Friday, January 1, 2016

Aku dan Menulis


Hallo Gengs… gimana kabarnya? Gimana tahun barunya? Masih Jomblo? Enggak terasa ya tahun 2015 udah lewat dan sekarang udah masuk ke tahun 2016. Rasanya cepet banget, kayaknya kemarin masih tahun dimana bensin masih seribu rupiah, eh sekarang udah 7000an. Ini adalah postingan pertama gue di tahun 2016. 

Oke gengs… pernah enggak sih kalian berfikir, sejak kapan kalian belajar menulis? Untuk apa sih kalian menulis? Apa aja sih yang udah kalian hasilkan dari menulis? Jadi kemarin pas gue lagi boker, tiba-tiba pikiran gue melayang kemana-mana. Gue enggak inget mantan kok. Dalam benak gue terbesit, “Sejak kapan sih gue belajar menulis?” Yap… kalau gue inget inget lagi, gue baru bisa menulis itu kelas 1 SD. Maklum, dulu pas kecil gue sangat bandel, jarang belajar. Jadi pas masuk kelas 1 SD, gue baru bisa menulis. Berbeda dengan adik gue dan anak-anak kecil jaman sekarang. Masih TK, bahkan sejak PAUD udah bisa menulis.
 
Gue juga sempet berfikir, rasanya kehidupan manusia itu pasti enggak lepas dari menulis. Entah itu menulis surat, chating, bahkan update status galau dan Alay di Sosmed juga pake menulis. Mngkin suatu hari, manusia akan lebih memilih berkomunikasi menggunakan tulisan daripada menggunakan mulut mereka. Ya bisa kita lihat aja, kalau dulu pas lagi maen ke rumah teman, nyampe di sana langsung teriak-teriak, ”Wisnu…. Wisnu… Main Yuk!!!”. Beda banget dengan sekarang. Jaman sekarang, ketika udah nyampe di depan rumah teman pasti mengambil hape dan langsung mengirimkan pesan, “Aku udah di depan rumahmu.”


Gue juga baru sadar kalau dari jaman gue kecil sampe sekarang, gue enggak lepas dari namanya nmenulis. Bahkan secara enggak sadar, menulis udah menjadi hobi gue. Kalau dinget-inget, ada beberapa hal yang udah pernah gue lakuin dengan menulis. Oke langsung aja, beberapa hal yang udah gue lakuin dengan menulis:

1.   Nulis Blog



Pertama kali gue mengenal Blog itu ketika gue masih kelas 1 SMA. Saat itu temen gue membicarakan tentang blog, dan gue masih awam tentang namanya blog. Maklum aja, waktu itu gue baru kenal sama yang namanya internet. Setelah tahu, gue iseng-iseng mulai menulis blog. Awal awal ngeblog, blog gue berisi konten yang enggak penting sampe hal yang super enggak penting. Tapi semakin bertambahnya usia dan bertambahnya pengetahuan, konten blog gue jadi super random. Isinya cuman curhatan. Ya wajar aja, blog gue kan blog pribadi. Lebih tepatnya seperti buku diary online. Bisa kalian lihat, gue udah menulis blog dari tahun 2009. Enggak terasa, di tahun 2016 gue masih aktif menulis di blog. Ya berawal dari iseng, malah menjadi ketagihan. Semoga gue masih bisa istiqomah menulis blog ini.


2.   Nulis Puisi

Jaman SMP dulu gue hobi banget menulis Puisi. Sebagai anak ingusan yang baru gedhe, gue mengalami yang namanya masa Puber. Dari sini gue udah mulai suka dengan cewek. Gejolak di dalam dada membuat gue menjadi haus akan kreatifitas. Gue mulai membuat puisi untuk cewek yang gue sukai. Sedikit demi sedikit, gue membuat puisi. Tapi sayang, waktu itu puisi yang gue buat harus berakhir di tumpukan buku seiring cewek yang gue sukai udah punya pacar, sakiit. Sejak saat itu, sampe sekarang gue jarang banget menulis puisi.Terakhir menulis puisi ketika dapat soal bahasa Indonesia pas ujian. Selebihnya gue jarang membuat lagi.

3.   Nulis Lagu


Pertama kali gue menulis lagu ketika gue masih kelas 2 SMP. Waktu itu gue punya Band, dan gue iseng-iseng bikin lagu. Akhirnya temen-temen gue suka dengan lagu yang gue buat. Kami selalu memainkan ketika lagi latihan di studio. Hobi nulis lagu juga masih gue lakuin sampe saat ini. Gue membuat lagu ketika lagi galau. Entah kenapa tiap gue galau pasti selalu muncul ide dan karya. Enggak banyak lagu yang gue buat, cuman 5 lagu doank. Ya maklum aja, gue bikin lagu cuman iseng-iseng aja. Gue bikin lagu untuk mengkonversi kekecewaan dan kesedihan gue agar menjadi karya. Nih salah lagu yang gue buat: 



4.   Nulis Surat Cinta

Sewaktu gue masih punya pacar, gue juga pernah menulis surat. Ya meskipun sekarang gue Tuna Asmara, setidaknya gue pernah ngerasain apa yang namanya pacaran. Tapi sayang dulu, gue enggak terlalu sering menulis surat cinta, kecuali saat ada moment penting seperti ulang tahun doank. Setidaknya menulis surat cinta juga termasuk menulis.

5.   Nulis Naskah Buku
Kesenangan gue akan menulis membuat gue ingin banget membuat buku. Saat awal-awal masuk kuliah, gue iseng-iseng menulis  naskah buku. Bahkan sampe sekarang gue masih berusaha menulis naskah buku. Sebenarnya dari awal masuk kuliah sampe lulus kuliah, gue udah menulis 5 naskah buku, tapi alhamdulilah naskah gue berhasil ditolak dan gagal terbit. Tapi hal itu enggak membuat gue menyerah. Gue berusaha memperbaiki, dan mencoba lagi. Dan naskah terakhir yang gue buat udah gue kirim ke penerbit. Semoga naskah gue yang terakhir ini diterima.

6.   Nulis Skripsi

Udah wajib hukumnya bagi mahasiswa untuk menulis skripsi, termasuk gue. Mau enggak mau gue juga harus menulis skripsi. Gue masih inget, gue mulai membuat skripsi pada bulan Januari 2015 lalu. Dan alhamdulilah, gue berhasil menyelesaikan skripsi gue dalam waktu 9 bulan. Kalau inget perjuangan membuat skripsi rasanya mau nangis, mau ketawa. Tapi menurut gue, gue bakal kangen rasanya mengerjakan skripsi. Ditolak dosen pembimbing, Enggak di ACC, dicorat coret udah jadi makanan sehari-hari. Tapi alhamdulilah, semua udah terlewati.


7.   Nulis KTI

Ya mungkin karena naluri hobi menulis,gue juga pernah menulis Karya Tulis Ilmiah. Tapi sayang sewaktu kuliah enggak banyak karya tulis yang gue buat. Karena dulu pas kuliah gue terlalu fokus sama organisasi. Meskipun begitu,gue  pernah menulis karya tulis ilmiah seperti PKM, LKTI, Seminar Kimia. Meskipun sedikit, yang penting gue pernah melakukan itu semua.

8.   Nulis Jurnal

Pas akhir kuliah, gue pernah bikin jurnal. Gue bikin jurnal karena kewajiban. Mau enggak mau harus membuat jurnal. Hal ini dikarenakan membuat jurnal adalah salah satu syarat wajib agar gue bisa wisuda. Alhamdulilah, gue baru membuat satu jurnal, itu aja jurnal elektronik. Gue masih mempunyai mimpi, gue akan membuat jurnal lebih banyak lagi, bahkan gue punya mimpi, kalau gue harus bisa membuat minimal 5 jurnal internasional.

9.   Nulis di Jok Bis

Sewaktu gue masih SD, gue selalu naik bus ketika pulang dan pergi ke sekolah. Waktu itu bus yang gue jurusan rumah yang selalu gue tumpangi kotor. Jok bus yang rusak dan penuh dengan tulisan dengan tipe-X. Gue masih inget, tulisan-tulisan yang ada di jok, bahkan di dinding bus isinya salam-salaman semua. Misalnya, “Salam buat Putri, I Love U. from: Aku yang mencintaimu”. Melihat itu, gue jadi iseng-iseng ikut-ikutan menulis di jok bus. Waktu itu, gue menulis nama cewek yang gue sukai di jok bus. Tapi sayangnya, rumah cewek yang gue sukai enggak dilewatin bus yang gue tumpangi, arah rumah kita beda, begoo.

Gue enggak menyangka, gue udah mulai menyukai tulis menulis sejak kecil, bahkan sampe saat ini gue masih suka menulis. Udah banyak hal yang gue lakuin dengan menulis. Nulis blog udah, nulis surat cinta dan puisi juga udah, nulis skripsi, jurnal dan karya ilmiah juga udah, hanya satu yang belom yaitu nulis nama gue di hatimu, eaa.
Oke… ini dulu tulisan pembuka di tahun 2016. Selamat tahun baru 2016 ya gengs. Semoga di tahun yang baru ini, gue bisa lebih produktif, dan bisa berkarya. Doakan juga ya gengs, semoga gue bisa melanjutkan studi gue dan menggapai impian gue. Terimakasih udah membaca, sampe jumpa di tulisangan gue selanjutnya.

6 comments:

  1. nulis nama di buku nikah kapan? hahahaha

    btw karya karyamu keren , sukses terus bro. salam dari kota semarang

    ReplyDelete
  2. Nulis di jog bus..
    Selamat masa kecil anda bahagia hhh

    ReplyDelete
  3. Semoga naskah yang dikirim ke penerbit membawa kabar bahagia, ya, Mas Wisnu :)

    ReplyDelete

Hargailah penulis dengan meninggalkan jejak. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. No SARA. Jangan komentar sesat karena Blog ini juga dibaca anak-anak dan umum. arigatou