Thursday, June 13, 2013

Tips Waras SBMPTN 2013

Konnichiwa Minna… di hari yang cerah ini, untuk jiwa yang sepi (Kok jadi lagunya Peterpan), gue bisa hadir lagi untuk mengisi blog gue ini. Semakin hari tingkat kemalasan gue semakin meningkat, so gue jarang update blog gue ini.

Enggak kerasa udah heboh SPMB, SPMB itu bukan Seleksi Penerimaan Mama Baru, tapi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru,
kalo sekarang namanya SBMPTN. Kayaknya kemarin gue baru sibuk lari-lari nyari ruang ujian SNMPTN, eh enggak kerasa udah 2 tahun gue jadi mahasiswa. Waktu itu cepet banget berputar kayak ingus yang mau keluar, cepet banget.

Oke, kalo ini gue bakal share tentang tips-tips SBMPTN. Pasti banyak banget lulusan SMA yang nyiapain diri ikut SBMPTN, yang gagal SNMPTN undangan juga lagi nyari strategi, yang udah kuliah juga pingin ikut (lagi) gara-gara pilihan pertamanya gagal, dan yang Jomblo… nyari jodoh lewat SBMPTN.

Gue bakal share tips yang bisa kalian coba buat SBMPTN, gue yakin sehabis baca tulisan gue ini, MUI bakal ngeluarin Fatwa Haram dan blog gue bakal diblokir… enggak lah, tips gue ini udah mendapat Fatwa Halal dari BPOM. Daripda kelamaan, langsung aja ke tips-tips SuCKsess SBMPTN…

1. Jaga Stamina

Enggak cuman Seventeen yang bisa “Jaga Stamina” dan di bikin lagu, tapi kalian calon peserta SBMPTN juga harus jaga Stamina. Eh, harusnya “Jaga Slalu Hatimu..” , typo corect. Kalian enggak mau kan, pas hari H sakit dan kena Flu.. Kalian enggak mau kan pas lagi ngerjain tiba-tiba ingus kalian mengalir dengan sukses ke LJK, kalian juga enggak mau kan kalo Jupe kawin sama Gaston?

So, jaga kesehatan, makan-makanan yang bergizi saat mendekati hari H, dan menjelang hari H. kurangi begadang, kurangi hiburan malem kayak ronda, dan jaga lilin, yang jelas, istirahat yang cukup serta konsumsi vitamin.

2. Cek Lokasi
Ini tips sepele tapi bisa fatal. Sebelum hari H, kalian udah tau lokalisasi kalian tes, di ruang mana kalian duduk, dan di kursi mana kalian nyoret-nyoret LJK. Kalo kalian udah tau lokasi kalian duduk, kalian bakal tenang. Enggak akan gelisah, nagis, Galau, bahkan update status “Dimana ruangan ku? Aduh SBMPTN ini tak bertuan… aku Galau…”

Kalian enggak mau kan, pas Hari H, kalian belum tau lokasinya, belum tau ruangannya, enggak tau tempat duduknya. Bisa-bisa ketika semua lagi sibuk ngerjain SBMPTN, ente sibuk nyari kursi. Pas udah ketemu, waktu ngerjain tes udah selesai. Akhirnya hari pertama gagal dan enggak lulus SBMPTN, endingnya loncat dari lantai 3. Psiko..

3. Sarapan

Pas hari H, jangan lupa sarapan. Buat kalian yang diet dan jarang sarapan, kakak Wisnu saranin sarapan deh. Soalnya, otak kalian bakal diremas-remas selama sejam. Soal yang kalian hadapai enggak semudah soal UAN.

Sarapannya juga enggak usah kebanyakan, secukupnya aja. Yang jelas jangan makan yang dapat MERANGSANG perut kalian. Adik-adik enggak mau kan, pas lagi serius ngerjain SBMPTN, tiba-tiba kebelet BOKER. Pasti nyesek deh, waktu yang seharusnya dihabiskan ngerjain soal, malah kepotong buat Boker. Inget, waktu adalah Masa depan kalian. Hilang 1 menit saja, masa depan kalian juga hilang… dan anu kalian juga berkurang…

4. Enggak Usah Belajar

Wat the hell? Kok enggak usah belajar? Entar kalo enggak bisa ngerjaian gimana? Kalo enggak lolos SBMPTN gimana? Kalo Ditolak Nabilah JKT 48 Gimana? *nangis
Tenang, maksudnya enggak usah belajar pas malem sebelum ujian. Kalian seharusnya belajar hari-hari sebelum SBMPTN. Pas mendekati hari H, ilmu yang kalian pelajari harus udah di luar kepala, dan tercecer melalang buana menembus paha… Lanjut deh, malem hari sebelum ujian, kalian tidur awal aja biar otak kalian fresh. Kalo temen-temen gue dulu, malem hari sebelum ujian malahan pada main ke Malioboro, sesat banget kan.
Kalian cukup ngulang rumus-rumus dasar aja, yang lain tinggal ngembangin.

5. Cek Soal, Kode, Identitas

Point ini sangat sepele tapi bisa bikin kalian gagal SBMPTN. Pas eksekusi hari H, kalian harus teliti. Sbelum ngerjian, periksa dulu soal, apakah soal lengkap, apakah soal digigit tikus, apa soal ada tanda tanganya personil Cherry belle?
Kalo udah, periksa kode soal dan pastikan kalian menulis kode di LJK adik-adik masing-masing dengan benar. Periksa juga identitas kalian di LJK, apakah udah bener atao belum. Biasanya, mereka yang terlalu semangat ngerjain SBMPTN, bakal lupa ngisi kode soal dan identitas. Mereka memburu waktu, Coz waktu yang disediakan singkat banget.



6. Persiapkan Strategi

Dalam SBMPTN, enggak cuman kepintaran kalian yang diuji, tapi menajemen waktu kalian juga diuji. Enggak cuman LDR-an yang diuji, SBMPTN juga diuji. Biasanya dalam SBMPTN, kalo jawaban kalian bener bakal dapet point 1, salah -1, dan enggak dijawab dapet 0. Itu perlu kalian perhatikan. Tiap bagian mata pelajaran, biasanaya terdiri dari 15 soal. Setidaknya kalian bisa ngerjain 60 persen dan bener, insyallah kalian bisa lolos kalo kalian enggak kalah posisi. Kalo 60 persen kalian udah yakin bener, jangan terlalu berNAFSU ngabisin soal SBMPTN. Kalo kalian isi semua, tapi jawaban kalian salah, bisa-bisa nilai kalian minus, keren kan, kayak utang aja bisa minus.

Usahakan tiap mata pelajaran kayak IPA, Matematika Ipa, Fisika, Biologi bagi yang ngambil IPA, kalian kerjakan benar 60-70 persen dari tiap mapel.

Misalnya, matematika 15 soal, paling enggak 7-8 kalian harus bener. Kalo kalian ragu, mending dikosongin aja. Kalo mau pake teknik gambling Dewa Ranjang, eh maksud gue Dewa Judi, ya jangan terlalu banyak ngawur. Bisa-bisa nilai kalian minus kalo salah.

7. Bawa Weker

Jangan lupa bawa jam, bisa jam tangan, jam dinding, atau bawa jam Gadang aja. Waktu adalah jawaban. Gunakan waktu sebaik-baiknya, jangan terlalu fokus pada soal dan LJK. Sempetkanlah melihat jam. Dengan melihat jam, kalian akan bisa mengingat masa lalu kalian dengan mantan kamu… (cie.. yang gagal move on). Gue tunas asmara, lanjut deh. Diperkirankan, tiap satu soal menghabiskan waktu maksimal setengah menit. Jadi kalo kalian terlalu asik ngerjain, ngitung dan enggak ketemu pasti bikin nangis. Bagilah waktu sebijak kalian saat SBMPTN.

8. Berdoa

Kalo kalian udah mati-matian ngerjain, tinggal serahkan sama Allah. Insyallah akan diberikan hasil yang terbaik deh. Jangan berhenti berdoa, meskipun kalian udah yakin bener, dan udah siap kalo ketrima jadi mahasiswa, tapi adik-adik enggak mau berdoa, minta sama Tuhan, bisa aja adik-adik dicubit sama Tuhan. Kalian yang udah optimis, tiba-tiba pas hari pengumuman dinyatakan Gagal. Masalahnya cuman sepel, kalian salah pake pensil, harusnya pake 2B, kalian malah pake HB, bahkan ada yang pake 36 B. Lupain kata barusan.

9. Cari relasi
Nah ini point yang paling mendebarkan buat para Jomblo, Tuna Amara yang gagal Move On, atau korban LDR yang ingin menikung. Biasanya Tes SBMPTN dilakukan 2 sesi. Kalo hari pertama, biasanya TPA dan Kemampuan Dasar. Jadi ada waktu untuk istirahat. So manfaatin buat kalian nyari relasi. Siapa tau, kalian bisa tukeran informasi, tukeran jawaban, bisa jadi temen sekampus. Yang jelas, dapaet relasi.
Co: “ Eh Nomer 19 tadi kamu jawab Apa?”
Ce:” Kalo tidak salah jawabannya B”
Co:” Kalo nomer HP kmu?
Ce: *Struk ringan

Kalau enggak, cari topik pembicaraan lain, misalnya Mau kuliah di mana? Alamat di mana? Dari SMA mana?

Co:” eh Kamu Pilihan 1 dan 2 mana?
Ce:” Kalo pertama aku Ngambil kedokteran UGM, trus pilihan Kedua Kedokteran UNS, Kalau kamu?”
Co:” Kalo aku, pilihan pertama KAMU, dan pilihan Kedua Adalah Dirimu”( sambil Mimisan)
Ce:” (Langsung salto)

Oke, itu aja tips dari Prof Wisnu. Semoga bisa ngebantu kalian yang gagal move on, dan jadi semangat ikut SBMPTN. Semangat adik-adik yang gagal undangan, semangat para mahasiswa yang nyoba ikut SBMPTN (lagi), Semangat yang lagi nyari Jodoh, dan Selamat Sampe Tujuan, terima kasih pak Sopir, maaf mengganggu perjalanan anda sekalian… *Jren…Gugur Bunga mengalun… Ganbatte kudasai Minna… Sayonara…

8 comments:

Hargailah penulis dengan meninggalkan jejak. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. No SARA. Jangan komentar sesat karena Blog ini juga dibaca anak-anak dan umum. arigatou