Friday, February 16, 2018

Kok Anak Band Pacarnya Cakep-Cakep?


“Kok mas yang nyanyi itu keren banget.”
“Kok istrinya Andhika Kangen Band cantik semua sih.”
“Kok pacar-pacar anak band pada cakep-cakep yak.”

Pernah enggak sih jaman kecil atau jaman sekolah berfikir kaya gitu. Ngeliat anak-anak band punya pacar cantik-cantik meskipun wajah si pemain band enggak ganteng-ganteg amat. Jaman gue SD dulu ngeliat band-band yang tampil di pensi dan di TV kok agak heran. Kenapa pacar mereka cakep-cakep. Bahkan jaman SD dulu ngeliat Ariel Peterpan bisa bikin hamil anak orang sebelum pernikahan.


Jaman tahun 2000-an, dimana jaman masih banyak band-band yang tampil di pensi-pensi sekolah. Waktu itu gue sedang nonton pensi di SMA tempat nyokap gue ngajar. Gue melihat para pemain band datang ditemani para pacarnya (waktu itu gue mikir pasti pacar). Dalam hati, gue cuman bisa bilang, “Apa benar yak, jadi anak band bisa jadi terkenal dikalangan anak-anak perempuan.” Sejak saat itu, gue memutuskan untuk memulai belajar gitar.

Waktu kelas 6 SD, gue minta dibelikan gitar. Padahal waktu itu gue enggak tau apa-apa soal gitar, bahkan tentang musik. Sebenarnya gue udah suka sama gitar gara-gara temen sekelas gue punya gitar. Dan gue iseng-iseng minjem gitar temen gue. Eh kok rasanya enak banget. Semenjak saat itu, gue ingin banget bisa main gitar. Setelah dibelikan gitar, gue genjrang genjreng enggak jelas, bahkan parahnya gitarnya belom stem. Lha gue kan enggak ngerti caranya nyetem gitar. Melihat gue mulai serius bermain gitar, ayah gue membawakan buku cara bermain gitar yang ayah pinjam dari perpus di kantornya. Dan enggak cuman itu, bahkan temen ayah yang pinter musik mampir ke rumah cuman mau  nyetemin gitar gue.

Seiring berjalannya waktu, gue udah bisa memainkan alat petik yang mirip body cewek dengan baik. Baik disini, udah enggak bikin sakit telinga yang mendengarkan. Fokus gue waktu itu adalah petikan dan fingerstyle. Bahkan sampe detik ini gue masih suka main fingerstyle. Masuk ke kelas 2 SMP, gue mulai membuat band. Waktu itu sekolah gue lagi ngadain pensi. Sebagai anak SMP yang punya motivasi ingin dikenal di kalangan anak-anak cewek, gue pun membentuk Band, dengan gue sebagi ketuanya dan vokalisnya. Entah setan apa yang merasuki gue, hanya dalam waktu kurang dari seminggu, gue berhasil merekrut personil. Dan kami mulai berlatih di studio di ruko Kawedanan. Gue masih inget, studio band yang dipake latihan adalah Nanda Studio, sayangnya sekarang udah berubah jadi tempat jualan es teler. Gue juga masih inget, band yang gue bentuk ini gue kasih nama Mahameru. Gue terinspirasia dari sebuah toko buku yang ada di depan SMP 1 Kota Klaten yang bernama toko Mahameru. Terlebih lagi, toko tadi letaknya di samping rumah dokter Gigi yang juga dosen di UNS.


*Pertama kali Tampil

Kami sering latihan dan di pensi kelas 2 SMP, gue dan band gue memberanikan diri tampil di hadapan semua penghuni SMP. Gue masih inget  banget lagu yang gue bawain adalah lagunya Dewa 19 dan Queen, “Separuh Nafas dan I Want To Break Free.” Entah kenapa gue bawain tuh lagu, padahal gue aja lupa liriknya.


*Penampilan Jaman Kelas 3 SMP di SMPN 1 Salaman*
Yap, bener banget seperti yang gue impikan. Semenjak gue tampil di pensi sekolah, orang-orang mulai tau gue. “Kamu kan yang tampil kemarin kan mas?”. Ya paling mereka jadi tau gue gara-gara lupa lirik lagu. 
*Saat Kelas 3 SMP*


Setahun kemudian, gue ikut tampil lagi di pensi sekolah. Waktu itu gue tampil 2 kali. Tampil mewakili kelas dan mewakili band gue. Saat SMP, gue juga udah mulai bikin lagu. Bahkan pas kelas 3 SMP, gue pernah bikin lagu buat cewek yang gue sukain, eh bukanya klepek-klepek, si dia illfeel sama gue, kan bangs*t banget kan.


Saat SMA, gue juga pernah ngeband, tapi cuman 3 kali untuk mengisi pensi waktu kelas 1 SMA. Setelah itu gue udah enggak ngeband lagi hingga gue PPL di salah satu sekolah.Pada waktu itu PPL disuruh tampil di acara pensi dan perpisahan anak-anak kelas 3. Enggak mungkin kan kalau gue menolak, bisa-bisa membuat citra PPL jadi rusak. Terlebih lagi waktu itu gue jadi ketua PPL di salah satu sekolah di Boyolali.  Tanpa latihan, dan temen-temen tampil. Gue cuman ngasih dskripsi lagu yang akan kita bawain. Dan gue dan temen-temen PPL jadi band pembuka di pensi. Kita latihan ya pas tampil itu. Alhamdulillah, enggak jelek-jelek amat. Maklum udah 6 tahun enggak ngeband.


Saat kuliah S2, gue juga enggak bisa lepas dari musik. Gue diberi kepercayaan untuk mengisi coffee break di acara workshop. Tapi, waktu itu gue jadi pengiring aja. 




Dan yang baru aja gue alamin kemarin pas lagi piknik keluarga bareng temen-temen kerja ibu. Sore itu rombongan mampir di sebuah resto yang ada di bukit bintang Gunung Kidul. Sore itu lagi ada acara live musik. Tiba-tiba gue disuruh nyanyi di depan para pengunjung dan temen-teman ibuku. Gue udah nolak, tapi kayaknya ibu agak kecewa. Akhirnya gue menerima tantangan dari ibuku untuk tampil. Bahkan gue aja enggak kenal sama para pemain band. Alhamdulillah gue berhasil menyelesaikan tantangan dari ibu. Gue membawakan lagu Kangen-Dewa 19. Yap, gue suka lagu ini dan gue lagi kangen sama orang tapi yang dikangenin malah cuek.

Yap, itu adalah cerita singkat perjalanan bermain musik gue. Tapi sepertinya ekspetasi gue kalau anak band punya pacarcantik-cantik itu cuman mitos aja. Lha buktinya sampe saat ini gue masih tetep Tuna Asmara. Boro-boro punya pacar, lha cewek dideketin malah menjauh, udah seperti dua magnet senama yang di deketkan satu sama lain.  Tapi gue masih penasaran, si Andhika Kangen Band udah gonta-ganti istri aja, dan semua cakep. Ah, biarlah, itu bukan urusan gue.




Seiring berjalannya waktu, dan setelah gue disunat, gue sadar biar gue enggak jomblo lagi ya gue kudu mapan dulu. Karena cewek itu butuh kepastian. Dan wanita dewasa bakal memilih laki-laki yang bisa menjamin masa depannya dan anak-anaknya di kemudian hari. Jadi, untuk saat ini, fokus selesain thesis, kerja, terus ngelamar anak orang. Enggak usah ditunda-tunda dulu. Apalagi setelah melihat video dan foto-foto yang sempet viral beberapa hari lalu. Udah pacaran 10 tahun, eh ditinggal rabi sama yang cewek. Lha kalau dilihat mereka udah pacaran dari SMP, udah kerja juga lakinya, tapi enggak ngelamar-ngelamar. Ya udah, nikah sama yang laen tuh si cewek. Jangan sampe selama sepuluh tahun kalian cuman jagain jodoh orang.

Oke, mungkin cukup ini aja tulisan dari gue. Buat adik-adik yang berfikir jadi anak band bisa bikin punya pacar cakep, sebaiknya dipikirkan dulu ya. Oke, makasih udah baca tulisan gue. Jangan lupa subscribe youtube gue yak. BYE

No comments:

Post a Comment

Hargailah penulis dengan meninggalkan jejak. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. No SARA. Jangan komentar sesat karena Blog ini juga dibaca anak-anak dan umum. arigatou