Kuliah Salah Jurusan?





“Kok kuliahnya sulit banget ya? Beda kaya SMA dulu”
“Kok jadi males ngampus ya?”
“Kenapa Nilai kuliahku kayak nada?”
“Kenapa harga gorengan enggak turun?”
“…”

Pernah ngalamin hal kayak di atas? Pernah ngalamin hal yang sama? Selamat berarti kalian mengalami sindrom salah jurusan. Oke, berhubung malem ini malem Jumat, besuk hari Jumat. Ini penting banget. *dilempar monitor


Malem ini gue ingin  posting tentang dunia kuliah. Udah lama enggak ngeposting dunia perkuliahan. Besuk gue juga enggak ada jam ngajar,jadi malem ini gue mau ngeblog. 

Gue sadar, gue udah bukan MABA lagi. Sepertinya gue udah mendekati mahasiswa tingkat akhir. Beberapa minggu ini gue sempet shock ngeliat timeline. Bukan karena Si Om JonRa ngepost di TL, tapi gue kaget temen-temen gue udah pada wisuda. Iya, temen-temen SMP udah wisuda, udahh pake toga. Bahkan ada temen gue yang udah punya anak. Waktu serasa berputar cepet banget. kayaknya kemarin masih sibuk main bareng, eh sekarang udah pada wisuda.

Oke, backto topik. Ya biarlah mereka lulus duluan, besuk gue pasti akan menyusul mereka. Malam hari ini gue akan berbagi mengatasi masalah Salah Jurusan. Oke, cek Kidot.

1.   Pindah Jurusan


Solusi pertama dan yang paling simple bagi mahasiswa yang salah jurusan adalah pindah jurusan. Ya ibarat elo pacaran dan tau pacar lo hobi banget selingkuh, solusinya ya putusin dan pindah ke lain hati. 

Bagi mahasiswa baru, sebelum kalian ngalamin salah jurusan yang akut, lebih baik pindah jurusan kuliah aja sesuai dengan minta dan bakat kalian. Sebelum kalian ngalamin salah jurusan di tingkat akhir dan kalian bingung mau ngapain.
Bagi kalian Mahasiswa senior, kalau pindah jurusan kayaknya sayang banget. udah mau skripsi, ngalamin sindrom salah jurusan. Oke, kayaknya tips pindah jurusan ini enggak cocok buat mahasiswa senior/ mahasiswa tingkat akhir. *dilempar monitor.

2.   Bikin Motivasi Sesat


Tips ngatasin salah jurusan adalah selalu bikin motivasi diri sendiri. Iya, kayak motivasi “Jodoh Kita Ada di Jurusan Ini.” itu yang paling simple dan bikin semangat.  Bagi mahasiswa salah jurusan, ketika sedang enggak mood, setelah ingat kalau Jodoh ada di jurusan yang sama, pasti bakal semangat kuliah dan rajin ngampus. Iya, jodoh itu masih misteri, so, tugas kita nyari di mana dan siapakah yang cocok jadi jodoh kita. 

Dengan motivasi kayak gini, orang bakal lupa sama yang namanya salah jurusan. Didunia ini enggak ada yang kebetulan, rejeki, usia, jodoh itu udah diatur. Kenapa gue ada disini ya? Jangan-jangan Dia jodoh gue? Jangan Tuhan menakdirkan calon pendamping gue di kampus ini. *Khayalan tingat Tinggi mengalun.

3.   Ingat Yang ada di Rumah


Bagi kalian yang ngalamin Salah jurusan, selalu ingat yang ada di rumah. Inget bokap, nyokap, kakak, adik dan keluarga kita yang selalu tersenyum ngeliat kita memakai Toga.

Jangan sampe membuat mereka kecewa, jangan pernah bikin mereka nangis gara-gara kita salah jurusan. 

Saat kalian ngalamin salah jurusan, coba deh lihat udah seberapa jauh kalian melangkah. Udah berapa banyak duit yang dikeluarkan bokap nyokap buat bayar kuliah, bayar kos-kosan, dan bayar gorengan?
So,Tetep semangat aja.

4.   Bersyukur

Oke, buat kalian yang salah jurusan, cobalah perbanyak berterimakasih dan kurangi mengeluh. Inget, pas kalian ikut SNMPTN, udah betapa keras perjuangan kalian ngalahin ribuan bahkan ratusan ribu calon mahasiswa. Inget, udah berapa banyak air mata calon mahasiswa yang gagal SNMPTN.
Kalian yang udah dapet kuliahan, masa harus mengeluh.

Inget, Gagal SNMPTN itu lebih nyakitin dari ditinggalin mantan. Disakitin mantan, kalian bisa move on, bisa nyari yang lain kapanpun kalian mau. Tapi gagal SNMPTN, butuh waktu setahun agar bisa ikut lagi. *curhat

5.   Rubah Mindset 


Tips yang terakhir dari gue buat kalian yang merasa salah jurusan,  ubahlah mindset kalian tentang salah jurusan. “Kenapa gue harus disini? Kenapa gue harus kuliah di jurusan ini? kenapa harga tempe sekarang 1000 rupiah? “
Buang semua pikiran dan mindset kayak gitu.  Bikin mind set yang baru dan menantang kayak:

“Gue bukan Salah Jurusan, Tapi Jurusan yang salah memilih gue”  

*Gubrak* *dilempar LCD*

Oke, itu aja postingan dari gue. Mohon maaf bila ada kata yang berkenan dan kata yang menyinggung mahasiswa tingkat akhir. Sekedar mengingatkan kepada kepada mahasiswa tingkat akhir, “Udah sampe Bab Berapa? Kapan lulus? Udah dapet judul apa belum? Besuk kalo Wisuda udah punya temen yang diajak foto apa belum?” *dilempar laptop
Comments