Saturday, July 15, 2017

Kenapa Pake HP SONY?


“Nuuk… kok HP mu Sony sih?”
“Nuuk.. kok youtube-mu kok isinya review SONY semua?”
“Padahal di Indonesia udah gak ada SONY, kok kamu beli SONY sih?”
“Kok Aura Kasih makin cantik aja ya?”
“…”

Gue sering banget ditanyain sama temen-temen gue kenapa gue pake gadget SONY. Padahal jaman sekarang ini udah banyak brand-brand smartphone yang menjamur kayak jerawat diwajahmu. Ya kita tau banyak brand HP seperti Lenovo, OPPO, bahkan Vivo yang iklannya gencar dimana-mana. Bahkan dikonter-konter HP di yang pernah gue lihat, isinya iklan Oppo dan Vivo.


Okelah, gue akan menjelaskan kenapa sampe sekarang gue masih seneng ama merk Jepang ini. Langsung aja ya, pertama kali gue punya HP sendiri itu saat gue masih kelas 2 SMP. Waktu itu gue beli HP Sony Ericsson yang memorinya masih 15MB (((15MB)) Dan waktu itu cuman bisa nyimpen lagu 2 biji doank. Kenapa gue beli HP itu karena waktu itu harga HP masih mahal banget dan hati gue jatuh cinta ama produk Sony Ericsson.


HP Pertama gue
Selama 2 tahun, gue pake Sony hingga akhirnya gue ingin upgrade HP yang lebih bagus. Waktu itu gue beli Nokia sabun. You knowlah kalian yang seumuran dengan gue, pasti ngerti HP Nokia yang bentuknya kayak sabun batang. HP Nokia yang gue beli ternyata banyak banget troublenya seperti joystik yang sering rusak, HP yang sering kena virus, dan kualitas suara yang lebih buruk jika dibandingkan Sony Ericsson. Akhirnya HP nokia sabun gue jual dan gue kembali kepada HP Sony Ericsson. 


Source: Alitcdn
Hingga saat ini, gue masih membeli HP SONY hingga sistem operasi Java pun mulai digantikan dengan Android. Saat itu, HP gue masih SE Java. Karena suatu insiden, kalau enggak salah saat gue masih semester 6, data penelitian yang ada di HP java gue ilang semua. Semenjak saat itu, gue memutuskan upgrade HP Android. Waktu itu, harga Sony masih mahal dikarenakan Sony udah pisah dengan Ericsson. Padahal sebelumnya, HP sony ericsson dikenal sebagai HP dengan harga paling rendah, tapi spek dewa. Gue pun membeli HP Advan. Ini adalah HP android pertama gue. 

Tapi sayang, belum sampe setahun, HP Advan gue rusak. LCD getar separo. Hal yang sama juga dialamin temen kuliah gue. Temen gue juga mengalami rusak pada LCD seperti gue. Kemudian, gue ganti HP Asus. Waktu itu harga SONY masih terlalu mahal, jadi gue lebih memilih HP Asus ketimbang SONY. Alhamdulilah, udah 2 tahun lebih HP masih aman sampe sekarang. Hingga akhirnya produk Sony udah enggak beredar di Indonesia lagi. Guepun iseng-iseng ingin upgrade HP, dan kali ini pilihan gue kembali ke SONY lagi.

Meskipun gue cuman beli HP second, tapi  gue udah tau gimana kualitas SONY. Bahkan, Sony Ericsson yang gue pake sebelum gue pake Android sampe sekarang masih normal dan masih gue pake di kosan buat radio.

Kemarin, gue beli HP SONY asli Jepang, yaitu SONY eks. Docomo. Sebelumnya gue udah tau kalau HP Docomo itu enggak jelek-jelek amat. Harganya yang murah, bisa dibilang separo dari harga jual di Indonesia. Kemarin gue beli Xperia Z2 Big. Dan ternyata emang kualitasnya mantep abis. Padahal HP yang gue beli ini keluaran 2014, tapi masih enak dipake. Selang sebulan, HP SONY Xperia Z2 Docomo yang gue pake ini gue  jual. Alesannya karena gue mau upgrade HP lagi dan pilihan gue jatuh ke Xperia Z3. Tapi kali ini gue beli Xperia Z3 versi global. Meskpun HP yang gue beli ini bekas luar negeri tepatnya bekas dari negara Inggris. Gue tau dari logo operator O2 saat booting dan shutdown.


Yap, itu cerita seingkat gue bersama HP Sony. Terus kenapa gue lebih memilih produk SONY ketimbang HP yang lain? Okelah, kenapa gue masih suka sama dengan produk SonY karena kualitas dan spek yang cukup gahar. Tapi alasan gue pake SONY itu karena SONY adalah produk dari Jepang. Gue punya Hp buatan dari Jepang seperti Sharp, dan HP ini awet banget. Sebenarnya gue juga demen sama Apple, tapi sayangnya harganya masih mahal, dan fakir akan konektivitas. Di negara maju seperti Jepang, HP yang paling laris adalah Iphone dan SONY. Kita tau lah kalau negera-negara maju seperti Jepang itu enggak asal-asalan dalam memilih gadget. Gue pernah tanya sama temen gue yang asli jepang, kalau di negera mereka jarang banget yang pake BBM, Oppo, Advan, Vivo apalagi MITO.


 Source: O2 Uk


Ya menurut gue, produk yang bagus akan kualitas itu pasti low iklan. Paham kan? Pernah enggak kalian nonton iklan Iphone dan SONY di TV? Pasti jarang banget? Terus pernah liat boneka SPG Iphone dan Sony di jalan-jalan kota kalian? Pasti enggak kan? Pasti kalian bakal lebih banyak nemu iklan HP Oppo, Vivo. Yap, gue enggak menjelek-jelekan produk lainnya. Ya semua tergantung selera masing-masing aja kok.

Sebagai pertimbangan, gue beli HP itu enggak asal-asalan beli. Gue beli HP yang bandel, awet, murah, serta mantep abis. Sebenarnya banyak banget sih produk HP yang bermerk dan bagus seperti HTC, ASUS, LG, tapi tetep aja kalau kata pengguna SONY, “No Sony No Party”. Selain itu, beberapa waktu ini juga ada produk HP yang cukup laris di pasaran anak-anak muda Indonesia,  yaitu XIAOMI. Yap, hampir temen-temen gue pada pake produk asal Tiongkok ini.

"Lha kok enggak beli Xiaomi aja Nuuk?"
Sebenarnya gue juga pengguna produk Xiaomi. Iya, tapi Cuman sebatas action Camera aja. Xiaomi redmi emang punya spek gahar dan lengkap sih menurut gue. Tapi, gue masih tetep jatuh hati ama SONY meskipun bekas dari luar negeri seperti Jepang(Docomo). Lha sama-sama dari luar negeri, ya mending pake yang jelas kualitasnya. Sama-sama HP dengan spek yang sama, yang satu dari Tiongkok, yang satu dari Jepang. Ogue sebagai orang awam yang lebih memilih produk dari Jepang. Menurut gue keduanya sama-sama punya kelemahan, yaitu pada jaringan. Hal ini wajar aja karena adanya perbedaan frequensi jaringan di Indonesia dan di luar negeri.

“Ada Samsung kok enggak pake Samsung aja Nuuk?”

Dari awal gue enggak pernah beli HP Korea ini dikarenakan masih mahal dan speknya rendah. Jujur aja, karena gue tau tentang spek HP yang bagus itu gimana, jadi spek dan harga juga menjadi bahan pertimbangan gue. Kalau orang lain beli HP, yang penting kameranya bagus tapi RAM dan internal kecil, gue beli HP ya harus punya spek Dewa tapi harga murah. #MentalAnakKos.
Kalau disuruh memilih, menurut pendapat gue, HP yang paling bagus dan rekomendasi menurut gue adalah:
  1.    Iphone
  2.    SONY
  3.   ASUS
Menurut gue, cuman itu doank gambaran Handphone yang bagus. Ya ini subjektif aja kok. Kecuali di masa depan bakal muncul HP yang spek dan kualitasnya melebihi SONY dengan harga murah, mungkin gue akan memilih ini HP. 

Pesan gue buat kalian, belilah sesuai dengan spek yang kalian butuhkan. Jangan sampe kemakan iklan. Dari rumah udah ingin beli HP ASUS, sampe toko ada SPG Oppo, akhirnya beli Oppo. Ya itulah pengalaman temen gue.
Pokoknya, buat gue, SONY is the best lah. Kalau ada rejeki, gue mau upgrade Iphone. Doakan aja, gue menang undian atau menang apalah gitu biar dapet iphone. 

Oke, mungkin cukup ini dulu tulisan dari gue. Maap kalau ada kata-kata yang kurang pas. Tulisan yang gue tulis ini cuman hasil pendapat gue aja. Bukan bermaksud mempengaruhi ataupun menjelek-jelekan produk lain.  Tapi satu hal, kualitas itu yang paling utama, dan tentunya budget juga. Tulis pengalaman kalian yang menggunakan SONY!

No comments:

Post a Comment

Hargailah penulis dengan meninggalkan jejak. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. No SARA. Jangan komentar sesat karena Blog ini juga dibaca anak-anak dan umum. arigatou