Monday, October 28, 2013

Sumpah Pemuda atau Sampah Pemuda



“Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.”
“Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia”
“Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.”

Alhamdulilah bisa nyempetin ngepost blog meski banyak tugas yang memperkosa. Masih banyak deadline tugas dosen dan laporan praktikum yang memanggil-manggil nama gue. Oke, tepat hari ini adalah hari Senin dan seminggu lagi bulan Syura. Trus apa hubungnnya? Enggak ada kayaknya.


Kalian pasti tau kalo hari ini, tanggal 28 Oktober, tepat hari Sumpah Pemuda. Jangan sampe kalian lupa kalo hari ini adalah hari peringatan Sumpah Pemuda. Jangan keseringan mikirin Keabadian Jomblo kalian, jangan mikirin gagal move on,  sampe-sampe lupa kalo hari ini adalah hari yang bersejarah bagi Bangasa Indonesia.

Oke… di postingan kali ini gue bakal ngebahas topik yang berhubungan sama sumpah pemuda. Inget sumpah pemuda lho… bukan sumpah serapah, atau sumpah I love You, I need you.

Banyak dari generasi muda kita yang udah lupa sama hari Sumpah pemuda. Mungkin sumpah pemuda hanya tinggal sejarah di buku pelajaran sejarah anak SD aja. Itu aja kalo mereka inget tokoh-tokoh yang berjasa dalam sumpah pemuda. Coba  kalian masih inget enggak taun berapa sumpah pemuda terjadi? Sumpah pemuda dilakukan  saat Kongres apa? Siapa pimpinan Kongres tadi? Gue cocok sama Nabilah JKT 48 apa enggak?

Sumpah pemuda emang udah jadi masa lalu, udah jadi sejarah,. Tapi… jangan sampai semangat sumpah pemuda hilang dari anak-anak muda sekarang. Gue miris banget sama generasi muda jaman sekarang. Boro-boro tau sumpah pemuda,  sejarah bangsa Indonesia mereka aja enggak tau. Kakek gue, beda ayah beda ibu, beda buyut, Sebut saja Bung Karno pernah bilang,”Jas Merah”. Jangan sekali-kali melupakan Sejarah…

Oke lah… enggak apal sejarah enggak apa-apa, asal mereka tau sejarah. Oke lanjut ke topik. Gue prihatin sama generasi muda sekarang. Beberapa hari yang lalu gue sempet shock ngeliat film panas dari anak SMP di Jakarta. Kalian pasti juga udah pada tau ada anak SMP lagi berbuat mesum di kelas. Yang lebih miris lagi temen-temen cewek malah menonton dan mereka adegan panas tadi. Kayaknya hal mesum panas tadi udah biasa buat jadi bahan tontonan mereka. Kamprett… bikin ngiri aja. Gue aja masih betah ngeJomblo Bahagia sampe sekarang. Eh… anak belum tumbuh bulu aja udah ngelakuin hal gituan. Oke… lupain aja kata-kata gue barusan.
 *Inget orang ini? masa kecil kalian bahagia =.=

Ada lagi, kasus Tawuran pelajar. Biasanya anak STM , SMA bahkan Anak SMP. Mereka tawuran di tempat umum. Sumpah resek banget kan? Apa enggak ada kerjaan lain selain tawuran apa? Kalo mau tawuran mending di kantor polisi aja, daripada tawuran  di jalan dan ditempat umum. Ngeganggu kenyaman orang umum aja. Inget… kalian pemuda masih sekolah, duit masih minta ortu. Eh… malah tawuran, lempar-lemparan batu, lempar-lemparan botol. Coba aja kalo kepala kalian ketancap botol dan kalian dijemput malaikat maut. Lalu mayat kalian dibawa ke rumah, gimana perasaaan bokap nyokap yang udah bayarin sekolah? Kalian bakal mati sia-sia. Enggak usah peduli yang namanya gengsi dan solidaritas. Biasanya sesusia SMP dan SMA itu baru nyari yang namanya Jati Diri. Mereka bakal menjunjung tinggi yang namanya solidaritas. Jika ada temen geng diejek, pulang sekolah langsung tawuran. Sumpah… Najis banget kayak gini.
 *TAwuran, kurang mainstrem

Ada lagi… Generasi muda sekarang itu lebih suka mabok Miras Oplosan daripada mabok cinta . Katanya sih biar keren… biar kayak orang Bule-bule. Bule Zimbawe yang dibuang maksudnya. Bego banget… jangan disamakan miras di Indonesia dan miras bule. Di Eropa dan daerah yang jauh di katulistiwa itu sangat dingin. Jadi mereka minum Miras buat ngagetin badan. Mereka minum alkohol juga pake aturan. Mereka minum sedikit, paling banyak seperempat gelas doank. Lha… di Indonesia terletak di daerah tropis Broh… udara udah panas banget , jadi enggak usah minum-minuman alkohol. Udah panas, ditambah panas… ya kebakar lah. Aplagi  minum miras enggak aturan. Minum sebotol  sekaligus. Mampus… mampus sekalian.
 *Mabok mabok...

Masih banyak lagi hal negatif. Tapi sebagai generasi muda, gue sendiri dan kalian harus lebih ngehabisin waktu dengan kegiatan yang positif. Bukan positif hamil lho… Kegiatan postif itu banyak banget kok.  Kegiatan positit kayak ngebantu gue biar enggak Tuna Asmara, ngasih bantuan buat anak-anak kos yang kelaparan, ngesuplay gizi anak-anak kos kayak gue yang cuman punya stok Mie Instan sekardus.  Enggak kok… gue bercanda. Kegiatan positif dan bermanfaat kayak gini:


 *Baksos



*Berbagi tawa bareng Anak Yatim



 *sambutan Panitia Sunat MAsal

Masih banyak kegiatan positif yang bisa dilakuin. Sebagai seorang pelajar dan mahasiswa, cukup rajin belajar dan besungguh-sungguh dalam nyari ilmu. Jangan lupa pedulikan keadaan sekitar, bisa banggain Bokap Nyokap, keluarga dan bangsa, minimal itu.

 Buat Para Jomblo Ngenes, Jomblo Bahagia, Tunas Asmara, Fakir Cinta… enggak usah bersedih. Dengan semangat sumpah pemuda, kalian harus mengisi kekosongan hati kalian dengan cinta. Meski kalian Jomblo, belum punya pasangan…. Enggak usah khwatir. Sekarang kalian sekolah yang bener dulu,  kerja mapan , insyaallah jodoh kalain akan ngikutin kalian.  Gapailah cita-cita kalian. Gue punya Quote yang cukup membangkitkan semangat kalian.

“Gapailah CITA kalian, maka CINTA akan mengikuti kalian”

Tetep semangat. Mumpung masih muda, lakuin hal yang sesuai dengan cita-cita kalian. Enggak usah menyerah. Enggak usah peduli kalo ada yang bilang, “ Truk aja punya Gandengan, masa Kamu enggak punya.”  Cuekin aja. Jomblo itu bahagia. #CuciOtak.

Oke deh… cukup in aja dulu postingan dari gue. maaf kalo ada kata-kata yang vulgar. Ya ini apa adanya . Arigatou Gozaimasu. Gue ucapin lagi Selama Hari Sumpah Pemuda. Semoga generasi pemuda enggak Korupsi… Bye…

10 comments:

Hargailah penulis dengan meninggalkan jejak. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. No SARA. Jangan komentar sesat karena Blog ini juga dibaca anak-anak dan umum. arigatou