Monday, April 4, 2016

[Video] Cara Membuat Percobaan Erupsi Gunung Secara Sederhana


Konnichiwa gengs… alhamdulilah bisa update tulisan lagi. Pernahkah kalian isuruh mengisi kegiatan untuk anak-anak entah itu di kampung, di kampus, di desa binaan, atau di KKN? Kalian bingung mau membuat kegiatan apa untuk anak-anak? Kegiatan yang menyenangkan sekaligus mendidik. 




Gue pernah punya pengalaman ketika gue sedang KKN, tepatnya pada tahun 2014. Gue masih inget karena waktu itu gue baru aja pisah dengan mantan gue, dan gue bertemu dengan orang-orang yang membuat kehidupan gue berubah. *malah curhat*. Jadi ketika KKN gue dan teman-teman gue mempunyai program harian, yaitu memberi materi pembelajaran pada anak-anak di kampung. Setiap hari kami memberikan materi tentang kenegaran, cerita, dan sains. Hingga tibalah giliran gue mengisi materi pelajaran. Dalam hati gue sempet mikir. Kalau anak kecil gue terangin Sains dengan ceramah pasti mereka bosen dan enggak paham. Karena gue anak IPA, gue punya ide untuk mengadakan percobaan lewat permainan. Entar anak-anak bisa bermain sambil belajar secara praktik, enggak cuman teori aja.
Singkat cerita, gue mengajak anak-anak kampung belajar tentang erupsi gunung berapi. Gue memperagakan cara kerja gunung berapi saat melakukan erupsi. Setelah gue mendemontrasikan, anak-anak mencoba sendiri. Alhamdulilah, anak-anak senang dan antusias mengikuti pembelajaran gue.

Ya itu gambaransingkat gue saat KKN dulu. Oke, kali ini gue akan membahas cara membuat percobaan erupsi gunung berapi secara sederna. Kalian cukup menyediakan beberapa alat dan bahan yang mudah. Alat dan bahan yang perlu kalian sediakan adalah

  • Botol bekas/ kosong (nanti jadi tempat mencampurkan adonan)
  •   Soda kue (baking soda)
  • Pewarna warna merah
  •   Sabun cuci piring
  • Air
  • Cuka/ asam
  •   Pasir
Caranya cukup simpel. Berikuti ini cara membuatnya:

  1. Masukan botol ke dalam pasir. Usahakan pasir dibuat semirip gunung.
  2. Memasukan Soda kue, Sabun, air dan pewarna ke dalam botol dan aduk hingga bercampur.
  3. Untuk yang terakhir, masukan cuka ke dalam adonan sedikit demi sedikit dan lihat apa yang terjadi.

Simpel banget. Nih bagi kalian yang ingin melihat video penjelasan membuat percobaan erupsi gunung berapi bisa lihat video dibawah ini. Jangan lupa klik subscribe dan like video gue ini ya. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat gengs. Jangan lupa share juga ya artikel ini.  Jika kalian punya pengalaman tentang percobaan sains sederhana, bisa sharing di komentar. Ja Matta.

1 comment:

  1. Sebenernya ada yang lebih mirip dengan kondisi gunung api yangasli dengan memanaskan air sampai mendidih di dalam botol kaca yang disambung dengan kaleng soda dan selang. Karena prinsipnya gunung api adalah perbedaan suhu dan tekanan di dalam dan di permukaan bumi.

    ReplyDelete

Hargailah penulis dengan meninggalkan jejak. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. No SARA. Jangan komentar sesat karena Blog ini juga dibaca anak-anak dan umum. arigatou