Tutorial Menampilkan Puncak FTIR menggunakan software Origin bagi pemula



Hallo gaes... long time no see. Gimana kabarnya? semoga kalian sehat selalu. MAaf banget jarang upload. Ya kaerna kemarin lagi menyelesaikan buku ketiga gue. Insyaallah dalam beberapa bulan ini akan segera rilis. Doakan aja.

Pada postingan kali ini, gue akan berbagi tutorial pemanfaatan software Origin pro. Penggunaan origin kali ini untuk menampilkan semua puncak spektra FTIR dan melabelinya. Jadi kita nggak perlu menuliskan label puncak bilangan gelombang secara manual.

Pada postingan sebelum-sebelumnya, gue udah pernah membahas bagaimana cara bikin grafik FTIR menggunakan origin. Sayangany pada postingan tersebut gue cuman bikin grafiknya aja tanpa ngasih label puncak-puncak spektra.

Daripada kelamaan, langsung aja tonton video penjelasan gue di bawah ini. Owh iya, mohon bantuan subscribe ya gaes. Subscribe dari sangat bermanfaat bagi gue sehingga gue bisa semangat bikin konten.


Alat dan bahan yang perlu di siapkan cukup simple, cukup software origin dan data RAW dari lab. Owh iya, ngga usah khawatir kalau kalian nggak bisa bikin grafik menggunakan software origin. Kalian bisa menghubungi gue, kalian bisa memakai jasa gue. Harga juga nyaman lah di kantong dan yang pasti harganya lebih murah dari bedak dan make up kalian.


Mungkin cukup ini aja, terimakasih sudah mengunjungi blog gue. Sampe jumpa di postingan gue selanjutya!.

Tutorial Menampilkan Puncak FTIR menggunakan software Origin bagi pemula