Explorer Punya Cerita : Museum Penangkapan Pangeran Diponegoro

Hallo gengs… gimana kabarnya? Sehat selalu kah? Buat kalian para pejuang skripsi, sudah sampe mana Gengs? Tetep semangat dan istiqomah ya ngerjain skripsinya. Jangan menyerah gara-gara ditolak pembimbing, dan jangan menyerah jika dosen belum ACC. Inget, wisuda udah di depan mata, iya kalau kalian enggak kehabisan kuota wisuda. *di lempar skripsi*


Pada postingan kali ini, gue akan mengajak kalian jalan-jalan. Gue emang sedang bikin projek Video Blog tentang jalan-jalan. Alhamdulilah, ini adalah video kedua gue. Pada postingan kali ini, gue akan mengajak kalian jalan-jalan ke Kota Magelang. Destinasi yang akan kiat tuju adalah tempat penangkapan Pangeran Diponegoro.

Gue emang sengaja ngajakin kalian jalan-jalan ke sini. Selain dapat tempat wisata, kita juga bisa belajar sejarah. Inget… Bung Karno pernah bilang,”Jangan pernah melupakan sejarah.”. Sebenarnya esensi dari kita belajar sejarah adalah agar kejadian buruk di masa lalu enggak akan terulang lagi di masa akan datang. Begitulah, kita juga perlu mengaplikasikan ilmu sejarah dalam hubungan asamara kita. Dengan belajar sejarah, maka kejadian buruk di masa lalu bersama mantan enggak akan terulang lagi di kehidupan asmara kita selanjutnya.

Oke… sebenarnya, gue udah pernah membahas Museum Diponegoro di postingan sebelumnya. Oke… sebenarnya Museum Diponegoro Magelang terletak di kantor Barkorwil Kedu-Surakarta. Dulunya di Museum Diponegoro adalah kantor karisedenan. Salah satu kamar di tempat ini menjadi saksi bisu penangkapan Pangeran Diponegoro. Dulu, pangeran Diponegoro pinter banget dalam bergerilya. Bahkan sampe membuat Belanda kualahan. Akhirnya Belanda mengadakan perundingan dengan Pangeran Diponegoro. Tapi sayang seribu sayang, janji manis itu pun harus berakhir dengan pengkhianatan. Rasanya pasti nyesek banget, udah percaya, tapi akhirnya dikhianatin juga.

Tapi… dari perjalanan gue kemarin ke museum, ada satu hal yang bisa gue simpulkan. Minat masyarakat akan museum masih rendah, Kemarin, pas gue ke museum Diponegoro, cuman gue aja yang jadi pengunjung. Sumpah, sungguh sangat ironis. Padahal di Negera Amerika, museum menjadi destinasi wajib dan museum selalu ramai dikunjungi. Berbeda dengan museum yang ada di Magelang, sepi banget. Udah seperti hati ini aja, eh.


Oke… daripada kelamaan, nih kalian bisa lihat video jalan-jalan gue kemarin ke Museum Diponegoro. Silakan ditonton, siapa tahu bisa menjadi referensi kalian jika pergi ke Magelang.




Gimana? Uudah punya gambaran kan? Oke… makasih udah baca blog gue. Mungkin ini dulu postingan gue. Terimakasih… tunggu lagi episode Explorer Punya Cerita selanjutnya ya..
Comments