Loading...

Traveling Report : Candi Ngawen, Riwayatmu Kini

“Mempelajari masa lalu untuk masa depan yang lebih baik, itulah fungsi sejarah.” Hello pembaca setia blog, gue. Desember udah tiba,...


“Mempelajari masa lalu untuk masa depan yang lebih baik, itulah fungsi sejarah.”

Hello pembaca setia blog, gue. Desember udah tiba, bahkan udah hampr berakhir. Bulan ini gue hampir kurang produktif gara-gara sibuk magang. Jadi gue jarang banget ngisi blog gue ini. Tapi, gue selalu belajar konsisten untuk ngisi blog gue ini kok.

Beberapa hari ini, gue menyempatkan balik ke rumah. Setelah KKN dan magang di sekolah, gue jarang banget pulang ke rumah, so, sekarang saatnya gue menikmati akhir tahun di rumah bareng keluarga.


Semenjak berakhirnya  KKN, dan magang di sekolah, gue belum pernah piknik lagi. Padahal, gue udah terlalu banyak pikiran, butuh piknik meennn. Jadi, kemarin gue menyempatkan diri mbolang ke lokalisasi, eh maksud gue lokasi wisata yang enggak jauh dari rumah.
*Candi Ngawen

Jadi, fix gue kudu piknik. Setelah mencari objek wisata yang belum pernah gue kunjungin, akhirnya gue dapat objek wisata sejarah, yaitu candi Ngawen.

Udah hamper 21 tahun hidup di Magelang, gue baru tahu kalo ada candi satu ini. Mungkin banyak orang juga kurang tahu tentang keberadaan candi ini. Orang-orang hanya tahu tentang candi Borobudur, Mendut aja. Itu aja, mereka cuman tahu kalo Borobudur ada di Jogja. Itu salah Men… Gue perjelas yak, Borobudur bukan terletak di Jogja, tapi di Semarang, *Plak*. Borobudur itu ada di Magelang, Jawa Tengah.

Setelah browsing-browsing, gue sedikit ada gambaran lokasi candi Ngawen. Candi Ngawen terletak di desa Ngawen, kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Ya, kira-kira 8 KM dari Candi Borobudur. Yang jelas, masih di Bumi Menn…

Sebenarnya di Magelang banyak banget situs sejarah seperti candi. Mungkin masih banyak candi yang terkubur di tanah. Jujur aja, banyak banget orang yang nemuin candi ketika mereka lagi menggali tanah, tapi mereka lebih memilih diam. 

Pagi itu, langit mendung banget, seperti hati gue, ciye. Tapi, kalo urusan traveling, ya tetep lanjut donk. Jam 9 pagi, gue pergi ke lokasi. Gue belum tahu lokasi tepatnya, cuman tau area terdekat candi aja.


Sampe di sekitar Candi, gue cuman bisa mengandalkan GPS. Untung aja, GPS dapat dipercaya, enggak pernah mengkhianati hati gue. *gagal fokus*

Setelah mengikuti GPS, akhirnya sampe juga di Candi Ngawen. Gue cuman bisa mangap-mangap setelah melihat candi  Ngawen. Keren banget. Ternyata ada candi selain candi Borobudur.

Gue langsung masuk ke dalam, dan menemui penjaga yang ada. Alhamdulilah, gue diperbolehkan mengunjungi candi. Yangterpenting gue enggak bayar meen, gratis. #MEntalAnakKos.


Candi Ngawen sebenarnya adalah candi bercorak Budha, seperti candi Borobudur. Di sini terdapat 5 bangunan Induk, tapi cuman 1 candi aja yang masih berdiri. Sedangkan 4 lainya udah tinggal puing, kaya hati aja yang baru hancur gara-gara, ah sudahlah.

Candi Ngawen juga dikelilingi sawah yang hijau. Kesan romantis terasa disini. Setelah observasi, gue foto-foto. Enggak mungkin kan kalo gue enggak mengabdikan moment kayak gini.
*patungnya lucu

Setelah capek, dan batre kamera juga udah low, gue pamit kepada pak satpam. Langit udah mendung banget, bahkan di Borobudu udah hujan, kata temen gue.

Traveling, enggak perlu jauh. Kadang kita belum pernah mengunjungi objek di sekitar kita. So, gue saranin, ketika kalian masih muda, travelinglah. Enggak usah nunggu sampe punya duit banyak. Ketika kalian masih punya waktu, travelinglah. Jangan sampai menyesal. Ketika kalian udah punya duit banyak, kadang kalian merasa enggak punya waktu. Ketika  kalian udah punya waktu, dan punya uang, kalian udah sangat tua, udah sakit-sakitan, enggak bisa traveling.


Traveling 668006687201884975

Post a Comment

Hargailah penulis dengan meninggalkan jejak. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. No SARA. Jangan komentar sesat karena Blog ini juga dibaca anak-anak dan umum. arigatou

emo-but-icon

Home item

dapatkan update

Random Posts

Blog Archive

Statistik

free web hit counter

Followers