Saturday, December 3, 2016

Membina Kapasitas Tenaga Kerja Indonesia Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN


Sebelum dicanangkannya Masyarakat Ekonomi ASEAN atau disingkat MEA, banyak suara yang meragukan kapasitas pekerja Indonesia dalam menghadapi ketatnya persaingan diantara negara-negara ASEAN. Bahkan tidak sedikit yang menyatakan Indonesia masih jauh dari siap menerima arus pekerja asing yang mungkin memiliki kualifikasi lebih bagus.  


Terlepas dari ketakutan ini, Masyarakat Ekonomi ASEAN telah diluncurkan di akhir 2015 oleh Asosiasi Bangsa-bangsa Asia Tenggara. Mereka yang mendukung mengatakan bahwa MEA adalah cara terbaik untuk mempromosikan kerja sama ekonomi, politik, sosial, dan budaya di antara negara-negara ASEAN. Diharapkan juga bahwa persatuan negara-negara ASEAN akan memperkuat keseluruhan keberlanjutan dan stabilitas wilayah. Segera setelah dicanangkan, kita telah menyaksikan arus barang, jasa, tenaga kerja, investasi, dan modal di seluruh wilayah. Dengan demikian, berikut beberapa saran penting untuk menjadi pekerja yang berkualitas lebih ditengah-tengah ketatnya persaingan.

Mengenali potensi dan passion
Banyak pekerja di Indonesia tidak banyak tahu tentang potensi dan passion yang mereka miliki. Akibatnya, mereka melamar pekerjaan yang sebenarnya mereka tidak memiliki passion di dalamnya. Pekerja yang tidak tahu tentang passion mereka sendiri ini cenderung memiliki motivasi yang rendah dan kurang inisiatif. Mereka hanya melakukan sesuatu jika diminta dan tidak memiliki kontribusi berharga terhadap perusahaan. Nampaknya seiring dengan banyaknya pekerja yang berkualitas, pekerja bermotivasi rendah akan tergeser oleh persaingan.

Mengatur prioritas belajar untuk mencapai Pekerjaan impian
Persaingan global tidak mendatangkan banyak masalah jika kita selalu mempersiapkan diri kita menjadi ayng lebih baik dengan tetap belajar setiap hari dan setiap waktu. Mengetahui potensi dan passion, kita bisa memfokuskan energi sepenuhnya untuk belajar dan menjadi sosok dengan kualitas lebih demi pekerjaan impian kita. Sebagai gambaran, jika kita berkeinginan mendapatkan posisi sebagai editor di sebuah majalah ternama, maka kita harus bersiap belajar tentang jurnalisme di kampus, berteman dengan orang-orang yang berkecimpung di media, melengkapi diri dengan ilmu pengetahuan tentang media, belajar berbicara di depan publik, menulis lebih baik, dan berusaha melibatkan diri di produksi media. Hal-hal tersebut akan meningkatkan sepak terjang dan membuktikan bahwa kita layak untuk mendapatkan pekerjaan di bidang jurnalisme.

Untuk mendapatkan ide yang lebih baik, Neuvoo membantu Anda menjadi lebih dekat dengan pekerjaan impian Anda.


Mempelajari bahasa internasional
Di semua bidang pekerjaan, mengetahui bahasa kedua seperti Inggris, Mandarin, atau Jepang untuk komunikasi global adalah keharusan. Jika kita adalah pelaku bisnis yang bercita-cita memperluas jaringan kita, bahasa kedua adalah vital; ketika kita berkomunikasi dan mengadakan kesepakatan bisnis dengan mitra bisnis lain. Mitra bisnis kita tentu saja akan memandang kita sebagai pelaku bisnis yang profesional karena mereka tahu bahwa kita mampu berbicara bahasa mereka dengan lancar. Kita akan bebas menyampaikan ide kita dan memukau mereka dengan sikap yang brilian tanpa ragu. Hal ini juga berlaku untuk orang yang bergelut di bidang ilmu sains. Tanpa mempelajari bahasa kedua yang banyak digunakan di seluruh dunia, seorang ilmuwan tidak akan mampu mempromosikan penelitiannya untuk kebaikan umat manusia.


Cerdas dan menguasai teknologi
Selain bahasa internasional, pengetahuan tentang teknologi sangatlah penting jika kita ingin menjadi lebih kompeten di bidang kerja. Menguasai teknologi membuat kita lebih mudah mengintegrasikan apa yang kita miliki di dalam pikiran kita dengan cepat. Semua jenis pekerjaan tidak pernah lepas dari kebutuhan akan teknologi untuk mencapai kemajuan. Bahkan jika kita petani sekalipun, mengetahui lebih banyak tentang teknologi pertanian melalui internet tentunya akan meningkatkan hasil panen yang didapat dari waktu ke waktu. Sama halnya dengan perdagangan online. Sekarang ini internet telah menjadi kebutuhan sehari-hari yang tidak terelakkan, setiap orang dapat berubah menjadi pedagang online yang sukses jika mereka mau belajar.

Dengan menerapkan kiat-kiat tersebut, kita tidak perlu khawatir menghadapi tantangan global dan arus pekerja jika kita dapat mengandalkan kemandirian dan kompetensi diri di tengah-tengah arus Masyarakat Ekonomi ASEAN yang serba cepat.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tantangan bersama Neuvoo!

1 comment:

  1. salam kenal ya
    Neuvoo ini buatannya mas Wisnu kah? kalau ya, mau nanya metode agregatnya mas, gimana caranya, hehehe
    main-main ke blog saya ya di http://www.arthanugraha.com

    ReplyDelete

Hargailah penulis dengan meninggalkan jejak. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. No SARA. Jangan komentar sesat karena Blog ini juga dibaca anak-anak dan umum. arigatou