Sunday, June 5, 2016

Tipe-Tipe Pengguna Instagram


Hello semua, akhirnya bisa update tulisan lagi. Gak terasa udah memasuki bulan puasa aja. Rasanya waktu begitu cepat, kayaknya kemarin baru aja sibuk nungguin keputusan sidang isbat, eh sekarang udah mau puasa lagi. Sebelumnya, gue pribadi mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan, Selamat menunaikan ibadah puasa buat kalian yang menjalani. Gue pribadi mohon maaf bila ada salah dengan kalian baik teman, pembaca, dan mantan, eh. Semoga kita dibukakakan pintu maaf dan tobat yang sebesar-besarnya. Yang penting, tetep semangat puasa, tahan hawa nafsunya. Yang biasanya ngegosipin orang, ya istirahat dulu. Yang biasanya berprasangka buruk ke teman, ya berkhusnuzon aja. Yang hobi nonton Video Ikeh-Ikeh, distop dulu yak.


Back to topic! Oke… pasti dari kalian udah gak asing dengan yang namanya Instagram. Gue yakin pasti kalian yang lagi baca tulisan ini punya akun instagram, kecuali yang gak punya. Pada postingan kali ini, gue akan membahas tentang tipe-tipe pengguna Instagram menurut pengamatan yang udah gue lakuin sejak punya akun Instagram. Daripada kelamaan, langsung aja cek TKP.

1.   Tipe Likers
Untuk tipe yang pertama, adalah tipe Likers, atau pengguna Instagram yang hobinya cuman ngasih like. Tiap ada foto yang muncul di timeline, pasti langsung di-like. Entah itu foto bagus atau gak. Bahkan iklan pun juga ikutan di-like. Kadang tiap buka instagram, pasti selalu like foto, bahkan foto sendiri juga di like juga. :p. 

2.   Tipe Folbacker
“Neng @raisa follback donk”
Tipe Folbacker adalah tipe orang yang suka meminta follow back setelah dia menfollow suatu akun. Meskipun dia follow akun yang gak dia kenal, kemudian dia terus mengemis minta follback. Kadang pengguna instagram pemula, setelah dia follow akun IG artis, kemudian meminta follow balik. Hello, emang situ siapa. Kadang orang ingin mengikuti suatu akun karena suka dengan hasil foto-foto yang dimiliki si pemilik akun. Termasuk gue, gue selalu follow akun/ foto yang benar-benar sesuai dengan keinginan kita tanpa meminta follback, kecuali ke temen gue yang udah gue kenal. :p

3.   Tipe Spamer
Tipe pengguna instagram yang ketiga adalah tipe spamer, atau tipe penyebar spam. Biasanya instagramer tipe kaya gini selalu membombardir timeline dengan foto-foto miliknua. Kalo biasanya orang normal selalu post foto sebanyak 2-3 foto dalam sehari, tipe spamer ini selalu memposting sebanyak 5-8 tiap menit. Yang lebih ngenes lagi, foto yang diupload adalah foto dengan model dan gaya yang sama L . Hal ini biasa terjadi pada akun instagramer cewek. Tapi juga gak menutup kemungkinan cowok.  Meskipun gue selalu posting foto dengan tema dan moment yang sama, tapi gue selalu menjaga selang waktu untuk ngepost. 

4.   Tipe Betrayer Follower
Tipe keempat adalah tipe pengguna instagram Betrayer Follower. Jadi ada seseorang yang memfollow IG kita, setelah kita follow balik, eh akun yang follow kita tadi malah unfollow. Jadi tujuan dari mengikuti akun kita cuman buat nambah follower dia aja. Setelah difollow balik, langsung unfollow. Kan bangsat banget kan? Sumpah, kadang gue sering ngalamin hal kaya gini. Kadang si pemilik akun sampe ngemis-ngemis minta difollback. Tapi setelah difollback malah ngilang. Ya persis banget kaya orang lagi PDKT, udah bikin nyaman, tapi malah ditinggal jadian sama yang lain. Bangsat og.

5.   Tipe Fake Maker
Untuk tipe pengguan IG selanjutnya dalah tipe fake maker. Tipe ini biasanya selalu membuat akun palsu atau fake account. Entah itu akun artis, akun orang yang baru ngetrend, bahkan akun palsu pacar/ gebetena. Entah kenapa orang mau bikin fake acount. Gue sering banget ngeliat banyak akun fake-fake bertebaran di IG. Biasanya tiap ada tokoh yang baru booming ataui hot, pasti gak lama kemudian bakal ada fake account di IG. Ya contohnya aja beberapa waktu adal kasus cewek SD yang tidur bareng pacarnya. Setelah gue cari di IG, eh banyak banget acountnya.

6.   Tipe Bening Dikit Follow
Untuk selanjutnya, ada tipe penggunan IG, bening dikit follow.  Biasanya tiap ngeliat ada foto teman yang lagi foto bareng, tiba-tiba ngeliat ada yang bening, langsung di follow. Gak cuman cowok, cewek juga pasti melakukan hal yang sama. Tiap ngeliat yang ganteng dikit, langsung follow. Kalau cowok, ngeliat yang GEDHEE dikit, langsung follow, eh. Ya sebenarnya gak masalah sih menurut gue. Karena esensi kita punya IG karena kita ingin membagi foto-foto kita dan kita juga ingin menikmati hasil foto orang yang lain yang menurut kita bagus dan ingin kita lihat.

7.   Tipe Blocker
Tipe pengguna selanjutnya adalah tipe yang hobinya ngeblock. Tiap ada orang yang komen gak sesuai dengan keinginan pemilik akun, pasti langsung diblock. Yap, ada kok, jika ada orang yang komentar yang kontradiksi pasti langsung diblock. Tipe kaya gini gak berbeda dengan penulis sang Baginda J***u. Tiap ada yang komen kontra pasti diblock. Tipe blocker juga bisa terjadi buat para couple yang baru aja putus dan marahan. Biasanya jika mereka yang masih ababil, tiap marahan/ habis putus pasti selalu saling ngeblock akun sosial, termasuk IG. Alasannya sih simple, “Biar gampang move on”.

8.   Tipe Perusak Moment
Tipe pengguna IG yang terakhir adalah Tipe Perusak Moment. Jadi, tipe perusak moment ini selalu berkomentar di moment/ foto yang gak semestinya. Ya misalnya aja kita upload foto dengan caption:

“Meski cinta kita tidak bisa bersatu, aku akan tetap menjadi pemuja rahasiamu Mas”
Dan gak lama kemudian, ada yang comment:
“Sis… dijual followe murah meriah, bisa nego.”
“Yuk kunjungi akun kami. Kami menjual obat kuat dan alat bantu.”
“…”

Kan bangsat banget kan? Koment di moment dan caption yang gak tepat. Captionya udah keren-keren, eh malah dirusak oleh coment orang jualan.

Ya mungkin ini aja dulu tulisan dari gue. Kalau kalian termasuk pengguna IG yang mana? Jangan lupa comment di kolom komentar. Makasih udah mau membaca tulisan gue. Jangan lupa tinggalkan jejak dan kunjungi akun media sosial gue. Sampe jumpa dipostingan gue selanjutnya. Selamat berpuasa ya gaes.


No comments:

Post a Comment

Hargailah penulis dengan meninggalkan jejak. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. No SARA. Jangan komentar sesat karena Blog ini juga dibaca anak-anak dan umum. arigatou