2019 Ganti Template Premium


What’s up semua, ini adalah tulisan pertama gue di tahun 2019. Semoga ditahun yang baru ini gue semakin sering update blog. Oke, pada tulisan pertama di tahun ini, gue cuman mau berbagi pengalaman gue membeli dan memakai template blog premium. Sebuah blog enggak cuman mementingkan konten saja, tapi juga tampilan dan perfoma. Gue masih inget pada tahun 2010, waktu gue masih SMA, gue seneng banget sama tempalet blog yang warna-warni. Kadang ada hiasan burung twitter yerbang ke sana kemari dan ada animasi yang mengikuti gerakan mouse kita. Waktu itu temen gue, namanya Yudha, pernah protes ke gue.



“Nu… blogmu kok berat banget. Kalau kaya gini orang yang internetnya kaya keong ya engga bisa buka.”


Gue masih inget bener kata-kata Yudha. Tapi pada waktu itu gue cuek dan enggak peduli. Yang ada dipikiran gue yaang penting blog gue gaul. Seiring berjalannya waktu, gue jadi sadar kalau kata-kata Yudha bener. Kadang kalau lagi mengunjungi blog atau website orang yang agak lama loadingnya juga bikin illfeel. Oleh karena itu gue meulai mengubah tampilan blog gue menjadi lebih simple dan ringan.






Gue udah banyak sekali gonta-ganti template blog. Mungkin kalau dihitung dari 2009 udah puluhan template yang gue pake. Tapi sayangnya template-template yang gue pake masih kurang fast loading. Hingga akhirnya gue menemukan template yang simple dan ringan. Yap, template yang gue pake adalah template yang dibuat oleh wiblogger.


Template yang gue pake saat ini tergolong ringan dan cepat. Gue juga suka tampilannya yang minimalis dan cocok untuk personal blog kaya ini. Tapi sayang, beberapa bulan lalu blogger telah mengubah sistem sehingga membuat kolom reply pada template blog enggak bisa dipake. Hal serupa juga terjadi pada yang lain yang menggunakan template pihak ketiga. Waktu itu gue enggak tahu harus gimana. Mau edit template, gue enggak paham coding. Mau ganti template baru kok rasanya udah naksir sama template yang gue pake.

Problem pada tombol reply

Guepun pergi ke website wiblogger dan gue melihat ternyata ada update terbaru dari template yang gue pake. Salah satunya adalah perbaikan tombol reply pada kolom komentar. Sayangnya, update ini hanya berlaku pada templae yang premium. Setelah berfikir dan bertapa sehari semalem gue memutuskan untuk membeli template yang premium. Ya itung-itung untuk menghargai usaha dan karya pembuat template blog. Ini adalah pertama kalinya gue membeli template blog yang premium.

Tanpa berfikir lagi, malam hari gue langsung order dan mendapatkan invoice pembayaran. Dan keesokan harinya gue ke ATM membayar tagihan template blog. Owh iya, gue membeli template ini seharga 120k. Setelah memabyar gue mengkonfirmasi ke admin wiblogger. Sayangnya udah hampir dua hari belom ada tanggapan. Gue mencoba menghubungi via email dan DM di Facebook tapi belom ada respon. Gue udah cuman mikir, “apa gue ditipu?”

Pagi-pagi gue dapet email dari admin wiBlogger. Tenryata email si admin enggak tersingkron. Si admin juga meminta maaf kepada gue karena telat membuka konfirmasi. Si admin pun mengirimkan template blog premium. Singkat cerita template berhasil gue pasang di blog gue ini.

Tampilan blog gue


Enggak banyak yang berubah sih dari tampilan blog gue sebelumnya. Tampilan kredit yang hilang dan pemasangan adsense yang simple menurut gue. Tombol reply pada kolom komentar yang telah diperbaiki serta penambahan tombol share ke Whats up menjadi update tebaru dari template ini.
Udah normal

Secara keseluruhan gue puas memakai templte buatan wiBlogger ini. Mungkin ini adalah hal pertama dan terakhir gue membeli template premium. Setidaknya gue udah punya punya pengalaman membeli dan memakai template premium. Mungkin cukup ini aja dulu tulisan dari gue. Jika kalian tertarik dengan template yang gue pake ini silakan kunjungi wiBlogger aja. BYE.

2019 Ganti Template Premium