Loading...

Dibalik Lagu Andaikan Kau Datang

Andaikan kau datang kemari Jawaban apa yang akan ku beri Adakah cara yang kau temui, untuk kita kembali lagi … Masih teringat ...


Andaikan kau datang kemari
Jawaban apa yang akan ku beri
Adakah cara yang kau temui, untuk kita kembali lagi

Masih teringat jelas dipikiranku. Lagu jadul yang sering tak mainkan pas SD dan SMP. Bahkan aku pernah memainkan lagu ini bareng temen-temen SMP saat persami. Waktu itu, lagi diadakan persami. Mau gak mau para senior juga harus ikut tampil saat api unggun. Karena waktu itu yang bisa maen gitar cuman aku, dan aku waktu itu aku ingin tampil cool di depan cewek-cewek, ya udah aku ngusulin buat menampilkan lagu Andaikan Kau datang. Entah kenapa anak-anak SMP mau aja aku cekokin lagu-lagu Simbah-simbah. Tapi temen-temenku pada setuju.



Gak terasa udah lebih dari 8 tahun kejadin itu terjadi. Waktu itu, aku suka benget sama lagunya Mbah Koeswoyo bersaudara ini. Lagunya yang simple, kunci yang gak aneh-aneh, dan liriknya juga mengena. Pantes aja Band Koes Plus menjadi band legendaris di Indonesia. Mungkin sampe sekarang belum ada band Indonesia yang bisa bikin lagu sampe ribuan dan album sampe ratusan. 
 Koes Plus (via Youtube)

Dari beberapa lagu Koes Plus yang ada, aku suka benget sama lagu Andaikan Kau Datang. Menurutku lagu ini romantic banget.  Waktu itu, aku berfikir kalo lagu ini punya makna tentang orang yang merindukan seseorang yang dicintai. Ya mungkin karena orang yang dicintai ini udah pergi atau udah mati.  Jadi lagu ini bercerita tentang seseorang yang mengharap orang yang udah pergi bakal datang kembali.


Tapi, beberapa hari terakhir ini, tepatnya tadi siang, aku iseng-iseng muter lagu ini. Ya karena udah lama banget gak dengerin lagu-lagu Koes Plus, jadi aku puter aja nih lagu. Pas aku puter dan aku resapi lirik-liriknya, aku merasa kalau ada yang janggal dengan lagu ini. Aku merasa kalau lagu ini bukanlah lagu cinta melainkan lagu religi. Aku ulangi dan aku resapi lagi liriknya, sepertinya emang lagu ini bukan bercerita tentang orang yang merindukan orang yang disayang, melainkan lagu yang bersifat hubungan vertical dengan Sang Pencipta.


“Andaikan Kau datang kemari, jawaban apa yang akan kuberi.”
“Adakah cara yang kau temui, untuk kita kembali lagi.”

Aku berandai-andai, makna dari “Kau” disini. Seandainya kau disini bermakna Tuhan atau malaikat maut. Jadi agak horror banget kan.


Karena penasaran dengan pendapatku, akupun iseng-iseng browsing mengetik “makna lagu Andaikan Kau datang” di google. Dan voila… dari artikel yang tak baca, hamper semuanya memaknai seperti aku. Pertama-tama mereka beranggapan kalau lagu ini adalah lagu cinta yang cengeng, tapi gak lama kemudian mereka juga berfikiran sama denganku. Mereka berfikir kalau lagu ini sebenarnya berisi makna hubungan secara vertical dengan Sang Pencipta.



Ya mungkin lagu ini bias jadi perenungan dan sebagai pengingat kalau kita hidup cuman sementara aja. Menurutku, si Pembuat lagu ini, Mbah Tony Koeswoyo ini emang keren. Membuat lagu yang bisa membuat pendengarnya salah menafsirkan makna. 


Ya mungkin cukup ini aja dulu tulisanku di awal bulan ini. Makasih udah mampir ke blogku.  Tetep semangat dalam menjalani hidup ini dan jangan lupa juga buat mencari bekal di kehidupan yang kedua.

Magelang, Malem Jumat, 4 Agustus 2016

picture source: koesplus.blogspot.com
renungan 1573427670415687497

Post a Comment

  1. banyak yang cover lagu ini loh seperti ruth sahanaya dan baru-baru ini noah

    ReplyDelete
  2. Dulu banyak koleksi koes plus dan suka lagunya. Yang kalo dibilang udh tua. Tapi gua masih 16 tahun.. XD

    ReplyDelete
  3. awal bulan desember? wah... kelamaan di drfat ya tulisannya ya mas? hehe.
    jaman koes plus saya kayakny abelum lahir...

    ReplyDelete
  4. Kok jadi takut utk mau nyanyiinnya ya? Tapi jadi tahu sih huhu

    ReplyDelete

Hargailah penulis dengan meninggalkan jejak. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. No SARA. Jangan komentar sesat karena Blog ini juga dibaca anak-anak dan umum. arigatou

emo-but-icon

Home item

dapatkan update

Random Posts

Blog Archive

Statistik

free web hit counter

Followers