Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Biola bagi Pemula



Hellow.. hellow.. Genki desuka? Pie kabare Broh? Alhamdulilah bulan Maret hampir berakhir, sebentar lagi memasuki bulan April. Kayaknya udah lama enggak ngepos di blog ini. Maklum karena kesibukan kuliah, jadwal padat mendekati semester tua. Yang jelas kemarin juga lagi sibuk kerja sampingan. Beberapa waktu ini lagi rame kampanye pemilu, gue kerja ngebantu tukang tambal ban. Tugas gue cuman nyebar paku di jalan. Hahaha, enggak, just kiding. Boro-boro mau ngeliat orang kampanye, pulang dari kampus aja udah malem, gimana mau nonton orang naik motor sambil bawa bendera. Yang bikin aneh itu kenapa mereka enggak bawa bendera Slank ya? (=,=”) biasanya kan bendera Slank selalu ada di mana-mana. Di konser dangdut, ada bendera slank, di konser musik pop, rock, regee juga pasti ada bendera Slank.


Oke… berhubung Senin besuk tanggal merah, dan gue juga dapet long weekend, so gue mau ngisi blog ini. Kali ini gue enggak akan ngebahas tentang pesawat MH Malaysia yang sampe saat ini belum ketemu. Hahaha, Mungkin aja, tanggal 1 besuk udah  kembali dan Pilotnya bakal bilang, “April MOP”. Hahah, semoga aja.


Kali ini gue akan ngebahas tentang hobi baru gue. Seperti postingan beberapa waktu lalu tentang hobi baru. Yap… tepat sekali, gue akan ngebahas tentang biola. Yap… gue akan sekedar share pengetahuan tentang biola.

Gue sadar kalo kalo masih sedikit orang yang main biola, orang masih awam tentang biola. Setidaknya masih banyak pemain gitar, piano, dan bekel daripada pemain biola. Hahahhaha… Meskipun baru beberapa minggu main biola, gue udah sedikit tau biola, mana biola yang baik buat pemula, tips dan trik beli biola. Soalnya kemarin pas gue mau beli biola baru, gue nyari di Mbah Google masih sedikit pengetahuan tentang biola. Jadi akhirnya kemarin gue beli biola eh… gue kecewe. Kualitas biolanya buruk banget. Kualitas kayunya lumayan, lumayan buruk. Tuning padnya longgar. Jadinya senar biola kendor terus. Akhirnya biolanya gue jual lagi dan gue beli lagi. Oke.. biar kalian enggak bernasib sama, gue akan share tips memilih biola bagi pemula. Langsung aja chek it out

1.   Ukuran Biola


Hal yang kudu diperhatikan sebelum beli biola itu ya ukuran biola. Ada beberapa jenis ukuran biola, ada 4/4=1, 3/4, 2/4=0,5, dan lain-lain. Buat ukuran dewasa, gue saranin ¾ atau 4/4. Enggak mungkin kan biola 4/4 buat anak usia 2-3 tahun. <--_>. Kalo kemarin gue beli yang 4/4.

2.   Kualitas Kayu
Hal yang kudu diperhatikan adalah kualitas kayu.  Terbuat dari kayu apa biola yang pingin loe beli. Apakah dari kayu jati, kayu mahoni, kayu cendana, ataukah dari kayu pohon beringin. Hahhaa. Yang jelas apakah kayu pada biola keras atau enggak. Soalnya, kalo kayu enggak keras bisa-bisa jebol tuh biola. Tau sendiri, senar biola itu sangat tegang, lebih tegang dari anumu :p. Biasanya kalo kualitas kayu buruk, bagian pengait senar bakal gampang jebol. Terlebih lagi produk lokal.

3.   Tuning Pad


Tuningpad itu buat ngencengin atau ngendorin senar biola. Biasanya terbuat dari kayu. Tuning pad pada biola beda sama tuning pad gitar. Kalo pada gitar kan udah pake gear kayak tamiya. Jadi tinggal diputer dan sulit kendor.
Biola itu lebih sensitif. Jadi senar biola langusng diiket di tuningpad. Cek, tuning pad gampang kendor/ gampang balik ke posisi awal atau enggak. Pengalaman, kemarin biola udah distem akhirnya kendor lagi. kayaknya biolanya udah enggak perawan deh. =.=” 
*Tuningpad Micro

Selain tuningpad makro, pastiin kalian beli yang ada tuning mikronya. Fungsinya apa Nu? Fungsinya sama kok buat nyetem biola. Buat ngendorin atau ngencengin senar biola. Biasanya, kalo pake makro itu susah ngepasin nada ½. Tuning makro itu sensitif banget. Kayak cewek. Diputer dikit aja udah beda 2 nada. So, perlu tuning mikro buat ngepasin.
Pengalaman pertama beli biola lokal, enggak ada tuning mikronya. Jadi buat nyetem susah banget.

4.   Bridge


Bridge? Jembatan Nu? Dibiola ada jembatan? Hahaha. Iya. Emang namanya Bridge. Untung aja bukan kartu Bridge.  Di biola ada bridge. Bentuknya  setengah lingkaran.  Bridge di biola emang enggak ditanam / di kasih bantalan kayak gitar. Bridge pada biola cuman  diletakan begitu aja dibawh 4 senar.
Ketika beli, pastikan bridge enggak nakal.  Nakal? Emang Kimc*l? maksudnya bridge gampang diletakan di biola. Pengalaman pertama kemarin beli biola, bridge bisa lari sendiri. Pas  lagi nyetem biola, tegangan senar kuat banget. Biola licin, akhirnya bridge bisa terlempar dengan indahnya. Hahahah.

5.   Bow dan hairs


Bow itu alat buat gesek biola. Biasanya pada bow terdapat rambut-rambut kayak ekor kuda. Emang dari ekor kuda kok kalo yang mahal. Tapi hair yang murah sekarang ini terbuat dari simTESTIS. Eh maksud gue sintetis. Pas beli biola perhatian kondisi bow dan hairsnya. Kendor apa enggak.Terbuat dari sintetis atau senar pancing. Hahaha. Pas pertama beli pastikan biola enggak bunyi pas digesek. Lho kenapa nu? Soalnya Biola baru bisa bunyi pas digesek itu ketika hairs bow digosok pake rosin.
Pengalaman pertama beli biola kok enggak bisa bunyi pas digesek. Ternyata hairs bow kudu digosok dulu (---_____-----‘) norak banget.

6.   Merk


Lha ini yang paling penting. Merek biola mempengaruhi. Apakah biola buatan lokal ataukah biola import. Kebanyakan biola yang dijual di toko-toko musik itu biola buatan china. Ya soalnya yang paling murah, dibawah 1 juta biola china sih. Gue kan baru pemula jadi pake yang standar dulu. Kalo udah lincah baru beli yang pro. Hahaha. Beberapa merk biola rekomendasi buat pemula ada Cremona, ada cavaliers. Tapi semua tergantung budget kalian kok. Hahaha… gue sebagai anak kos ya beli yang dibawah sejuta. Itu aja gue harus puasa biar bisa beli hahah. #AkuRapopo


7.   Kelengkapan


Beli biola itu juga harus dicek kelengkapannya. Ada STNK dan BPKB atau enggak. Hahah, emang motor. Beli biola itu harus lengkap. Kelengkapan biola ada Hardcase atau tempat biola, Rosin, Bow, dan Bridge. Kemarin gue pas beli biola yang terakhir dapet bonus bridge yang agak beda. Bridhe buat main cepet gitu.








Oke… gue rasa cukup ini aja postingan diakhir bulan ini. Semoga bisa memberi   pencerahan buat kalian yang pingin beli dan pingin belajar biola. Biola itu sepertinya sulit-sulit gampang. Yang jelas biola itu rewel banget. Makanya kebanyakan pemain biola itu cewek. Mereka lebih sabar dan  lebih berperasaan daripada kaum adam.
nih, video permainan biola gue. maaf kalo hasilnya hancur, maklum ini gue masih pemula, ini permainan gue 3 minggu setelah beli biola.




Makasih udah baca tulisan gue ini. Happy long weekend and welcome April. Tunggu tulisan gue selanjutnya. Bye..bye…
Comments