gue. Spesial bukan karena pake 2 telor bebek. Bukan itu.! Buku ini cukup spesial karena merupakan buku antologi perdana yang gue buat. Buku-buku yang sebelumnya gue tulis merupakan hasil menulis solo gue. Buku ini spesial karena gue menulis bersama orang-orang hebat, bersama dosen-dosen dari universitas-universitas terkenal di Indonesia dan guru-guru hebat yang berasal dari daerah-daerah di Indonesia.

Berawal dari dosen pembimbing gue saat S1 di Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret (UNS), Pak Agung, menawari gue untuk bergabung menulis di bulan puasa tahun 2023. Kebetulan kelompok menulis beliau bersama dosen-dosen sedang mengadakan projek menulis antologi dalam menyambut bulan suci Ramadan. Grup menulis tersebut juga berisi profesor yang terkenal di UIN Tulungagung bernama Prof Ngaenun. Beliau merupakan salah satu inspirator, Pak Agung, dosen gue yang selalu diceritakan dalam blog beliau.

Para Dosen dan Guru Hebat


Gue sebagai anak ingusan pun memanfaatkan kesempatan ini untuk merekam jejak bersama orang-orang hebat tersebut. Singkat cerita, akhirnya buku telah selesai dan terbit. Setelah berbulan-bulan, buku sampai di rumah gue. Gue cukup senang akhirnya bisa menambah jumlah karya gue. Semoga saja, saat gue menjadi dosen nanti, bisa menambah portofolio gue.

Senang bisa menjadi kontributor


Berikut ini deskripsi dan detail buku antologi gue dan dosen-dosen hebat:

Judul: Ramadan Mubarak: Dimensi Keberagamaan, Sosial Budaya, dan Pengalaman Personal
Penulis: Wisnu Murti Pratama, dkk.
Dimensi:  14 x 21 cm
Tebal: x + 341hlm
ISBN:
Kertas Isi: Bookpaper 72 Gram

Deskripsi:

Sebuah karya yang menggambarkan Ramadan sebagai periode yang kaya akan pengalaman keberagamaan, sosial budaya, dan pengalaman personal. Buku ini menjelajahi berbagai dimensi Ramadan dan memberikan wawasan yang mendalam tentang perayaan ini. Dalam buku ini, pembaca akan dihadapkan pada pemahaman yang komprehensif tentang makna dan praktik Ramadan, serta bagaimana Ramadan memengaruhi kehidupan keberagamaan, sosial, dan budaya di masyarakat.

Penulis buku ini menelusuri berbagai aspek Ramadan, termasuk ibadah, amalan-amalan kebaikan, tradisi, dan perayaan yang terkait. Buku ini juga menggali pengalaman personal individu yang menjalani Ramadan, memperlihatkan bagaimana Ramadan memberikan dampak yang mendalam pada kehidupan spiritual dan emosional mereka. Dengan memadukan perspektif keberagamaan, sosial budaya, dan pengalaman personal, buku ini memberikan gambaran yang holistik tentang Ramadan sebagai momen yang penuh dengan nilai-nilai keagamaan, interaksi sosial, dan pengalaman mendalam yang meresapi jiwa individu. “Ramadan Mubarak: Dimensi Keberagamaan, Sosial Budaya, dan Pengalaman Personal” merupakan bacaan yang penting bagi mereka yang ingin memperluas pemahaman mereka tentang Ramadan dan bagaimana perayaan ini memengaruhi kehidupan sehari-hari individu dan masyarakat secara luas.


Untuk detailnya: silakan mengunjungi penerbit pada link berikut.

Comments