Revisi, Revisi dan Revisi

“Tolong direvisi lagi ya..”
“Diprint lagi ya… minggu depan datang lagi.”
“…”

Enggak terasa udah sebulan lebih gue berkutat dengan skripsi. Enggak ada progres yang berarti, masih aja revisi, revisi, dan revisi. Tiap udah revisi, dosen bakal ngobrak-abrik bab sebelumnya, dan hal itu akan terus berlanjut sampe Negara Api menyerang, tsah.


Temen-temen lain udah pada seminar proposal, lah gue masih asik sama pembimbing pertama. Pembimbing II, ah besuk aja nunggu pembimbing pertama ACC. Bahkan temen KKN  udah pada wisuda, sumpah gue hina banget diri ini. Jadi hari Sabtu kemarin, gue datang ke acara wisuda temen KKN. Disana gue ditanyain sama bokap temen KKN gue.
*temen gue aja udah wisuda, gue kapan?

“Ehm… Mas Wisuda kapan?” tanya Bokap temen KKN.
“Insyaallah harus tahun ini bapak.” Kata gue penuh percaya diri.
“Ehm… emang skripsinya udah nyampe bab berapa?”
“Baru nyampe mana-mana pak.” *sambil nangis*
“Pak dosen… gilas aku pakai becak…!!!!”
“…”

Ehm… pengeluaran dana bulanan gue mendadak meningkat sejalan dengan revisian skripsi. Iya, beli kertas lah, beli tinta lah, beli pulsa buat nelpon mbak-mbak operator, dan beli bakso bakar tiap malem. Bersama pembimbing pertama aja, gue udah menghabiskan kertas satu rim cuman buat revisian, kampret banget kan.
*kertas bertebaran dimana-mana

Penggunaan kertas yang berlebihan membuat kita jadi enggak go green. Udah berapa banyak pohon yang ditebang buat bikin kertas. Udah berapa banyak kertas revisian yang terbuang percuma. Sebagai mahasiswa yang cerdas dan peduli lingkungan, lebih baik mengurangi penggunaan kertas. Contohya ya dengan melancarkan skripsi mahasiswa. Jangan terlalu banyak revisi, cukup satu kali aja. Kalo lebih maintream lagi ya, hapuskan skripsi demi lingkungn. #SavePohon #hapusSkripsi.

Hari ini gue udah standby di kosan lagi. Setelah tiga hari menghabiskan waktu di rumah. Maklum aja, biasanya hari Senin udah stand by di Solo. Berhubung Hari Selasa dosen pembimbing ada acara, dan tanggal 11 adalah dies natalis kampus,  udah dipastikan dosen enggak meneriman konsultasi. Betewe, tanggal 11 Maret bertepatan dengan hari ulang tahun kampus gue. Dan hari sebelumnya adalah tanggal 10, tanggal… ah sudahlah, lupakan.

Selamat ulang tahun ya kampus Sebelas Maret, kampus dimana gue dan kamu-nya dia bertemu, eaa. Semoga diusia yang masoih muda bisa makin jaya dan bisa jadi kampus world class University. Dan semoga tahun ini gue bisa wisuda, amin.
*Selamat Ulang tahun UNS


Oke, semoga gue bisa segera seminar proposal, pokonya tahun ini kudu udah lulus. 
Comments