Thursday, April 18, 2013

Fakta-Fakta Random UJIAN di kampus

Hello again… akhirnya bisa nulis lagi deh gue. April udah hampir berakhir, UAN SMA juga udah selesai, meskipun masih ada UAN di beberapa propinsi yang di_PENDING. Sumpah, gue ngakak, masa ada ujian nasional dipending. Kayak operator seluler aja. Buat adik-adik SMP, Senin besuk udah UAN ya… enggak usah takut, UAN itu enggak nakutin. Lebih nakutin dikerjar-kejar ibu kos daripada UAN. Kakak yakin kalo adik-adik yang masih SMP bisa ngerjain UAN dengan sukses.

Beberapa hari ini, gue jarang banget update informasi. Bukan karena gue males dan apatis enggak mau tau kehidupan sekitar. Berita terakhir yang gue tonton tuh, kasus panasnya Eyang Dubur
, eh maksud gue Eyang Subur sama murid-muridnya. Sumpah, berita taun berapa itu.

Sebenarnya alesan gue enggak bisa update berita dan info ada 2, kayak:

1. Charge laptop Ketinggalan

Sumpah, pinter banget deh gue. Gue ke kos bawa laptop, tapi charge laptop ketinggalan di rumah. Ya udah, lengkap sudah deh penderitaan gue. Laptop harus mati suri selama seminggu deh dan gue jadi kurang produktif. Gue jadi engga bisa ngereTwiit twitnya pak SBY, gue juga jadi enggak bisa ngelike statusnya Nabilah JKT 48.

2. TV dikos Rusak

Udah seminggu ini TV bersama di kosan gue rusak. TVnya kagak keluar gambarnya. Udah dibawa ke tukang reparasi dan TV kos nginep selama 2 malem di rumah tukang reparasi TV. Setelah tiga hari, TV gue ambil lagi. Si tukang reparasi udah frustasi sama TV kos gue. dia udah nyerah, dan bingung sama penyakit TV di kosan.
Oke, karena temen kos gue baik hati, dia mau minjemn charge laptopnya sama gue. Sambil ngecas, gue nyempetin buat nulis blog gue ini.

Kali ini, gue akan ngebahas seputar UJIAN. Beberapa hari ini, otak gue diperas habis-habisan. Pikiran gue harus terbagi sama UJIAN, tugas dosen, Laporan, dan Nabilah JKT 48. Akhirnya gue melakukan riset kecil-kecilan selama seminggu ini. Judul riset gue adalah, “Fakta-Fakta saat UJIAN di kampus.” Daripada kelamaan, langsung aja, cek kidot.

1. Selalu Datang Lebih Awal


Gue selalu nemuin kejadian kayak gini. Biasanya saat ujian, mahasiswa bakal berangkat lebih awal. Misalnya aja, Si Parno adalah mahasiswa yang selalu dateng telat saat kuliah. Kalo ada kuliah jam 9 pagi, dia baru dateng 5 menit sebelum kuliah selesai. Berbeda sama temannya, si Marni. Dia selalu datang ngelahin satpam kampus. Dia selalu datang sejam sebelum kuliah dimulai. Saat ada ujian, Si Marni dateng ke kampus 3 jam sebelum ujian dimulai. Sampe di kelas, Marni shock, karena rekornya sebagai pendatang pertama di kelas direbut sama si Parno. Akhirnya si Marni loncat dari antai empat.

2. Selalu Nyari tempat duduk di Tengah.

Gue kadang-kadang juga nemuin dan sering banget ngalamin kejadian kayak gini. Banyak banget mahasiswa yang dateng pagi-pagi dan nyari tempat duduk di tengah. Jarang banget ada mahasiswa yang mau duduk berhadapan di depan hidung dosen. Si Parno adalah mahasiwa yang rajin, rajin ngabisin duit. Tiap kuliah, dia selalu duduk di depan sendiri. Alasannya biar bisa paham maksud dosen. Suatu hari dosen ngumumin kalo hari ini ada ujian. Pagi-pagi Si Marni datang ke kampus sambil membawa materi yang akan diujikan dosen. Sampe di kelas, kondisi kelas udah ramai, meski ujian baru dimulai 2 jam lagi. Marni shock, ngeliat Parno udah dateng dan duduk di tengah. Biasanya dia duduk di depan, tapi kenapa dia duduk di tengah, kenapa juga enggak duduk di belakang sendiri. Si Marni bertanya sama Parno. Ternyata, kalo ujian ya ahrus duduk ditenagh biar aman. Kalo duduk dibarisan belakang sendiri pasti bakal disurh maju ke depan sama dosen. “Posisi Menentukan Prestasi.

3. SMS Booking

Enggak sedikit mahasiwa yang selalu mengandalakan SMS Booking tempat duduk. Mahasiswa yang enggak bisa dateng pagi, selalu minta tolong sama temennya buat booking in tempat duduk buat dia. Enggak sedikit korban dari SMS booking ini yang enggak dapet tempat duduk yang strategis buat ujian kayak duduk di barisan depan sendiri.

4. Selalu Berebut Tempat Duduk

Dari jaman gue semester satu, gue selalu ngeliat pemandangan kayak gini. Enggak semester muda, enggak semester tua pasti selalu berebut kursi. Misalnya aja, Si Parno masih kuliah di di kelas. Tiba-tiba di luar udah banyak mahasiswa yang ngantri di depan pintu. Setelah jam kuliah berakhir, dosen meninggalkan kelas Parno. Saat beranjak dari kursi panas, Parno shock. Rombongan mahasiswa di luar tiba-tiba menyerbu ke dalam kelas kayak om-om hidung zebra ngejar-ngejar tante-tante. Ternyata mereka sedang berebut tempat duduk. Ada yang ngelempar tas ke tempat duduk. Sumpah, absurb banget.

5. Selalu nyimpen Slide PPT ke Hape Andiroid

Hayo ngaku siapa yang sering nyimpen slide materi ke hape trus dibuka kalo lagi ujian. Jaman sekarang udah canggih, hape Android kini berubah fungsi, yang dulu buat chating, sekarang jadi alat bantu presentasi, presentasi saat ujian close book. Slide PPT dari dosen, disimpen di hape terus di buka deh pas ujian. Kalo jaman dulu, PPT diprint seukuran layar hape Nokia 3310 terus dipotong-potong. Dan saat ujian dibuka deh.. hahaha. Semenjak adanya hape Android, mahasiswa jadi enggak usah ngeprint dan motong-motong print out PPT. Terimakasih Klinik Tong Punk…

6. Agresif PDKT sama yang Rajin

Kalo fenomena yang satu ini gue jarang nemuin. Mahasiswa yang mau ujian, pasti sebelum hari H, pasti sibuk PDKT sama temennya yang rajin. Iya, selalu nraktir makan, ngajak nonton, nyebokin pas lagi boker. *hoek…. Modusnya cuman, satu, berharap dapet contekan dan bantuan saat ujian.

7. Enggak Belajar Saat Open Book.

Mahasiswa terutama kaum hawa pasti lebih milih main PES ketimbang belajar buat ujian besuk pagi. Apalagi setelah tau kalo ujiannya sifatnya Open Book. Dalam pikirannya pasti,”Akh.. open book, pasti di buku ada semua, ngePES lagi bro sampe pagi”. Mahasiswa biasanya belajar malem sebelum ujian, bagi yang belajar. Tapi kalo sifat ujian open book, mahasiswa merasa lega meskipun kalo open book itu soal ujian seratus kali lebih sulit dan leboh banyak daripada yang sifatnya closed book.

Oke, gue kira cukup ini aja postingan di bulan April gue. Semoga menjadi inspirasi kalian saat ujian. Haha. Enggak lah. Ambil postifnya dan buang negatifnya. Oke, selamat hari Kartini Ya….

13 comments:

Hargailah penulis dengan meninggalkan jejak. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. No SARA. Jangan komentar sesat karena Blog ini juga dibaca anak-anak dan umum. arigatou