Wednesday, April 4, 2018

Nostalgia KKN 17 UNS Bagusan, Ketitang, Juwiring Klaten


"Wah pasti gak enak ya KKN."
"kenapa angkatan gue KKN sih, padahal senior-senior gue belum ada KKN."
"Kalau KKN bisa-bisa cinlok nih sama peserta lain."
"..."



yap, itulah yang ada di kepala gue saat pertama kali mendengar jika angkatan gue dapet jatah KKN. Padahal semenjak tahun 98, KKN di kampus gue dibekukan atau dihentikan karena suatu sebab. tapi entah tahun 2014 adalah tahun KKN Reborn buat kampus gue.





Sempet shock, karena tahun itu ada KKN. Hal ini menjadi beban sks dalam perkuliahan. Tapi ya mau gimana lagi kalau SK rektor udah keluar dan angkatan gue dan angkatan dibawahnya mau enggak mau harus ikut KKN.




Tapi, apa yang gue takutkan ternyata salah. Gue malah menemukan arti hidup yang sebenernya. Berkat KKN ini, gue jadi terlahir kembali. Sebelumnya, saat sebelum KKN, gue sempet mengalami tragedi dalam hidup gue yang membuat gue berada pada titik paling rendah dalam hidup ini. IP anjlok, dada nyesek. You knowlah, gue baru aja mengalami broken heart menjelang hari ulang tahun gue.




Semenjak saat itu gue cuman bisa mencari kesibukan. Tiap hari lebih banyak menghabiskan waktu di luar kos, entah nongkrong di sekre sampe pagi, atau jalan-jalan. Yap, kalau gue sendirian pasti gue bakal melamun dan akan mengingat kenangan buruk yang melanda.


Pertemuan pertama KKN, 24 Mei 2014


Gue kedapetan KKN di dukuh Bagusan, Ketitang, Juwiring, Klaten. Waktu itu gue asal masukin nama aja, yang penting di daerah Klaten. Gue juga enggak tau temen-temen KKN gue siapa saja, karena waktu itu gue milih grup yang masih kosong, cuman ada gue aja. Setelah beberapa hari akhirnya temen-temen KKN gue masuk ke grup yang gue pilih. Yap, kami bersembilan pun harus menjalani yang namanya KKN selama 1,5 bulan.






Banyak banget suka duka yang gue alamin,  dan saat itu gue juga dapet amanah jadi koordinator KKN di kecamatan Juwiring. Waktu itu gue harus mengkoordinir 5 posko di Juwiring. Perlahan tapi pasti, sejak bertemu temen-temen KKN 17 Ceria, gue menjadi lupa kalau gue lagi patah hati. yap, mungkin ini adalah obat yang Tuhan berikan buat gue. 

Sumpah, gue merasa teman-teman gue ini random banget. Selama 1,5 bulan, gue harus hidup bareng mereka dalam satu rumah kosong depan kuburan. Ditambah lagi saat itu adalah bulan puasa. Yap, gue menghabiskan waktu puasa di posko KKN bersama 8 teman gue. Mereka berasal dari fakultas yang berbeda-beda.

Banyak banget kenangan indah bareng mereka. enggak terasa 1,5 bulan udah terlewati dan kami harus kembali pada realita dan dunia masing-masing. alhamdulillah, gue bener-bener sembuh dari penyakit batin dan jiwa. Gue berasa terlahir kembali menjadi Wisnu yang baru.  


Meskipun KKN udah berakhir, gue dan temen-temen KKN masih menjalin komunikasi. Kami masih meluangkan waktu buat berkumpul, bernostalgia dan melepas kangen. Setiap ada yang ujian, pasti selalu menyempatkan hadir, begitu juga jika salah satu dari kami wisuda, pasti kami selalu bertemu. Ada aja alasan buat kumpul dan bertemu mereka.

Berkat temen-temen KKN, gue juga bisa menyelesaikan skripsi tepat waktu. Gue udah pesimis kalau gue enggak bisa lulus 4 tahun. Lha disaat temen-temen gue udah pada seminar proposal, gue masih berkutat dengan judul yang enggak kunjung ACC oleh pembimbing. Tapi, meski demikian, temen-temen KKN selalu memberi support satu sama lain.

Tahun ini adalah tahun ketiga kami.Enggak terasa udah 3 tahun semenjak kami bertemu dan hidup di tempat KKN. Bulan Maret kemarin, salah satu anak KKN yang kuliah di Hiroshima pulang ke Indonesia. Kami sepakat untuk meet up lagi. Padahal bulan Januari kemarin udah ketemu di Jogja. Ya, namanya juga anak KKN Ceria, selalu ada aja alasan buat ketemu.

Kami sepakat bertemu di Jogja seperti sebelumnya. Gue dan anak-anak udah menyiapkan waktu H-1 bulan. Harapanya pertemuan ini enggak hanya wacana doank. Alhamdulillah, semua menjadi kenyataan dan gue bisa bertemu dengan anak-anak KKN.

Enggak ada yang berubah dari kita. Random, sering ngeBully, curhat udah menjadi kebiasaan kami. Gue masih bersukur, banyak dari kelompok KKN yang lain pada bubar. Banyak yang bilang dan cerita sama gue, saat KKN selesai, ya semua selesai. Enggak pernah ketemuan, bahkan ada yang udah keluar dari grup WA KKN, sungguh ironis. Ya gue merasakan jika kelompok KKN gue enggak akan berakhir seperti kelompok KKN yang lain. Meskipun KKN udah selesai, ya silaturahmi masih harus berjalan. Gue merasa kalau kita udah seperti saudara sendiri, enggak cuman temen. Ya, hal yang sama juga dirasakan oleh temen-temen KKN gue.

Setelah bertemu temen-temen kkn,  gue mendadak terjebak nostalgia. Gue iseng-iseng bongkar file dan nemu video jaman KKN. Yap, karena gue udah belajar editing video, gue edit video KKN gue. Sayangnya waktu itu gue belum jadi vlogger. Gue jarang merekam kegiatan sehari-hari selama KKN. Tapi never mind, pake video ala kadarnya yang direkam saat KKN.

Video gue edit dan gue kirimkan ke anak-anak KKN, langsung aja segrup langsung pada baper dan kembali bernostalgia dengan kenangan-kenangan yang udah kita lalui selama 3 tahun ini.
Nih, gue videonya:






Yap, semoga hubungan ini tetep berlanjut sampe kakek nenek. Meskipun nanti kita semua akan terpisah jarak, tapi tetaplah saling berkomunikasi dan tetap bisa berjumpa meski hanya via suara. (*lagu Dekat di Hati-Ran mengalun dari winamp)

Sukses buat kita semua, doakan tahun ini gue lulus ya gaes dan kalau bisa datang yee di wisuda gue. Makasih buat temen-temen yang udah baca curhatan gue ini. Baca yang ringan-ringan aja, kalau baca yang berat biar Dilan aja, kamu enggak akan kuat.

Jangan lupa subscribe channel youtube gue ya biar gue enggak sia-sia bikin video. BYE

2 comments:

  1. Numpang Promo ya gan ^_^

    Agen Poker Online Uang Asli Terpercaya Indonesia

    Hanya di MeongQQ.com Kamu Bisa Dapatkan Promo Bonus New Member 20%
    Ayo, cek web kami untuk info lebih lanjut dan info bonus lainnya.

    Hanya dengan Mengunakan 1 ID permainan saja, sudah bisa memainkan 6 game sekaligus..
    - Live Poker
    - Texas Hold'en Poker
    - Ceme
    - Ceme Keliling
    - Domino Qiu
    - Capsa Susun

    Daftar Pokerbo

    Daftar Pokerfren

    Daftar Poker Online

    Domino99

    Bandar Ceme

    Situs Poker Terpercaya

    Daftar Poker Online Indonesia

    ReplyDelete
  2. Permainan poker online adalah permainan yang banyak sekali di gemari banyak orang di seluruh dunia , maka dari itu tunggu apa lagi ayo Domino99 bergabung bersama kami sekarang juga dan raih bonus yang kami berikan di setiap harinya dan menangkan puluhan juta rupiah bersama kami dengan mudah , kami tunggu ya bosku :)

    ReplyDelete

Hargailah penulis dengan meninggalkan jejak. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. No SARA. Jangan komentar sesat karena Blog ini juga dibaca anak-anak dan umum. arigatou