Friday, February 12, 2016

Cara Stem Biola Secara Manual untuk Pemula


Hello Gengs, gimana kabar kalian di bulan Februari ini? Gimana kabar progres asmara kalian? Di Bulan Februari ini jangan lah saling mnegejek tentang asmara. Jangan mengumbar kemesraan di timeline, kasian para Tuna asmara yang haus akan kasih sayang karena sebentar lagi tanggal 14, banyak dari kaum Jomblo yang sensitif. Kita saling menghargai saja satu sama lain. Yang udah punya pacar ya pacarnya dijaga, Yang masih jomblo ya segera mencari gebetan, kalo belum punya gebetan ya mari kita mengheningkan cipta bersama.
Pada postingan kali ini gue akan sedikit berbagi tips tentang musik. Biasanya gue cuman curhat, curhat dan curhat. Kali ini  gue akan membahas tentang musik. Gue akan sedikit berbagi tips tentang bagaimana cara menyetem biola secara manual bagi pemula.

Sebenarnya menyetem biola dapat dilakukan dengan bantuan beberapa alat seperti tuner digital, pipa nada, dan keyboard.  Kadang kalau seseorang yang punya bakat seni dan dia mempunyai pendengaran yang sempurna tentang nada, tanpa menggunakan alat dia sudah dapat menyetem biola. Tapi bagi orang awam seperti gue, menyetem biola ya kudu pake bantuan alat. 
 *tuner digital (Source: OLX)

Sebenarnya prinsip dari stem biola adalah menyamakan nada pada biola dengan nada yang keluar pada alat. Kalau dengan tuner digital, cara menyetem cukup menjepitkan atau memasang tuner pada head biola dan kita tinggal memetik senar. Maka pada layar tuner akan keluar nada apa yang ada pada senar saat itu. Tinggal kita mengatur sesuai nada standar biola yaitu untuk senar 4=G, 3=D, 2= A, 1=E. Hal serupa juga dapat dilakukan dengan bantuan piano atau keyboard. Yaitu menyamakan nada pada senar dan keyboard. 


Tapi pada postingan kali ini gue akan membahas stem biola secara manual menggunakan pipa nada/ pipa tiup. Prinsipnya sama seperti menggunakan tuner digital dan keyboard, yaitu dengan menyamakan nada senar dengan nada yang keluar dari pipa nada. Kenapa gue lebih suka menyetem menggunakan pipa tiup ini karena dengan pipa tiup ini, telinga gue bisa lebih sensitif terhadap nada. Bisa dibilang untuk melatih telinga aja sih. Selain itu harga pipa nada ini sangat murah, cuman 10 ribu. Lha harga tunner lumayan mahal, sekitar 50 ribu sampe 100 ribu. So, kalo ada yang murah kenapa harus beli yang mahal, toh fungsi tuner juga sama #MentalAnakKos
 *Pipa Nada

Oke… langsung aja cara menyetem biola menggunakan pipa nada.

1.   Stem dari Senar Nomor 2
Biola itu seperti cewek gengs, sensitif. Dikit-dikit rewel. Jadi cara menyetem biola dimulai dari senar nomor 2. Dulu gue juga diajarin temen gue yang sekaligus sensei gue dalam belajar biola. Kita tahu kalo senar biola itu terikat pada tuningpad kayu tunggal. Tidak seperti gitar yang udah menggunakan gigi. Senar biola juga saling tumpang tindih. Hal ini membuat jika senar satu berubah, maka senar yang tumpang tindih juga akan berubah. Oleh sebab itu penyeteman dimulai dari senar nomor 2. 
 Senar yang tumpang Tindih

Langkah selanjutnya adalah meniup pipa nada,maka akan keluar nada A. Tugas kita tinggal menyamakan nada pada senar dengan nada yang keluar tadi dengan cara memutar tuningpad makro yang ada di head biola. Kita menggunakan tuningpad makro jika nada jarak pada senar biola masih banyak. Tapi jika selisih nada biola cuman selisih setengah nada, gunakanlah tuningpad mikro yang ada di body biola.

2.   Stem Senar nomor 3
Setelah senar nomor dua udah stem, selanjutnya adalah menyetem senar nomer 3. Senar nomer 3 ini saling tumpang tindih dengan senar nomor 2. Hal ini juga akan berakibat saat kita menyetem senar nomor 3, maka senar nomor 2 juga akan bergeser atau berubah. Tapi hal itu enggak masalah, toh nanti berubah bisa di stem lagi. 


*Tuningped Micro

Cara  menyetemnya sama seperti cara menyetem senar nomor 2. Samakan nada senar nomor 3 dengan pipa nada.

3.   Stem senar Nomor 4 dan 1
Setelah kalian menyetem senar nomor 2 dan 3, kini stem senar nomro 4 dulu atau nomr 1 dulu, bebas sesuai selera saja. Caranya juga sama seperti sebelumnya, yaitu menyamakan nada pada pipa tuner  dengan nada pada senar biola.

Bingung? Enggak usah khawatir. Dulu gue juga bingung. Nih daripada kalian bingung membayangkan, gue kasih video tutorial buatan gue. Semoga bisa membantu kalian menyetem biola. Tapi maaf kalo video buatan gue apa adanya. Maklum, gue bikinnya tanpa persiapan. Nih daripada nunggu “Anak Jalanan” tamat, gue kasih videonya:




Gimana Gengs? Udah dapet gambaran kan? Ya mungkin itu aja cara menyetem biola dari gue. Terimakasih udah baca tulisan gue. Jangan pernah menyerah ya main biola. Meskipun cuman buat refereshing tapi nikmatin aja belaja biola. Jangan lupa like fanpage gue dan jangan lupa Follow Twitter dan Instagram gue ya. Sampe jumpa dipostingan selanjutnya.

5 comments:

  1. Halooo. Trima kasih udah sharing ttg gimana stem biola. Gue baruuuuuu banget mau blajar biola. Karna masih baru banggetttt apa sih yg garus di perhatiin dri biola? Btw gue bisa main gitar. Apa itu bisa jadi awal yg baik untuk blajar biola? Apa kunci GDAE pada gitar bisa ngebantu untuk stem biola? Makasiii tolong jawab ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya kalau udah bisa main gitar, berarti udah tau tentang musik, udah terbiasa mencet senar. udah terbiasa merasakan letak nada pada papan fred.

      Nada biola GDAE. Sebanarnya sama, tapi nadanya yang dipake adalah nada tinggi. Misalnya nada E pada senar 1 biola = nada E pada senar gitar paling bawah, fret 12.

      Delete
  2. Itu pakai fence tuning ya yang terakhir mas. Btw kata temen saya kok gak dipasang gak apa-apa ya? Ada juga yang cuma pasang satu buah fence tuning. Itu gak apa-apa? Mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya tuningpad yang micro deket bridge ya? sebenarnya mau dipasang atau gak dipasang itu tergantung si pemakai aja. Sebenarnya fungsi dari fence kan untuk mengatur nada-nada yang jaraknya kecil, misalnya setengah nada. Kalo pake tuningpad makro, pasti bakalan susah untuk mengepaskan nada buat pemula.Kadang kurang setengah nada, pasti bakalan susah kalo gak pake fence. Biasanya kalo fence gak dipsang di senar 3, dan 4. semua tergantung pemakai aja. jujur, aku masih kesulitan ngepasin nada yang berselisih setengah nada. jika kamu pake fence, kamu bisa mengatur pelan-pelan.

      Delete
  3. Mas saya kan bisa main bass.. tetapi kan kalau biola stem an nya G-D-A-E kalau bass E-A-D-G. kan saya belum terbiasa dengn seteman itu kalau seumpamanya seteman biola dibalik seperti pada bass pengaruh apa tidak ya mas? Maaf saya masih sangat newbie 😂

    ReplyDelete

Hargailah penulis dengan meninggalkan jejak. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. No SARA. Jangan komentar sesat karena Blog ini juga dibaca anak-anak dan umum. arigatou