Pertanyaan Horror



Hallo gaes… what’s up. Sebelumnya gue mau ngucapin Minal Aidzin Walfaidzin, Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir batin jika ada salah kata dari gue baik disengaja maupun tidak disengaja. Hari ini gue mau sedikit bercerita kejadian yang gue alamin Minggu 7 Mei 2023. Owh iya, sebelum itu, silakan bantu channel youtube gue dengan cara klik tombol subscribe biar bisa tembus 10 ribu subscriber.

Pagi hari ini seperti biasa gue olahraga di lapangan di daerah dekat Candi Borobudur. Pagi itu suasana lapangan cukup ramai karena sedang digunakan untuk latihan bola anak-anak. Gue pun olahraga memutari pinggir lapangan seperti yang biasa gue lakukan setiap hari. Saat sedang memutari lapangan gue bertemu bapak-bapak pensiunan yang selalu olahraga di lapangan. Kami Pun terlibat dalam obrolan random dan entah bagaimana awalnya bisa membahas pernikahan.

“Mas… kamu jadi S3?” tanya si bapak berbaju kuning.

“Insyaallah jadi Pak, jika beasiswa tembus bakalan lanjut.”

“Jangan tinggi-tinggi sekolah mas, kapan kawin? kalau usiamu berapa mas?”

“Udah mau 30 Pak.” jawab gue sambil mengayunkan langkah kaki.”

“Wah… apalagi itu udah usia rawan mas.” ucap si Bapak dengan santai.

“Rawan bagaimana Pak?” tanya gue.

“Jangan sampe kamu nikah di atas 35 tahun mas. percayalah, saat usiamu mencapai 35, hasrat untuk menikah dan mencari pasangan bakalan menurun.”

Gue cuman ketawa aja. Dalam hati gue cuman berkata, ya kali bapak mau bayarin biaya nikah dan biaya keperluan nikah. Dikira nikah cuman pake daun. Jujur aja alasan gue masih sendiri karena gue ingin mengejar karir dan cita-cita gue sekaligus membangun fondasi ekonomi. Belajar dari kasus-kasus rumah tangga, salah satu permasalahan rumah tangga adalah masalah ekonomi. Jadi sebisa mungkin gue ingin membangun perekonomian dulu, jika sudah mampu, baru gas.

Selesai jogging gue pulang  karena hari ini gue ada 2 agenda kondangan. Pertama kondangan di tempat temen SMP, dan satunya nganterin adek gue kondangan.

Sesampai di rumah, gue langsung buru-buru mandi karena gue udah janjian sama sohib gue SMP. Pas kelar mandi, tiba0tiba bokap nanya,

“Kamu kondangan jam berapa?”

“Janjian sama Anggi jam 10.” ujar gue.

“Kae lho… teman-temanmu sudah pada nikah semua. Bapak dulu umur 30 juga udah nikah.” kata bokap.

“Ya… itu kan bapak.. hahaha.” jawab gue.

“…”

Entah kenapa hidup di Indonesia terutama di kampung itu kebanyakan ngejudge. Emang manusia tuh nggak ada puas-puasnya. Contohnya, aja saat lulus SMA, pasti ditanya, “Sekarang kuliah dimana? Udah dapat kampus apa belum?”

Begitu lulus kuliah pasti ada aja yang ngasih pertanyaan penghakiman,” Sekarang kerja dimana? Kok masih nganggur?” Buruan ngelamar kerja.”

Setelah dapet kerja, pasti ada aja yang bakalan nanya,” Kapan nikah, kapan punya anak, dan kapan punya adek lagi?” Gue yakin kalau pertanyaan basa-basi yang bikin nyesek tersebut bakalan ada dan bakalan ditanyakan terus.

Doakan saja semoga gue bisa melaluinya gaes. Semoga tahun ini gue bisa lolos beasiswa LPDP dan melanjutkan S3 gue, diterima menjadi dosen dan segera menikah. Prinsip gue, lebih baik telat menikah daripada gagal menikah. Lagian, gue juga belum nemu pasangan yang cocok dan sefrequensi sama gue. Banyak cewek cantik yang ada di sekitar gue, tapi belum ada cewek yang beruntung memenangkan hati gue.

Cukup ini aja curhatan gue. Doakan ya gaes, semoga gue bisa lolos beasiswa periode ini, melanjutkan studi dan diterima menjadi dosen tetap. AMIN.


Comments