Tuesday, May 21, 2013

Hidup Itu Fungsi Proses


“Jem.. nyontek donk PRnya..”
“Kerjain sendiri Jon.. usaha donk..”
“Nanggung,biar cepet…. Cepet dapet Kalpanak dari Dosen..”
“…”

Pernah enggak kalian ngalamin hal kayak gitu. Pernah enggak kalian pingin cepet-cepet dapetin apa yang kalian inginkan dengan praktis. Pernah enggak kalian nari Poco-poco di atas meja dosen?

Oh iya.. Konbanwa Para blogger yang berbahagia
kecuali yang lagi sedih, map gue baru aja nongol. Gue jadi jarang update blog ini, maklum banget kesibukan di dunia nyata yang engak bisa ditinggalin, kayak sibuk ujian kuliah, sibuk nebar paku di jalan, sibuk nonton debat Pilgub Jateng,, dan yang enggak bisa ditinggalin adalah kesibukan nonton Beritanya Arya Wiguna sama penyanyi dandut yang lebih mirip Alien, alien keracunan Donat.

Jujur aja, beberapa hari ini gue kaga bisa ngeblog, soalnya laptop gue lagi sakit. Internet enggak bisa konek, jadi enggak bisa streamingan nonton Maharani sama Fathanah. Kemarin windows 8 gue install dan gue ganti pake windos 7. Gue ngerasa banyak miss-nya pake windows 8. Wi-fi enggak normal, blututh kaga nyala, beh, lengkap udah penderitaan gue.

Oke, di bulan Mei yang penuh cinta ini, gue bakal postingan yang agak beda dari biasanya. Postingan yang lagi normal. Sebelumnya, hari ini gue dapet materi kuliah Fishitka. Meskipun gue anak kimia, gue masih tetep dapet materi Fisika. Niat gue masuk kimia biar bisa menghindar dari Fisika, eh enggak tauanya semakin brutal. Ibaratanya, udah berusaha ngejauhin mantan calon pacar, eh enggak taunya ketemu di kehidupan kalian lagi.

Hari ini, gue dapet materi kuliah Fisika yang membahas soal TERMODINAMIKA. Bagi anak IPA, pasti udah mual-mual kalo denger yang namanya termodinamika, bahkan ada yang sempet mau minum Kalpanak karena frustasi sama materi ini. Gue dapet materi tentang FUNGSI PROSES dan fungsi KEADAAN. Dari 2 kata ini, gue jadi dapet inspirasi buat nulis blog ini, selain dari penggrebekan Maharani di Hotel.

Sebelumnya yang belum tau apa itu fungsi proses dan fungsi keadaan, Prof Wisnu bakal ngasih tau nih. Fungsi KEADAAN adalah fungsi yang tergantung sama keadaan awal dan akhir saja, enggak tergantung pada jalannya proses. Sedangakan, fungsi PROSES adalah fungsi yang tergantung pada jalannya PROSES. MAsih bingung? Gue lebih bingung. Oke, gue kasih ilustrasi aja biar semakin bingung. Noh ilustrasi buat fungsi PROSES:

Jon, lengkapnya Jono lagi naksir sama gebetannya, Nia. Udah lama banget Jono mengincar Nia buat jadi pacarnya. Akhirnya Jono langsung nembak Nia tanpa persiapan. Langsung aja, Jono ditolak Nia, dan Jono langsung tiduran di atas rel. Setelah belajar dari bukunya MAk Erot, Jono tau, ternyata cara yang di pake salah. Jono mulai berubah. Dia mulai PDKT sama Nia. Dia mulai minta nomer hape dan sering SMS Nia meski dikacangin. Jono menghentikan SMS Gajenya. Udah beberapa hari Si Nia galau enggak dapet SMS dari Jono. Nia mulai SMS jono. Selain itu, Jono juga sering ngajak Nia jalan, ngajaka Nonton pilem, ngajarin kuliah Nia di kampus. Lama-kelamaan Nia terbawa suasana. Suatu hari, di bawah sinar lampu di parkiran kampus, Jono nembka Nia untuk yang ketiga kalinya. Tanpa nunggu harga BBM seliter cuman 1000, Nia mau jadi pacar Jono. Akhirnya mereka pacaran dan happy ending.

Kalo contoh fungsi KEADAAN:

Udah lama Jono Naksir sama Joni. Mereka udah bersama-sama semenjak Pak HArto masih belum lengser. HAsrat Jono untuk jadian sama Joni enggak bisa terbendung lagi. Akhirnya, Jono menyatakan perasaannya kepada Joni. Langsung aja, Joni menolak mentah-mentah pernyataan cinta Jono. Jono kecewa, Jono memilih dating ke Eyang Dubur untuk minta pellet. Alhasil, Si Joni berhasil di pellet Jono. Finally, Joni mau jadian sama Jono. FYI, nama lengkapa Joni adalah Jonia.

Oke, dari ilustrasi sesat diatas, apa yang kalian bisa ambil? Dapat disimpulkan, kalo kedua cerita di atas berakhir dengan Jono Punya pacar. Tapi apa yang beda? Oke, pinter banget kalian, Selamat dapet piala Adipura atas kecerdasan kalian. Yang beda dari kedua ilustrasi diatas adalah cara mereka mendapatkan hasil. Pada fungsi Proses, Jono harus melewati berberapa fase untuk mendapatkan pacara kayak PDKT-SMSan-Ngajakin jalan-Nembak-jadian. Sedangkan pada Fungsi KEADAAN hanya mementingkan hasil akhir aja tanpa melihat proses/ jalan.

Dari situ, gue dapat sebuah teori kehidupan. Hidup itu adalah fungsi Proses. Untuk mendapatkan yang kita inginkan harus melewati proses yang panjang. Butuh kesabaran dan ketangguhan untuk mencapai apa uyang kita inginkan. Kalo ingin kayak, ya harus kerja keras siang malam, banting tulang, koprol untuk mendapatkan sesuap Pizza. Kalo buat anak SMA, ingin masuk perguruan tinggi negeri ya harus usaha, nikmati prosesnya. Latihan Soal-soal SNMPTN tahun-tahun sebelumnya, ikut kursus bimbel, berdoa.

Hidup jangan jadi Fungsi keadaan. Hanya melihat hasil akhir saja, tanpa melalui jalannya proses. Ingin kaya, kok rela korupsi, nyogok orang pake duit Negara, sampe main sama ayam kampus di hotel dan ketangkep deh. Begitu juga, mau lolos SNMPTN kok dateng ke dukun buat minta pensil yang udah dikasih rajah, mau lolos SNMPTN kok pake jasa joki. Ya meskipun hasilnya kadang sama, tapi yang membedakan adalah lamanya atai daya tahannya. Ibarat orang ngapalin nama 10 calon pacar sama ngapalin 10 nama mantan pacar, pasati bakal lebih lama inget 10 mantan pacar.

Emang, kadang Fungsi Proses itu enggak enak, udah lama, kadang sering gagal. Enggak kaya fungsi keadaan, udah praktis, hasinya juga sama, tapi bakal lupa dan enggak tau dapat dari mana hasil yang kita dapat. YA inilah hidup, kadang berada di atas, kadang berada di bawah. Kalo kata Mak Erot, Hidup itu roda. Kadang di atas kadang dibawah, lantas mau nyerah gitu aja? Meski Roda itu berputar, tapi roda itu Enggak berputar sendiri ke arah tujuan, tapi kita sendiri yang memutar roda itu ke arah yang kita tuju.
Pokonya, nikmati aja PROSESNYA, dan tunggulah hasilnya.

Oke, gue kira cukup ini aja tulisan gue di bulan Mei ini. Arigatou gozaimasu udah mau baca tulisan gue yang agak normal ini. Sayonara, sampe ketemu lagi di tanggal 23 Mei.. :) Bye…

2 comments:

Hargailah penulis dengan meninggalkan jejak. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. No SARA. Jangan komentar sesat karena Blog ini juga dibaca anak-anak dan umum. arigatou