Thursday, October 17, 2013

Tips Ngajak Kenalan di Bus





Konnichiwa Minna…
Ogengki desuka? Piye kabare rek? Gimana sate kambing kalian? Gimana tekan darah kalian? Gimana masih Jomblo kah?
Lupakan kata-kata gue yang terakhir.  Enggak terasa udah masuk pertengahan bulan Oktober. Padahal kemarin baru aja hari raya Qurban dan belum sempet daging Qurban dimasak, gue harus bali ke kosan. Huft… nasib anak kos. Tapi… sampe di kosan gue dipakasa makan daging kambing sama Mbah Kos selama dua hari. Kamfret… keesokan harinya gue enggak bisa boker. Nyesek banget…

Kemarin sebelum balik ke kampung halaman, gue dan anak-anak kos ngadain acara tahunan anak kos. Bukan acara mabok-mabokan sambil nyewa cewek di bar, tapi belajar berbagi. Gue sebagai Ketua Kos sepakat buat iuran beli kambing. Dengan bantuan alumni anak kos, gue dan anak-anak kos berhasil beli kambing jantan, tapi bukan punya Raditya Dika. Setelah lunas, malem itu juga gue eksekusi kambing tadi. Kambing tadi disumbangin ke Pondok pesantren di daerah Klaten. Ya Rasanya seneng bisa berbagi. Enggak cuman hira-hura aja. Moga aja taun depan tiap anak kos bisa bawa satu kambing. #Amin.


*Kambing Jantan Udah lemes
*Bareng anak-anak kos 
Oke… lanjut ke topik permasalahan. Karena kemarin Timnas U-19 udah sukses, gue akan ngasih tips ngajak kenalan di bus. Eh.. Apa hubungannya kemenangan timnas sama kenalan di bus Nu? Enggak ada hubungannya kok.
Moment indah sekejap di bus itu digambarin kayak di FTV-FTV. Dimana si tokoh utama bakal duduk bareng cewek. Tanpa sadar… si cewek ketiduran dibahu si cowok. Setelah bangun, si cewek malu dan bahu si cowok udah banjir kena liur si cewek. Enggak terasa mereka berkenalan. Hari demi hari, si cewek ketemu sama cowok di bus yang sama. Akhirnya bibit-bibit rasa mulai tumbuh. Tiap naik bus yang sama, mereka selalu duduk bareng. Mereka saling kenal, dan mulai main ke kos masing-masing. Keesokan harinya mereka berdua ditemukan tanpa busana di kamar si cewek..
Oke deh… cukup dulu ngawurnya. Gara-gara keracunan FTV , jadi sampe kayak gini. Back to the topic. Pernah enggak kalian duduk di bus Dan temen duduk kalian lumayan ganteng atau cantik. Enggak mau kan kalo kalian cuman bisa bengong sampe mulut kalian jadi sarang lalat ngliat temen duduk kalian mainan gadget. Kalian enggak mau kan kalo cuman ngeliatin temen duduk kalian asik tidur sementara elu cuman bisa ngeliat pak sopir nyetir bus. Paling enggak perjalanan kalian enggak ngebosenin. Paling enggak ada temen ngobrol selama perjalanan.
Gue ini tipe orang yang enggak betah diem. Kalo di bus, gue sering hiperaktif. Kadang ndegerin lagu sambil jingkrak-jingkrak. Kadang-kadang kalo lagi bete sering main udel pake cuten bud.  Kalo lagi super bete, gue nulisin jok bus pake tipe-x, nulis salam-salaman. Hahah.. itu pengalaman jaman kecil gue. Enggak usah dicontoh. Selama di perjalanan jauh, gue harus ngobrol sama orang.
Oke aja, daripada kelamaan, gue kasih beberapa tips buat mulai ngajak kenalan di bus. Tips ini buat elu yang enggak berani dan bingung memulai percakapan dengan temen sebangku.
1.   Pura-pura nanyain Tujuan
Tips kuno dan udah jadi kebiasaan para penumpang bus. Dari jaman gue kecil ampe jadi mahasiswa, tiap mau ngajak ngomong pasti nanyain tempat tujuan. Pertanyaan simpel tapi mengena buat memulai pembicaraan. Gue juga sering memulai percakapan sama temen duduk gue dengan nanya
“Turun di mana?”
“Mau ke mana?”
“udah cebok belum?”
“…”
Setelah temen duduk kalian mau diajak ngomong, mulailah dengan obrolan ringan. Usahakan jangan memasang tampang kriminal. Bisa-bisa temen duduk kalian pergi dan elu dicap mau nyopet.

2.   Pura-Pura Nanya Jam
Tips ini simple tapi harus menyiapkan strategi yang matang. Jaman SMP dulu, gue sering banget ke Borobudur nyari turis. Untuk memulai percakapan sama bule, gue pura-pura nanyain jam. Alhasil si turis mau berkomunikasi.
Tips ini bisa dipake buat memulai percakapan dengan temen sebangku elu. Tapi elu jangan pake jam tangan. Enggak mungkin kan pake jam tangan tapi nanyin jam.  Enggak mungkin juga kan elu nanyain jam tapi punya hape. Tips dari gue, elu pura-pura ngelepas batre, terus pura-pura ngeset ulang jam di hape.
“Maaf…. Sekarang jam berapa… hape  baru aja di set..”
“Jam 10 kok..”
“Makasih”
“…”
Jangan lupa ucapin terimakasih. Setelah itu, balik ke poin pertama. Tanyain tujuan dan asal. Dengan seperti itu pembicaraan akan dimulai.

3.   Pura-Pura Ngejatuhin Barang
Tips selanjutnya adalah jatohin barang. Kayak di Pilem-pilem di Indosiar, untuk kenalan sama orang harus ngejatuhin barang seperti sapu tangan. Terus dia bakal ngliat dan ngambilin buat kita. Akhirnya kenalan deh.
Di bus, kita bisa mengaplikasikan ini. Lu pura-pura ngejatohin barang. Biar terkesan enggak kayak di FTV-FTV, lu pura-pura ngejatohin hape, Ipad, Tablet. Usahakan barang yang lu  jatuhin tepat di bawah temen duduk lu. Elu berusaha ngambil tapi enggak bisa. Secara reflek, temen duduk bakal ngambilin buat kita. Setelah itu, jangan lupa ucapin terimakasih dan balik ke point pertama.
Ato bisa aja lu pura-pura tidur sambil ngejatuhin barang kayak hape. Lu pura-pura enggak tau. Kalo temen duduk kalian baik hati dan pengertian pasti bakal ngambilin buat elu. Tapi kalo temen duduk kalian khilaf, bisa-bisa barang kalian dimasukan tas. Hal ini bisa jadi  penentu temen duduk kita cocok jadi temen temen hidup kita ato enggak.

4.   Pura-Pura Ngelempar Barang
Tips ini sedikit ektrem tapi kalo berhasil maka kegantengan dan kejantanan kalian meningkat 80 persen. Maksudnya ngelmpar barang di bus itu gimana Nu?
Gini, di bus pasti ada tempat naruh tas atau barang di atas tempat duduk kan.  Berdasarkan pengamatan gue kemarin, lu taruh tas kalian yang cukup besar di atas. Usahakan dipasang dalam posisi yang enggak stabil. Jadi agar bisa jatoh saat bisa jalan atau terkena goncangan.  Setelah tas mau jatoh, usahakan elu reflek buat nangakap tas yang mau jatoh tadi. Kalo kalian berhasil,  dia bakal berterima kasih sama elu. Elu bisa memulai percakapan. Tapi… jangan sampe elu gagal nangkep tas yang jatuh tadi, apalagi sampe ngenain temen duduk kita. Bisa-bisa temen duduk bakal marah dan illfeel.
Jangan gunakan barang-barang yang berbahaya kayak tabung LPG, CPU sebagai barang yanga kan kalian jatuhkan dari atas. Bisa-bisa kalian digampar dan dirajam sama seluruh penumpang bus.

5.   Jangan Nanya Aneh-Aneh
Setelah lu berhasil memulai percakapan, mulailah membangun percakapan yang santai tapi asik. Jangan tanya hal-hal yang bikin illfeel. Pernah terjadi, temen yang diajak ngobrol ilfeel dan memilih pindah tempat duduk.
Jangan menayakan pertanyaan yang enggak penting kayak:
“Pembantu kamu cantik ya…?”
“Bapak kam tukang santet ya?”
“Kok sendirian? Pacarnya mana?”
“Mau enggak jadi pacar ku?”
“Tadi cebok pake tangan kanan atau kiri?”
“…”
Pasti temen duduk kalain bakal pindah kursi, atau bakal teriak-teriak histeris minta diturunkan di jalan.  Ajukan pertanyaan yang nyante. kalo udah terbawa suasana baru ajukan pertanyaan yang mendalam.

6.   Lemparkan Senyum Termanis
Senyum adalah ibadah, ibadah membawa berkah. Gimana rasanya  kalo ada cewek cantik tersenyum sama elu, atau ada cowok macho senyum-senyum sendiri? Pasti dianggap homo dah. Enggak lah, pasti kita bakal senang.
Terbukti banyak orang yang tertarik karena senyuman.  Sampe-sampe Si Noe Letto bikin lagu tentang SENYUMANMU. Ya kayak gitulah, dahsyatnya orang tersenyum.
jangan lupa lemparkan senyum manis kepada temen duduk kita. Usahakan panjang bibir 3 cm ke kanan dan kekiri. Setelah temen duduk kita membalas senyum, kembalilah ke point pertama untuk memulai percakapan.
Oke deh… cukup ini dulu aja tips dari gue,. Gue yakin tips kalian yang udah profesional bakal ngeskip tips di atas.  Tips ini sengaja gue tulis buat para cupu-cupu yang enggak berani  memulai percakapan atau mereka yang susah dalam memulai komunikasi…
Arigatou Gozamasu… makasih udah mau baca tulisan gue. sampe jumpa lagi di tulisan gue selanjutnya.

6 comments:

  1. Pernah kenalan sama cowok. Aku duduk deket jendela.. dan pas hari itu, hari pengunguman kelulusan anak SMA gitu, pas lewat garut rame, banyak anak SMA. Cowok di sebelah aku itu penasaran kali, terus liat liat ke luar, otomatis mepet-mepet gitu kan ya ih, agak sebel sih ._. tapi abis itu dia ajak ngobrol. Lumayan asik orangnya. Kita sama-sama suka nyanyi.. sampe di bus nyoba featuring. Untung gak disangka ngamen xD

    < curhat

    ReplyDelete
  2. Kayaknya jago ngegebet anak orang di bis nih XD

    ReplyDelete

Hargailah penulis dengan meninggalkan jejak. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. No SARA. Jangan komentar sesat karena Blog ini juga dibaca anak-anak dan umum. arigatou