Loading...

Nostalgia Pensi Jaman SMA

“Udah kumpul semua? Udah jam 8 ini” “Belum… masing kurang satu. Orangnya lagi remidi di kelas.” “Kira-kira kita nyampe di Jogja jam ...


“Udah kumpul semua? Udah jam 8 ini”
“Belum… masing kurang satu. Orangnya lagi remidi di kelas.”
“Kira-kira kita nyampe di Jogja jam berapa?”
“Ya nanti siang lah sebelum jam 12.”
“…”

Masih teringat jelas percakapan gue dan teman-teman kelas XII di rumah salah satu teman. Waktu itu gue dan teman-teman sekelas akan pergi Jogja untuk take foto buku tahunan. Gue masih inget, bulan Desember, tepatnya setelah ulangan umum semester 1. Karena udah enggak ada pelajaran dan cuman remidial, kelas gue sepakat pergi ke Jogja berjamaah.  Mungkin moment ini yang paling berkesan, satu kelas bolos berjamaah ke pantai. Hingga beberapa jam kemudian, setelah sampe di Jogja, salah satu teman ditelpon oleh wali kelas gara-gara kelas enggak ada orang. Gue cuman  senyum senyum aja kalo keinget moment tadi. Tapi sayang, wali kelas gue udah dipanggil sang Pencipta terlebih dahulu.


Ehm… enggak terasa udah 5 tahun sejak kejadian nista bolos berjamaah ke Jogja. Ternyata udah 5 tahun gue meninggalkan masa putih abu-abu., bahkan sekarang gue udah meninggalkan dunia perSKRIPSIan, halah. Rasanya baru kemarin bolos berjamaah, ternyata udah 5 tahun berlalu.

Tadi malam, gue bonkar-bongkar hardisk laptop. Cuman mau merapikan file-file biar lebih teratur. Sekalian juga menghapus file-file yang udah enggak terpakai seperti foto bareng para mantan, eh. Ehm… mantan? Abaikan kata-kata gue barusan.  Pas merapikan file, tiba-tiba mata gue tertuju pada sebuah folder yang bernama “z4M4n 5m4”. Enggak lama kemudian gue dilarikan ke dokter mata terdekat. Sumpah… tulisan tahun kapan itu coba, nulis masih pake huruf besar kecil yang dikombinasikan dengan angka. Ehm…. Mungkin gue dulu termasuk anak Alay.

Back to story, gue membuka folder dan melihat isi yang ada didalamnya. Gue terdiam sejenak. Waktu terasa berhenti berputar. Enggak lama kemudian lagu Pelangi diMATAMU-Jamrud mengalun samar-samar. Ya jelas lah, wong gue membuka winamp og, gembel. Gue menemukan video kabaret saat pensi tahun 2011 dulu. Karena udah lama enggak menonton video pensi tadi, gue pun menyempatkan melihat isi video kabaret kelas gue dulu.

Sumpah… gue mendadak shock setelah melihat video pensi kelas gue, khususnya penampilan gue. Gue yakin… itu bukan gue…


Sumpah… Sungguh penampilan yang ngangenin. Gue masih inget, waktu itu kelas gue dapet juara runner up. Hampir aja kelas gue jadi juara 1. Nilai kelas gue dengan juara 1 cuman selisih pada kostum aja. Waktu itu, kelas gue memakai kostum apa adanya. Kegilaan gue dan teman-teman gue di atas panggung emang engak bisa dilupain. Seakan-akan kami melepas semua beban menjelang UAN. FYI, pensi di sekolah gue, tepatnya di SMA 3 Magelang diadakan sebelum UAN. Pensi diadakan beberapa hari setelah masuk semester 2, hebat kan? Itulah keunikan sekolah gue. Jika sekolah lain, pensi diadakan setelah UN, di seklah gue malah di awal semester 2. Ya biar siswa-siswa  kelas 3 bisa fokus dalam UN dan SNMPTN. Entah apa korelasinya, tapi menurut gue ada korelasi kok, enggak seperti hubungan gue dan mantan gebatan gue, eh. *curhat*.


Gue juga masih inget, waktu itu pensi diadakan pada bulan Januari, dan kelas gue udah menyiapkan properti pensi pada bulan Desember. Hingga akhirnya ada seorang guru sekaligus waka yang bertanya pada kelas gue karena penasaran ada bambu banyak di depan kelas.
 
Sebut saja namanya Pak Jojo.
“Buat apa ini? Kok belum pulang.”
“Buat pensi pak. buat kabaret.” Jawab salah satu teman gue.
“Loh… pensi kan masih Januari. Masih lama. Kalian fokus semesteran aja dulu.” Kata Jojo sambil memutar-mutar tangan sepeti melepas bolam lampu.
“Ehm.. siap pak… akan saya lanjutkan. Lanjutkan nyiapin pensi pak.” *dilempar lampu *
“…”

Owh iya, dari tadi gue bilang kabaret- kabaret terus. Buat kalian yang belum tahu apa itu kabaret, kabaret itu drama. Tapi kita hanya berpantomin aja karena suara kita udah direkam dahulu. Gue juga masih inget, di sekolah gue cuman menampilakn 2 pentas, yaitu band dan kabaret. Biasanya band dilakuin oleh anak-anak kelas 1 dan 2. Sedangkan untuk kelas 3 lebih memilih kabaret  meskipun lebih ribet. Ya wajar, anak-anak kelas 3 memilih kabaret karena ini adalah pensi terakhir kami, anak kelas 3. Oleh karena itu, biar berkesan dan anak-anak sekelas andil besar dalam pensi. Kalau cuman menampilkan band, yang akan tampil kan cuman personil band, sedangan anak-anak yang lain cuman bisa melihat sambil memberikan semangat.


Oke… daripada kelamaan, berikut ini adalah kegilaan kelas gue saat pensi. Kami sepertinya udah membuang rasa malu, yang penting tampil dan bisa menghibur penonton. Alhamdulilah, kelas gue dapet juara 2. Apda saat tampil, enggak lupa salah satu penonton merekam penampilan kelas gue, jadinya gue punya dokumentasi saat pensi. Mau mengandalkan kaset dari panitia,kayaknya enggak mungkin karena banyak adegan kelas gue yang dipotong. Daripada file ilang dilaptop, mending gue upload, siapa tahu teman-teman gue bisa bernostalgia lagi.




Video tadi juga bisa jadi inspirasi kalian saat membuat drama atau kabaret. Gimana? Udah nonton semua? Gue yakin belom karena durasi waktu yang lumayan agak lama. Maklum, gue sengaja enggak memotong adegan, bair komplit.

Oke… mungkin ini aja dulu postingan dari gue. Makasih udah mampir ke blog gue. Jangan lupa like fanpage gue dan jangan lupa klik subscript ya. Pesan gue, masa SMA adalah masa yang indah. Masa SMA enggak akan terunag kedua kali. Jadi jika kalian masih SMA< nikamtin aja masa putih abu-abu kalian. Kegilaan dan kenangan jaman SMA enggak akan kalian dapat di bangku kuliah Vroh. Buat kalian yang punya pengalaman menarik jaman SMA, bisa sharing di kolom komentar, matta ne.
vlog 2564080119753559461

Post a Comment

  1. Wah ganti template nih, mas? Sekedar saran, gonta-ganti template blog sebenarnya nggak baik loh untuk SEO. Hehehe.

    Oya, pensi gue kacau. Iya, kacau. Kacau karena vokalis 1 nya nggak pede. Gue sebagai vokalis dua ragu untuk maju karena vokalis satunya aja nggak pede. Sebenarnya gue mau aja maju. Masalahnya, gue nggak hafal lirik lagu yang ingin dibawakan karena nggak pernah denger lagu itu sebelumnya. Yaaa... kami semua nggak punya persiapan. Wong, bandnya aja baru dibikin saat hari-H. Akhirnya kami semua sepakat untuk mengganti pensinya dengan membuat seni rupa. Beli pula. Suram banget dah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi tetep membekas di hati kan. :v justru pengalaman yang sesat, malah yang akan selalu dikenang

      Delete
  2. Wkwkwkw jaduuuul banget :p wkwkwk

    aku jadi inget pensi SMP wkkwk waktu itu aku jadi vokalis juga dan malah pede-pedenya nyanyi :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mumpung masih muda,mencoba hal hal yang baru. dulu pas SMP gue jadi vokalis terus.

      Delete
  3. Seru juga ya ada pensi terus penampilan kelas gitu. Di sekolah gue dulu gak ada. Hahaha. Memorable bgt pasti kan :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget. masa yang enggaka kan terulang dua kali

      Delete

Hargailah penulis dengan meninggalkan jejak. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. No SARA. Jangan komentar sesat karena Blog ini juga dibaca anak-anak dan umum. arigatou

emo-but-icon

Home item

dapatkan update

Random Posts

Blog Archive

Statistik

free web hit counter

Followers