Acara TV Jaman Sekarang


“Kok acara TV kayak gini semua… hmm.”
“Hari Minggu kok enggak ada acara anak-anak.”
“Nonton berita di TV kok bosen sendiri.”
“…”

Pasti kalian juga sempet mikir sama seperti gue. Mendadak bingung saat di depan TV, bingung memilih chanel mana yang akan ditonton gara-gara enggak ada acara yang bagus. Jika kalian merasakan hal yang sama, berarti kita  seumuran, tsah.

Bagi kalian yang pernah ngalamin hidup di tahun 90-an pasti merasakan perbedan yang nyata. Acara TV jaman sekarang lebih membosankan dari acara TV jaman dulu. Bahkan acara TV jaman sekarang lebih banyak “Enggak mutu”-nya ketimbang yang mutu. Ya meski TV jaman sekarang lebih menonjolkan sisi komersil ketimbang mutu acara TV. Yang penting  rating naik, enggak peduli acara TV mendidik atau enggak, masa bodoh.


Bisa deh kalian lihat tiap hati Minggu pagi. Coba kalian yang pernah hidup di tahun 90-an, pasti sampai hafal acara TV dari jam 5 pagi sampe jam 12 siang. Termasuk gue yang selalu udah siap nongkrong di depan TV dari jam 6 pagi. Kalau jaman gue kecil dulu, acara TV tiap hari Minggu pagi isinya acara anak. Bahkan sampe iklanpun pun iklan untuk anak-anak. Acara kartun dari Let’s an Go, Ultramen, Sinchan, Doraemon, Conan, Digimon, Dragon Ball, Hattori, Ninja Rantaro, Inuyasha pun menghiasi acara TV tiap hari Minggu.

Beda banget dengan sekarang, jam 9 pagi aja udah diisi sama acara musik-musik gaje. Boro-boro acara musik, tapi menurut gue malah lebih banyak ngomong dan ngehina orang ketimbang musik-musik deh. Tiap Minggu pagi acara TV cuman nyanyi-nyanyi, dangdut-dangdut gaje, dan yang lebih nyesek pagi-pagi udah disuguhi gosip-gosip. Pantes aja banyak anak-anak SD yang cepet dewasa.
*acara musik jaman sekarang

Selain acara TV tiap hari Minggu, jaman sekarang lebih banyak sinetron-sinteron yang enggak mendidik. Ya meskipun sinetron, tapi sinteron jaman sekarang lebih enggak mendidik daripada sinetron jaman dulu. Kalo jaman dulu, jaman gue kecil sinetron buat ibu-ibu dengan para pemain udah tua dan dewasa. Enggak kayak sekarang, sinetron yang main anak-anak sekolah. Otomatis yang nonton anak-anak muda, anak-anak kecil. Apa yang dilakukan para pemain sinetron pasti bakal jadi panutan anak-anak yang nonton. Dari gaya hidup yang ngajarin pacaran, pelukan, ciuman. Ya kayak gini yang bikin anak SD jadi lebih cepet dewasa, ya acara kayak gini yang bikin anak SD udah pacaran. Haduuh…
*peluk aku mass

Selain itu, beberapa waktu lalu juga ada tayangan TV yang super enggak penting. Iya, liputan pernikahan artis sampe seminggu. Acara paling enggak mutu banget kan. Buat apa coba ngeliput acara pernikahan artis sehari semalam. Emang tayangan live pernikahan kayak gitu ngaruh buat kita? Enggak lah, kecuali semua penonton di rumah dapat juga merasakan hasil pernikahan artis tadi. Seperti pernihakan putri Raja Jogja. Rakyat biasa juga merasakan langsung acara pernikahan tadi. Iya, beberapa waktu lalu ketika Raja Jogja mantu, seluruh rakyat jogja pesta, angkringan di Jogja gratis meen.
*Salah satu efek acara TV gak mutu

Sekali lagi, emang apa pentingnya ada acara tayangan live pernikahan artis. Daripada ngeliput acara resepsi mending nayangin liputan malam pertama mereka,tsah. Yang lebih enggak mutu lagi acara TV liputan live lahiran anak artis. Itu udah enggak masuk akal.

Berita di TV pun sekarang juga membosankan. Acara berita seharian cuman itu-itu aja. Apa enggak ada selingan? Bahkan menurut gue, berita di TV jaman sekarang lebih memihak pada kelompok tertentu. Berita udah jarang yang enggak netral.

Ya sangat memperihatinkan acara TV Indonesia sekarang. Bahkan sekarang, gue jarang banget nonton TV. Gue malah lebih sering menikmati radio ketimbang TV. Menurut gue, acara radio lebih bermutu, lebih banyak info yang didapat, dan dapat melatih otak kita. Ya semoga aja Acara TV di Indonesia kembali ke jaman kejayaannya seperti dulu lagi. Dimana pada hari Minggu isinya acara anak, dan lebih menayangkan acara yang berkualitas.

pic source:
https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0CAYQjB0&url=http%3A%2F%2Fkaskushootthreads.blogspot.jp%2F2014%2F11%2Fmasa-anak-anak-yang-berbeda-di-zaman.html&ei=avXhVO-yEMSLuASb74D4Ag&bvm=bv.85970519,d.c2E&psig=AFQjCNFgjE6aD6czWWK3O68cubpBEIrAWg&ust=1424180923287654
Comments