Thursday, October 2, 2014

Wejangan Sesat buat Yang lagi Broken Heart





Welcome Oktober… good bye September. Wake me up when September ends. Enggak kerasa ya udah bulan baru. Hati juga udah baru donk, masa hati masih lama. Akhirnya gue bisa ngisi blog gue ini lagi. Harap maklum kesibukan gue magang membuat gue jarang ngeblog. Gue terlalu sibuk bikin perangkat pembelajaran, bikin soal remidi, bikin soal ulangan, dan sibuk mikirin kamu. #Eaa.

Alhamdulilah, disela-sela waktu magang, gue sempetin buat ngeblog. Rasanya ada yang kurang aja kalo enggak ngisi blog. Sebulan enggak ngisi blog itu  bagaikan malam tanpa bintang, panas tanpa hujan, dan aku tanpa senyum kamu. #Eaa


Untuk mengawali postingan di bulan baru ini, kali ini gue akan ngebahas tentang patah hati, korban kejahatan perasaan, yang bikin nyesek. Jadi beberapa hari kemarin, gue iseng-iseng cek email. Maklum, gue punya 3 email. Maaf ya, bukannya mau sombong. Tapi ketiga email masih aktif kok. Email jaman SMP, SMA, dan kuliah. 

Jadi kemarin gue cek email. gue shock, ternyata ada orang yang ngirim email ke gue. Biasanyague enggak pernah dapet email kecuali dari SPAM FB, dan SPAM iklan, hina banget. Daripada kelamaan, langsung aja, kayak gini emailnya.


(gue edit sedikit)
Assalamualaikum Bang Mahasiswa Punya Cerita, kenalin namaku Mawar (nama disamarkan). Aku  seorang mahasiswi tingkat 2 di sebuah universitas  negeri di Indonesia. Aku mau curhat bang. Aku baru aja broken heart. Aku baru aja putus sama pacarku. Aku dan mantanku udah pacaran sejak SMA. Hubungan kami  udah berjalan hampir 4 tahun. Aku dan pacarku terlibat LDR. 

Semula hubungan kami baik-baik saja, tapi semua berubah semenjak kehadiran si Melati (nama disamarkan), gebetan mantanku sewaktu masih SMP. Si Melati ini juga temanku.  Pada suatu hari, si Melati ini tiba-tiba saja message mantanku, minta nomer hape mantanku. Setelah beberapa hari, mantanku baru bilang kalau dia udah memberikan nomer hapenya kepada si Melati. Akupun memaklumi saja. Tapi hari demi hari akui merasa ada yang kurang. Mantanku jarang mengirim sms ke padaku, jarang menelponku. Kalau aku lagi ngambeg, dia malah cuek. Akupun mulai curiga, akhirnya setelah beberapa hari, mantanku baru ngaku kalau si melati sering main ke kos mantanku. Si Melati sering  curhat tentang masalah pribadi.

Mantanku yang dulu pernah punya rasa dan sampe sekarang juga masih ada rasa , bersimpati kepada Melati. Aku yang jauh di sini cuman bisa mendengar curhatan mantanku tentang Melati lewat telpon. Hal itu membuat hatiku hancur, nyesek, remuk. Mantanku juga bilang kalau perasaannya kepadaku telah berubah.  Dia kembali sayang sama Melati. 

Akhirnya, akupun bolos kuliah dan pergi ke kos mantanku yang terletak di kota seberang. Aku hanya ingin meminta kejelasan hubunganku dengan dia. Aku sudah menunggu dan terus menunggu. Tapi  hasilnya sama saja. 

Tanpa memberitahu kedatanganku, akupun nekad  pergi. Niatku juga ingin memberikan kado ulang tahun kepada mantanku yang sebentar lagi ulang tahun. Sampai di kosan mantanku,  akupun mencurahkan semua isi hatiku. Aku meminta kejelasan hubunganku dengannya. Tapi, dia malah menceritakan Melati, melati dan Melati. 

Ketika aku meminta kejelasan, “lebih memilih aku atau Melati”, mantanku lebih memilih Melati. Hatiku hancur, akupun pulang ke kotaku dengan hati yang luka. Selama seminggu aku hancur, mau makan gak doyan, mau belajar gak konsen, akhirnya nilai semester ini turun drastis. Menurutmu aku harus gimana bang? Bagaimana mengobati hati yang luka ini bang? Makasih
*Mawar, 2014*

Oke… Makasih buat Melati yang udah mau nyempetin ngirim email ke gue. Maaf baru aja gue buka email dari elo. Langsung aja gue tanggepin masalah elo. Sebenarnya udah banyak kasus orang pacaran yang hampir mirip dengan kisahmu. Kasus munculnya orang ketiga dalam sebuah hubungan. Apalagi kamu jadi pelaku LDR. Dalam sebuah hubungan LDR, kesetiaan menjadi hal yang penting. “Yang pertama akan tergantikan dengan yang selalu ada.” 

Rasa males makan, nilai jadi turun, males mau ngapa-ngapain, tapi yang jelas jangan males bernafas, itu udah jadi hal normal bagi orang yang patah hati. Nih, gue kasih Tips dan wejangan buat ngobatin dan meringankan sakit beban di hatimu. Tips sesat buat yang baru patah hati. Langsung aja cek kidot:
1.   Anggap Aja Sebagai Jalan Terbaik Sang Pencipta


Percayalah bahwa yang terjadi di dunia ini enggak ada yang kebetulan. Semua udah diatur.  Manusia bernafas, manusia boker, manusia hidup itu udah diatur oleh yang Kuasa. Semua ketetapan dan takdir Tuhan adalah rencana  yang paling baik buat kita. 

Jadi dengan kejadian ini kamu jadi tahu sifat busuk dari mantanmu. Mantanmu  yang mudah tergoda dan ninggalin kamu. Coba bayangin aja kalau kamu masih pacaran dan nikah. Tiba-tiba cinta pertamanya datang dan ngajak kawin,  bisa-bisa dia ninggalin kamu atau kamu bakal dimadu. So, bersyukurlah. Emang awalnya sakit, tapi enak pada akhirnya. Ouch…

2.   Punyai Prinsip Pahlawan


Berhubung sekarang bulan Oktober, jadi udah sewajarnya jadi bulan para Pahlawan. So, kalian barisan Patah Hati,  milikilah jiwa dan semangat perjuangan para pahlawan. Emang apa hubungannya bulan Oktober, pahlawan, dan Patah hati? Kayaknya enggak ada deh. Bulan pahlawan kan bulan November. *dilempar laptop

Jika kita ingat semangat pahlawan, “Mati satu, tumbuh Seribu.” Yap begitulah semangat yang harus dimiliki para veteran dan pejuang barisan Patah Hati.
Jika mantan kalian mati satu, maka munculah calon mantan yang lain. Jadi enggak usah terlalu lama bersedih dan meratapi hubungan yang udah selesai. Masih banyak wanita di laur sana yang membutuhkan cintamu.

3.   Pacaran itu Gak Baik

Tau kan  hukum orang pacaran? Hukum mendekati Zina? Tau kan orang yang zina itu halal dirajam di alun-alun. So yang masih pacaran, putusin aja. #JombloSirik.

Kalo kelamaan pacaran, ibarat masakan, bumbu penikmat masakan udah kalian masukan semua. Dan endingnya karena kelamaan pacaran, habis deh bumbu penyedapnya. Jadi enggak heran kalo terlalu lama pacaran pasti akan ngalamin titik jenuh, rasa ingin mendua. 

Kalau kata mas Ibnu Yasin, penulis buku Membumikan Cinta, “Kejarlah Citamu, maka CINTAmu akan mengikuti.”

4.   Kamu Seperti Elang yang Bebas


Yap, bener banget. Kalau kalian putus dan patah hati, enggak perlu kelamaan bersedih. Dengan kamu putus dengan mantanmu, maka kamu akan menjadi burung yang bebas dari sangkarnya. Kamu akan bisa terbang bebas menembus awan, melewati siang malam.
Kamu akan bebas jalan sama siapa aja tanpa ada yang ngatur. Kamu juga bebas mau pergi dan main sama siapa aja tanpa ada yang cemburu sama kamu. So, tersenyumlah, hapus air matamu Nak… *pukpuk

5.   It’s not The End, it’s just beginning


Sebuah perpisahan bukanlah akhir dari segalanya, tapi awal sebuah lembaran baru. Awal yang baru dalam sebuah catatan hidupmu. Ingat juga bahwa setiap perpisahan akan digantikan dengan pertemuan. Setiap kedukaan akan digantikan dengan kebahagiaan. Setiap kejadian pasti ada hikmah yang Tuhan berikan. 

Iya, gue juga pernah ngalamin halo serupa juga. Percayalah pasti ada obat di setiap penyakit termasuk hati yang luka. Obatnya adalah temukan orang yang bisa membuatmu lupa kalau kamu pernah sakit hati. Seperti yang gue bilang, setiap perpisahan akan digantikan dengan pertemuan. Kamu akan nemuin orang yang akan menghapus air mata dipipimu.


Gue juga percaya kalau bakal ada orang yang bisa bikin gue lupa kalau pernah broken heart. Iya, keluarga KKN gue udah bikin gue lupa kalau gue pernah broken heart, Akhirnya setelah KKN gue bisa balik normal dan kembali ke titik awal lagi. 

Yap, kayaknya itu aja tips dari gue. Semoga kalian Laskar Patah Hati tetep kuat. Karena kalian Bakoh, strong, kuat kayak baja. Tetep semangat, jangan pernah putus asa. Makasih udah baca tulisan gue,. Maaf gue udah capek nulis, cukup ini aja yak. Welcome Oktober….. Sayonaraaaaaa….

3 comments:

  1. tipsnya joss gandos banget ini. memang patah hati bukan akhir segalanya, justru awal untuk memulai yang baru. eaaaa...


    salam kenal mas :)

    ReplyDelete

Hargailah penulis dengan meninggalkan jejak. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. No SARA. Jangan komentar sesat karena Blog ini juga dibaca anak-anak dan umum. arigatou