-->

Mengenang Sekolah Asrama Perempuan Mendut


Aan de over van de Elo
Staat het klooster van Mendoet
Daar zijn veel Javaanse meisjes
Door de zuster opgevoed

Sebuah lirik lagu mars kebanggan ibu-ibu alumni sekolah tepi Elo. Yap. Jika ada nenek kalian yang tahu dan masih hafal lagu di atas, bisa dipastikan kalau nenek kalian adalah alumni sekolah Mendut.


Pada kesempatan kali ini, gue pengen berbagi dan mengenang sekolah perempuan dan sekolah asrama perempuan pertama di Hindia Belanda. Orang-orang menyebutnya sekolah Asrama Perempuan Mendut.

Jika kalian mendengar kata Mendut, hal pertama yang terlintas di pikiran kalian adalah candi Mendut yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Itu tepat sekali, tapi pada masa lalu, tidak hanya candi Mendut saja yang cukup terkenal.





Pada tahun 1908 hingga tahun 1943 pernah ada sekolah perempuan Mendut. Selama 35 berdiri, sekolah asrama perempuan Mendoet ini telah menghasilkan banyak sekali ibu-ibu yang berpendidikan.

Kala itu, perempuan hanya dijadikan objek saja. Lahir, kawin, dan  melahirkan. Jarang ada wanita yang bersekolah.

Sekolah asrama perempuan Mendut ini terletak di antara candi Mendut dan kali Elo. Sayanngya, saat ini kita hanya bisa melihat kenangan sekolah Perempuan Mendut ini lewat foto, majalah dan pintu gerbang saja.

Pada video di bawah ini, gue akan membahas tentang sekolah perempuan Mendut. Kita akan bernostalgia akan masa lalu. Owh iya, jangan lupa klik subscribe ya gaes…


Mengenang Sekolah Asrama Perempuan Mendut