Sunday, May 8, 2016

[REVIEW] Toki Wo Kakeru Shoujo (Gadis yang Melompati Waktu)


Okee gengs…, ohayou minna. Ogenki desuka? Gimana hasil ujian nasional kalian anak-anak SMA? Apakah memuaskan? Bagaimana dengan nilai kalian? Sesuai dengan harapan kalian kan? Kalau lulus pasti lulus, tapi nilainya memuskan ataukah tidak. Meski kalian udah lulus, jangan lupa, masih ada ujian masuk perguruan tinggi dan ujian mencari pekerjaan. Buat loe anak-anak SMP yang mau ujian nasional, tetep semangat. Do the best aja.


Pada postingan kali ini gue akan membahas tentang film yang baru aja gue tonton tadi malam. Malam Minggu, gue enggak malem mingguan. Ya sebagai cowok yang baik dan gak nakal, malam minggu ya di rumah bareng keluarga.  Jadi tadi malam, gue kehabisan stok film anime. Pas bongkar-bongkar file di hardisk, gue nemuin film yang belum sempet gue tonton. Judulnya “Toki wo Kakeru Shoujo” atau lebih dikenal dengan gadis yang melompati waktu. Ya menurut gue judul anime movie ini mirip banget dengan film dorama Jepang yang berjudul sama. Tapi setelah gue tonton, ternyata alur ceritanya emang beda meskipun diangkat dari novel yang sama karangan  Tsutsui Yasutaka.
 *Cover Toki Wo Kakeru Shoujou (via: Kadokawa)

Karena penasaran, gue pun mencari tau tentang film Toki wo kakeru Shoujou. Ternyata film ini merupakan movie jadul tahun 2006. Sumpah, udah lama banget ternyata. Meskipun film live actionya baru rilis beberapa tahun yang lalu. Tapi, pada postingan kali ini gue akan membahas versi movie animenya aja. Film anime Toki Wo Kakeru Shoujo diproduksi oleh Madshouse dan didistribusikan oleh Kadokawa. Bagi yang suka anime pasti tak asing dengan nama barusan.

Ya menurut gue film ini emang cukup tua. Tahun 2006, gue masih SMP. Waktu itu film dan anime belum banyak tersebar di internet. Berbeda dengan sekarang, apapun serba digital dan semua bisa didapat lewat internet.

Oke langsung aja, gue akan mereview anime yang cukup bagus dari segi alur, emosi, dan suasana. Ya siapa tau bisa menjadi bahan referensi list film kalian semua.

Jadi anime Toki Wo Kakeru Shoujou bercerita tentang gadis SMA yang ceroboh, bodoh, yang bernama Makoto Konno. Si Makoto ini punya sahabat dekat yang bernama Chiaki Mamiya, dan Kousuke Tsuda. Si Makoto ini adalah gadis yang ceroboh, tidak bisa memasak, dan selalu datang ke sekolah tepat waktu. Iya tepat waktu maksudnya selalu datang tepat saat bel berbunyi.


*Tokoh dalam Film ini
Suat hari Makoto pergi ke sebuah laboratorium kimia dan menemukan benda seperti loncengnya Doraemon. Si Makoto kaget karena terkunci di dalam lab dan seolah-olah ada orang lain yang berada di lab kimia bersama Makoto. Karena terkejut, makoto terjatuh dan tanpa sengaja menekan benda yang seperti lonceng tadi yang tak lain adalah mesin pelompat waktu.


*Alat Pelompat waktu yang tak sengaja terpencet
Saat perjalan ke tempat bibinya, rem sepeda yang dikendarai Makoto blong. Padahal di depan akan ada kereta yang melintas. Karena jalan yang menurun, si Makoto tidak misa menghentikan sepeda yang ditumpanginya dan diapun menabrak palang kereta api dan tertabarak kereta. Tapi tiba-tiba saja dia kembali ke moment sebelum terjadinya dia kecelakaan. Makoto sangat terkejut karena tiba-tiba saja dia sudah berada di jalan dekat pembatas rel dan malah menabrak ibu-ibu bukan menabrak pembatas rel. Penasaran dengan hal tersebut benar-benar membuat Makoto bingung dan akhirnya menemui bibinya untuk bertanya tentang itu. Namun bibinya dengan santai saja mendengarkan cerita Makoto dan menurutnya time jump itu sudah biasa terjadi.


*Saat Makoto tertabrak kereta

Sejak saat itu, si Makoto sadar kalau dia bisa melompati waktu dan bisa kembali ke masa lalu sesuai keinginan dia. Diapun bermain main dengan melompati waktu. Di scene ini, emosi penonton mulai naik, termasuk gue.  Penoton diajak untuk beteriak, 

“Woy jangan kembali ke masa lalu!”

Di scene ini gue merasa agak membosankan. Kadang-kadang juga lucu saat melihat tingkah lucu Makoto. Makoto bermain melompati waktu tanpa sadar kalau kemampuan melompati waktu ada batasannya.

Selain dibumbui dengan komedi, movie ini juga dibumbui dengan romance. Salah satu teman Makoto yang bernama Chiaki ini suka dengan Makoto. Hingga suatu hari si Chiaki mengungkapkan perasaanya ke Makoto. Tapi Makoto berusaha menghindar dan kembali melompati waktu kembali ke moment sebelum Chiaki menembak Makoto. Tapi tetap saja semua sama saja hingga akhirnya Makoto memilih menghindar dari Chiaki.

Chiaki yang tak tahan lagi memendam perasaannya akhirnya memutuskan untuk menyerah terhadap Makoto yang selalu mengabaikannya dan mulai menanggapi cinta teman Makoto.

Setelah sibuk pacaran dengan teman Makoto, Chikai jarag ngumpul dengan Makoto dan Kousuke. Mereka jarang main baseball lagi. Makoto jadi merasa sedih dan kesepian karena itu, Makoto jadi mempertimbangkan kehadiran Kousuke. Namun Makoto juga tidak ingin menjalin cinta dengan Kousuke yang merupakan sahabat baiknya. Si Makoto tidak inginmerusak hubungan pertemanan yang selama ini dijalin bersama. Akhirnya si Makoto memutuskan untuk membantu adik kelas yang menyukai Kousuke untuk mengungkapkan perasaannya kepada Kousuke. Dan akhirnya Kousuke pun berpacaran dengan adik kelasnya.

Tapi setelah ini muncul konflik baru. Kousuke ingin mengantar adik kelasnya pulang menggunakan sepeda Makoto yang remnya putus  seperti pada awal cerita dan  akhirnya mereka berdua (Kousuke dan Adik kelasmya) menabrak palang kereta, terlempar hingga tertabrak kereta. Tapi, sesaat sebelum itu terjadi, waktu terhenti.
Saat Kousuke dan adik kelasnya tertabrak kereta seperti Makoto

Waktu berhenti berputar, dan ternyata yang menghentikan waktu adalah Chiaki. Chiaki menceritakan kehidupannya yang berasal dari masa depan. Chiaki tidak bisa kembali ke masa depan karena alat untuk melompati waktu kembali ke masa depan sudah dipake oleh Makoto. 


*Makoto berusaha menghentikan Kouseke, tapi gagal

Setelah menceritakan semuanya Chiaki pergi menghilang dan tidak sempat berpamitan. Hal ini membuat hati Makoto sedih.  Orang yang selama ini menyukai Makoto menghilang, dan ternyata Makoto juga suka dengan Chiaki. Makoto galau dan mewek selama beberapa waktu. Hingga suatu saat dia ingat kalau sebelum terjadi kecelakaan Kousuke dan adik kelasnya, si Chiaki telah membawa Makoto ke masa lalu yang membuatnya menjadi mempunyai satu kesempatan lagi untuk melompati waktu.

Makoto pun melompat kembali dan memperbaiki semuanya dari awal lagi. :)


Karena hal itu, Chiaki juga jadi punya kesempatan 1 kali lagi untuk melompat kembali ke masa depan. Tibalah perpisahan dengan Makoto. Di bagian ini cukup sedih menurut gue. Pada saat terakhir Chiaki pun tidak menyatakan perasaanya kepada Makoto. Hanya mengatakan, "Aku akan menunggumu di masa depan" sambil memeluk Makoto.


Ya menurut gue itulah ending dari movie Toki Wo Kakeru Shoujo ini. Menurut gue movie ini bagus dari segi alur dan emosi. Meski diawal-awal emang agak membosankan dan bikin gregetan karena melihat tingkah laku si tokoh.
Ada satu Quote yang paling gue suka dari Movie ini, yaitu:

Time waits for no one. Щ(°Д°Щ)
Bener banget, “Waktu tidak akan menunggu siapapun.” Janganlah menyia-nyiakan waktu dengan percuma, karena waktu tidak menunggu siapa pun. Film ini juga mengajarkan untuk jangan pernah menyiakan perasaan seseorang, karena saat kehilangannya kita tidak akan tahu akan mendapatkannya lagi apa tidak di masa depan nanti. Film ini banyak mengajarkan tentang menghargai, menghargai waktu, menghargai cinta, menghargai hidup, dalem banget pokoknya, cukup menginspirasi dan tidak lupa pula menghibur karena ada unsur komedinya.


Yap… mungkin cukup ini aja dulu review dari gue. Makasih udah mau mampir dan membaca tulisan gue ini. Pokoknya film ini recommended banget buat loe semua. Pasti tidak akan nyesel deh setelah nonton film ini.



gambar: dari Movie Toki Wa Kakeru Shoujo (Kadokawa dan Madhouse)

2 comments:

  1. Wah gue udah nonton ni udah lama. Tapi masih berkesan dan beberapa kali nonton ulang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Anime tahun 2006. Kalo diputer juga masih enak buat ditonton.

      Delete

Hargailah penulis dengan meninggalkan jejak. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. No SARA. Jangan komentar sesat karena Blog ini juga dibaca anak-anak dan umum. arigatou