Tutorial Membuat Grafik FTIR Menggunakan Software ORIGIN


Hallo temen-temen, adik-adik, mas-mas, mbak-mbak, bapak-bapak dan ibu-ibu. Welcome to my blog. Pada postingan kali ini, gue kita bakal belajar bareng cara bikn grafik FTIR dari data RAW laboratorium. Instrumen menggunakan software ORIGIN.


Bagi kita mahasiswa kimia terutama pasti nggak asing lagi sama FTIR. FTIR ini adalah instrumen yang berfungsi untuk mengidentifikasi gugus fungsi dalam suatu senyawa kimia. Entah  itu gugus OH, NH, C-H, dan lain-lain.
Buat kalian yang lagi ngerjain skripsi, thesis maupun desertasi pasti mau nggak mau harus memasukan hasil FTIR ke dalam pembahasan. Biasanya, kalau kita abis analisis FTIR, kita bakal dapat data. Entah itu data berupa grafik hasil FTIR, atau cuman data mentah dan kita harus mengolah, membuat grafik sendiri, dan mengintepretasikan sendiri.

Sebelumnya, gue sempet bingung gimana caranya membuat grafik FTIR dari data mentah. Gue nyoba nyari di internet, ternyata nggak ada. Gue frustasi, rajin makan, dan gue jadi gendut. Hahaha, abaikan yang terakhir.







Okelah, untung aja kalian baca tulisan ini, jadi kalian nggak perlu bingung lagi gimana cara bikin grafik FTIR dari RAW data dari lab. Gue pake software ORIGIN 2016 buat bikin grafik FTIR. Dengan aplkasi ini juga, gue juga bisa menggabungkan beberapa grafik FTIR menjadi satu. Selain untuk bikin grafik FTIR, software ORIGIN juga bisa dipake buat bikin garfik XRD. Mungkin next postingan bakal gue ajarin cara bikin grafik XRD dan cara menggabungkan beberapa grafik menjadi satu. Buat kalian yang belum instal ORIGIN, silakan instal dulu.

Untuk tutorialnya, silakan tonton penjelasan gue di bawah ini. Owh iya, jangan lupa klik subscribe di channel youtube gue. Gratis kok.!



Oke, gimana, udah bisa bikin grafik FTIR? Semoga ilmu yang gue kasih bermanfaat buat kalian dan menjadi berkah. Thanks udah baca tulisan gue, sampe jumpa di postingan gue selanjutnya. BYE.

Tutorial Membuat Grafik FTIR Menggunakan Software ORIGIN