Akhirnya Matiin TV



Beberapa tahun terakhir ini gue merasakan kalau acara TV di Indonesia banyak yang kurang bermutu. Bahkan beberapa tahun lalu gue pernah nulis uneg-uneg gue soal pertelevisian di Indonesia. Ya sebagai orang awam yang hiburannya cuman TV, gue ya agak kesel aja.

Gimana nggak kesel, lha acara TV isinya program bincang-bincang gaje yang penuh drama kayak prank sampe korban prank nangis. Kala itu, gue sempet mikir, apakah pertelevisian Indonesia emang sengaja biar para penonton beralih dari TV biasa ke TV berbayar/ TV langganan.


Tapi, beberapa hari lalu tebakan gue emang jadi kenyataan. Acara TV MNC Grup (Global, RCTI) tiba-tiba jadi ngeblank. Hal ini dirasakan buat para pengguna Parabola gratisan, termasuk gue. Bagi pengguna parabola non langganan kayak gue ya jadi illfel. Gue jadi nggak bisa nonton Spongebob dan Doraemon. Yap, buat gue, spongebob dan Doraemon adalah tontonan wajib bagi  gue. Selama ini, gue cuman nonton TV Spongebob dan Doraemon, selebihnya ya gue matiin.
Kemarin Minggu, gue sempet panik. Kenapa tiba-tiba channel RCTI ilang. Gue kira, lagi ada acara bola. Gue ngecheck via streaming, ternyata nggak ada bola. Oke, mungkin frequensinya berubah. Gue cari ulang dan hasilnya sama aja. Gue nyari info di internet dan gue baru tahu kalau MNC grup udah pindah ke siaran berbayar. Jadi para penggunan parabola jaring kek gue cuman bisa mangap-mangap doank.





Sebenernya nggak masalah sih, bisa nonton VIA TV analog. Tapi yang jadi masalah, buat orang-orang yang hidup di gunung dan cuman bisa menikmati TV hanya dengan parabola. Masak kudu berlangganan? Kalau harga bulanan murah sih oke, tapi buat warga yang gajinya gak menentu dan dibawah UMR ya mereka lebih baik nggak nonton TV.

Gue berharap, stasiun TV lain nggak ikut-ikutan berubah jadi berbayar. Ya, mungkin cukup ini aja. Gue juga berharap kalau acara TV bisa kembali berkualitas kayak dulu kala, khususnya acara di hari Minggu. Kembalikan kejayaan acara anak di hari Minggu.

Akhirnya Matiin TV