Loading...

Field Report: Bandung Punya Cerita

Konnichiwa!!! Gue balik nulis setelah disibukkan dengan segala urusan. Dari urusan gak penting seperti ngebantu tukang tambal ban, dan g...


Konnichiwa!!! Gue balik nulis setelah disibukkan dengan segala urusan. Dari urusan gak penting seperti ngebantu tukang tambal ban, dan gue ngebantu nyebar paku di jalan. Demi air kobokan di Aa’ Burjo, gue hrus nulis. Meski gue capek, gue harus menggalakan Gerakan Menulis Minimal 4 kali Sebulan. Ha???

Gerakan apa itu Nuk?

Itu lho, gerakan nebar paku di deket lampu merah Jogja... udah, lupaen aja. Lanjut aja. Kali ini gue akan kasih cerita soal perjalan gue ke Bandung. Gue penasaran, kalo kata guru SMP, Bandung terkenal sama Pilem Bandung Lautan.....
. (api). Hahah, oke, Demi menjaga keamanan dan keutuhan NKRI , langsung aja kita ke story.

Kemarin, kalo gue masih inget, Minggu tanggal 17 Februari gue pergi ke Bandung. Gue pergi bareng temen-temen Himpunan Mahasiswa gue. Gue pergi selama 3 hari perjalan. Gue berangkat dari Solo jam 16.00. Gue ngelayap ke Bandung dalam rangka studi banding aja sambil nyari pengetahuan. Itu alasan formal dari gue dan anak-anak yang lain. Alasan sebenernya sih pingin jalan-jalan aja. Gue ini ngikutin saran dari presiden RI. Pak Presiden sering bilang, “Visit Indonesia”. Dengan dasar itu, gue jadi bersemangat 69 buat ke Bandung. Gue pergi naik bis yang lumayan eksekutif. Soalnya bus yang gue tumpangin itu Baru. Baru dipake 3 kali sejak pembeliannya. Bis eksekutifnya kaya gini:

*Bus yg gue tumpangin

Magrib, sekitar jam 18.30, gue transit di Jogja. Tepatnya di daerah Gamping, gue berhenti buat makan dan Solat. Kondisi hujan mengguyur kota yang terkenal dengan Pasar Kembang, membuat suasana menjadi semakin panas. Soalnya, yang transit di sana gak cuma rombongan gue aja. Banyak banget anak-anak SD dan SMP ababil juga transit di sana. Selese Solat, gue langsung menyerbu stand makanan yang udah disiapin sama restoran. Banyak banget pilihan makanan yang harus gue pilih. Di atas meja ada Ikan Gurameh Bakar, Telor dadar, Daging sapi, oseng sawi, Kerupuk dan masih banyak lagi. Sebagai anak kos yang gak mau rugi, gue ambil semua yang ada di meja. Kapan lagi bisa makan komplit dan bergizi. Biasanya kalo di kos, cuman Indomie diremukin trus di kasih air anget.

*makan malem gue

*belakang gue banyak anak kecil
Selese makan, gue ngelanjutin perjalan ke Barat. Kondisi udah gelap, gue gak bisa liat keadaan di luar bus. Di dalem bus, gue cuman nonton pilem yang udah sering gue liat. Pilem horror tapi gak bisa bikin takut. Judulnya kalo gak salah “Kuntilanak Kebobolan” hahah, gue lupa film. Posisi gue ada pojok belakang. Karena jumlah cowok cuman ada 8, mau gak mau gue harus duduk di barisan belakang.

*gue duduk di pojok belakang kanan

Kebiasaan jelek gue itu kalo kenyang, gue langsung ngantuk. Bener banget, gue ketiduran. Gak terasa, gue udah nyampe di daerah Jawa Barat. Jam setengah 5, gue nyampe Rancaekek, Sumedang. Gue transit buat Solat, makan dan mandi. Nyampe sana, keapaesan mulai tercium. Karena udara dingin kaya di Magelang, gue menunda mandi. Gue liat jam di tangan masih menunjukan jam 04.30. Jam sarapan masih 2 jam lagi. Ngeliat temen-temen gue mandi, gue jadi pingin mandi. So gue langusng ke tempat mandi yang adad di samping rumah makan transit. Oas gue masuk ke kamar mandi, gue nyalain kran air. Gue tungguin ampe pilgub jabar, air gak nyala. Kampret, ternyata air di sana udah mati. Otak encer gue mulai bekerja. Gue punya ide yang lumayan brilian. Gue liat, tiap kamar mandi ada separo ember yang ada airnya. Gimana kalo airnya gue jadiin satu? Bener, gue gabungin semua air yang ada di tiap toilet. Pinter banget NuK!! Pantes kalo dapet piala Penghargaan Adipura dari Bupati.

*Tempat gue sarapan

Kebiasaan gue di kos itu kalo mandi harus pake drum minyak. Gue lupa, kalo air lagi mati. Gue habisin air yang udah kumpulin hingga tersisa sedikit. Gue udah putus asa, padaha badan masih banyak sabun. Gue berniat mandi di bawah kran wudhu. Tuba-tiba!!!, air kembali menyala. Gue langsung lepas handuk dan lari-lari keliling rumah makan (*Gak mungkinlah).
Setelah sarapan, gue melanjutkan perjalanan ke Pundak Science. Gue menikmati susana Bandung pagi itu. Kondisi macet terlihat di sepanjang jalan. ternyata sama aja, gak di sini , gak di sana, kalo jam 7 pasti jalanan macet. Kaya gini:

*dimane mane selalu aje macet

Pas diperjalan, gue juga nemuin kaya gini:

*Masakan Khas Solo di Bandung

Wah, di Sunda ada masakan khas Solo. Ada Gudheg, Angkringan dan temen-temennya. Kalo gue buka Angkringan di sini pasti gue dapet Kalpataru lagi donk. Hahaha.


Sekitar pukul 9, gue nyampe di lokasi pertama. Lokasi pertama yang gue kunjungi di Pundak Science. disana gue disuguhkan pabrik yang membuat alat peraga science. Di sana gue bisa ngeliat pembuatan tabung rekasi, pipa corong, dan alat-alat laborat lainya. Gue juga bengong. Menurut naras sumber yang gak tau kebenarannya, dulu pabrik ini masih home insdustri. Setelah beberapa tahun, udah berubah jadi pabrik yang sangat super besar. Gak cuman alat lab aja yang dibuat. Gue juga ngeliat alat peraga pendidikan kaya alat peraga biologi, alat peraga geografi, fisika dll.

*Boyband lagi di Pudak


*Ternyata ada anak SMA yg magang

*Bapaknya lgi asik maena api

*Gue lagi di pabrik

*ternyata alat peraga gini dibuat di sini :D

Setelah puas muter-muter, gak kerasa udah jam setengah 12. Gue dan rombongan menuju lokasi selanjutnya. Tujuan selanjutanya adah kampus ITB. Tapi sebelum itu, gue dan robongan makan siang dulu. Sekitar jam setengah 2, gue dan rombongan nyampe di ITB. Kondisi kampus yang dingin gak jauh beda dengan kampus gue. Hehehe. Gue langsung menuju laborat FMIPA Kimia yang lumayan jauh. Gue udah di sambut sama anak-anak Kimia ITB meski cuma beberapa orang. Harusnya banyak sih, kebanyaakn para pengurus Kimia sedang kuliah. Setelah terjadi dialog searah, gue dan rombongan diajak keliling laboratorium. Gue ngikutin temen-temen dan para pemandu. Di sana laborat banyak banget. Menurut gue, semua laborat bentuknya sama.

*dilaborat KImia ITB

*Ada mbak-mbak yg lagi penelitian TA (katanya)

Gue capek naik turun cuma ngeliat laborat aja. Ide cemerlang gue mulai muncul lagi. Gue dan 2 temen gue diam-diam keluar dari rombongan. Gue pergi keliling-keliling kampus. Percuma aja kalo udah nyampe sana cuma dapet laboratorium yang gak jauh beda sama gambar-gamabr. So gue keliling-keliling kampus. Gue jalan ke Fakultas Teknik, Tugu Soekarno. Ngeliat jam di tangan udah menunjukan jam 4. Gue khawatir kalo gue ditungguin rombongan gue. Daripda gue di lempar dari bus, gue balik lagi ke Gedung Kimia, tempat kunjungan gue. Sebelum pamitan, gue dan rombongan, foto bareng dulu. Budaya narsisme harus ada donk. :).

*NArsis dulu Coy

*gue di tugu Soekarno

*liat ada alien kawin

Pengurus Himpunan Kimia ITB in act


*Foto bersama sebelum pisah

Selesai dari ITB, gue dan robongan menuju Ciwalk. Gak afdol kalo gak beli oleh-oleh. Sebelumnya, gue dan rombongan solat dulu. Cuaca sore itu lumayan cerah dan gak hujan. Setelah persiapan beres, gue langsung menyusuri toko yang ada di jalan Cihampelas itu. Gue ngeliat obralan murah-murah.


Gue punya pengalan bejat bareng temen-temen gue di Ciwalk. Temen gue, sebut aja Bejo. Sepanjang jalan, banyak banget pedangang yang ngejar-ngejar gue. Mereka nawarin daganganya kaya pistol, panah,tombak, katana. Ini mau jualana ato mau perang? Temen gue, Bejo dikejar sama penjual Mochi. Dengan segala tipu rayunya penjual mochi ini nawarin Mochinya. Dia hjuga ngasih iming-iming tester Mochi. Gak kerasa, Si Bejo masuk kedalam lingkaran setan penjual. Bejo makan 1 tester si Penjual Mochi. Langsung aja si penjual Mochi maksa Bejo buat beli Mochinya. Sepanjang jalan Cihampelas, si pemjual Mochi bejat ini terus aja ngikutin Bejo. Gue cuman bisa mangap-mangap ngeliatnya. Setelah capek, Bejo nyerah. Dia akhirnya beli Mochi juga. Yang bikin gue ngakak, dia beli Mochi dengan harga 15 rebu, 2 keranjang. Kalo gue kalkulasi tiap butir mochi harganya 3rebu. Sumpah gue mau ngakak, tapi gue juga kasian. Selama di Bus, gue dan anak-anak ngakak gak ketulungan kalo inget penjual Mochi yang nista tadi.

*Gue dan jembatan Pasupati


*Sore di Ciwalk

*Bandung Malem hari

Sekitar jam 07.00, gue dan rombongan balik ke Solo lagi. Sebelumnya, gue dan rombongan transit dulu ke rumah makan buat makan malam. Sampai di sana, gue masuk ke rumah makan yang namanya mirip Sumatra, tapi menyediakan masakan khas Sunda. Di sana udah diseidkan makanan. Gue cuman melongo ngeliat hidangan yang udah disediakan. Gue cuman dikasih nasi, tempe dan tahu doank. Yang lebih ekstrem, gue harus minum teh tawar.. Sumpah, It’s so Kampret You Know!!

*makan malem gue

Setelah mual-mual di toilet, gue dan rombongan ngelanjutin ke perjalana ke Solo. Badan gue capek banget. Gak terasa udah subuh. Gue dan rombongan transit dulu di Kutoarjo buat solat subuh. Selese solat, gue dan rombongan melanjutkan perjalan ke Solo. Sekitar jam 10, gue dan rombongan nyampe di Kampus dengan selamat meski badan gue sakit semua.
Gue kira, cukup ijni aja cerita nista dari gue. Pengalaman itu guru yang berharga. Pengalaman itu gak bisa ternilai dengan duit. So Jangan sia-siakan pengalaman kalian. Maaf, tulisa agak garing, soalnya gue lagi gak pingin ngelawak.
mahasiswa 9008273036899781350

Post a Comment

  1. wah cepet banget kunjungannya itu bang :D salam kenal yak gue mahasiswa FT ITT hehe,

    ReplyDelete
  2. gue pengen ke bandung kan jadinyaa.... :| kapan yak? haha

    ReplyDelete
  3. wah keren bgt ITB! gue jg pengen kunjungan gtu ke Farmasi ITB tapi biar gimanapun farmasi UGM tetep nomor 1 dong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciye... :D semua itu bagus, tinggal giman kita melihat

      Delete
  4. perjalanannya seru sekalian bermanfaat...

    itu kok foto porno ga disensor? ato itu korban mutilasi ya?

    ReplyDelete
  5. wih, asyik ya jalan2nya Mas :D
    knp gk mampir kerumahku aja? deket kok dari Pasopati.

    ReplyDelete
  6. widih, penjualnya niat banget ya sampe neror kayak gitu (O.O) mana mahal lagi hahahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kak, gak tau juga, kurang pengalaman

      Delete
  7. rugi donk ke Bandung cuman dapat ITB dan Cilwalk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mau gak mau ya gitu mas.. ada harga ada rupa :D

      Delete
  8. ada yang kurang mas, cerita tentang "jackpot"nya mana? hehe

    ReplyDelete

Hargailah penulis dengan meninggalkan jejak. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. No SARA. Jangan komentar sesat karena Blog ini juga dibaca anak-anak dan umum. arigatou

emo-but-icon

Home item

dapatkan update

Random Posts

Blog Archive

Statistik

free web hit counter

Followers