Wednesday, January 9, 2013

Hal-Hal Yang disiapkan sebelum Liburan Kuliah dimulai


Tahun 2013 udah tiba, dan ini adalah postingan pertama gw di tahun 2013. Alhamdulilah, gw masih bisa menikmati tahun 2013 yang sebelumnya di tahun 2012 kemarin digosipkan adanya kiamat. WTF about it. Setelah berjuang mati-matian sama dosen, akhirnya gw bisa bernapas lega karena masa perkuliahan sedang istirahat.. Kalo anak sekolahan, bisa dibilang libur sekolah. Tapi, buat mahasiswa, gak mengenal libur kecuali tanggal merah atau hari besar. Dalam duia mahasiswa cuma dikenal KULIAH KOSONG/ gak ada kuliah.

Kali ini gw bakal ngebahas liburan.
Gw udah penat banget, tiap hari bergelut dengan tugas dan rutinitas yang ngebuat gw gak bisa nelpon mbak-mbak operator seluler saat malem minggu(*TunaAsmaraNyesek).

Pastinya yang namanya liburan kuliah itu menyenangkan. Kalo liburan gak menyenangkan, maka penyanyi cilik “Tasya” gak akan jadi penyanyi cilik, Atau Tasya memilih jualan batagor ,daripada jualan lagu “Libur telah Tiba”karena lagunya gak laku. Tapi di sisi lain, liburan semesteran juga bisa jadi gak menyenangkan. Kalau libur ternyata bikin nggak bisa ketemu gebetan di sekolah, gimana? Kalau lagi liburan terus ngidam makanan kantin, gimana? Atau liburan gak bisa ngutang di kantin gimana? Itu sih derita orang-orang yang gak punya peri-Ketunaasmaraan aja..


Oke, kali ini, gw akan ngasih Tips, hal-hal yang harus disiapakan sebelum liburan Kuliah dimulai. Tapi sebelumnya, gw kasih peringatan buat kalian yang gak kuat, silahkan buat ngerebus Baygon lalu kalian seduh. Hahahah, Oke, cek kidot


1. Siapkan Stok Film yang banyak




Waktu liburan bisa terasa lama dan membosankan saat kalian berada di rumah dan jauh dari peradapan dan transportasi. Misalnya aja, saat kalian liburan, temen-temen kalian di kampung belum libur/ udah masuk, kalian akan bingung main sama siapa. Apalagi, di rumah gak ada kendaraan, gak ada motor, Angkot cuma lewat tiap 2 jam sekali, pasti liburan mahasiswa kaya gw ini akan terasa boring dan lama. Maka solusi yang bisa dilakukan di rumah adalah nonton film di laptop. So sebelum liburan, disiapkan amunisi Film-Film yang akan kalian tonton selama liburan.Tapi, gw kasih saran buat nyari film yang baik-baik aja, gak usah film Biru (*dibacaBanyu Biru, gak usah ngeres). Kalo kalian nyari pilem XXX, ditakutakan, saat dirumah laptop kalian gak sengaja dibuka-buka sama tetangga. Bisa-bisa Roy Suryo dateng ke rumah kalian gara-gara melanggar UU PPA. Kalo gw, udah nyiapan stok film anime, yang gw skip karena ceritanya bagus. Nih beberapa anime yang ada di laptop gw:

*Stok film liburan



2. Pikirkan Tempat yang akan dikunjungi




Buat mahasiswa yang hobi ngelayap atau bahasa Jawanya touring, pastinya akan mengisi liburan kuliahnya dengan Tour. Entah tour ke alam baka/ ke akhirat (*loh). Sebelum liburan, persiapkan dulu, tempat-tempat yang akan kalian kunjungi. Biasanya anak-anak kuliahan akan pergi ke Pantai. Gw akankasih referesi, beberapa tempat yang sering dikunjungi anak sekolah, dari jaman gw sekolah dulu kaya:
1. Candi Borobudur
2. Ancol
3. TMII
4. Pantai Parangtritis
5. Malioboro
6. Pasar Kembang (*lupakan yang ini)

*Someday, I will go to there

Gw punya harapan, gw bisa pergi ke Jepang. Itu mimpi gw waktu dekat ini. Entah, kenapa gw pinginbanget ke sana. Gw pingin ketemu sama____. Semoga impian gw ini bisa tercapai.


3. Siapkan Kontak Temen



Untuk yang ini, masih berhubungan sama yang di atas. Kontak temen ini sangat penting. Misalnya aja kalian akan pergi ke luar kota, dan kalian kemalaman dan butuh tempat menginap., gak mungkin kan kalian nginep di Masjid atau nginep di Hotel. Mending kalian nelpon temen kalian yang ada di kota terdekat dan bilang akan nginep di kosan temen kalian #mental_anak_Kos.
Biasanya, jadwal libur antara mahasiswa 1 dengan yang lainya gak sama, jadi ada kemungkinan temen kalian masih ada di kosan.

4. Cuci Baju Kotor di Kosan



Gak mungkin kan, kalian pulang ke rumah buat liburan dan kalian ninggalin pakain kotor kalian di kamar kosan. Bisa-bisa pakaian kalain jadi tempat kumpul kebo nyamuk dan kecoa. Sebelum liburan dan balik ke kampung halaman, sebaiknya baju dicuci, kalao yang menggunakan jasa mbak-mabak Laudry, ya bisa di Laundry. Tapi ditakutkan, nge-laundry itu lama, dan kalian ninggalin baju kalian di laundry terlalu lama, bisa-bisa baju kalian udah berubah jadi benang. So, Sebelum pulang, cucilah pakain kotor kalian.


5. Bersih-Bersih Kamar Kos

Selama liburan kuliah pasti kalin akan ninggalin kamar kosan kalian. Buat anak kos pasti udah tau, kalo liburan semesteran, pemilik kos akan masuk dan mengecek kamar kalian. Maka, sebelum pulang kampung, kamar harus diberesin, barang-barang penting di masukan ke lemari dan dikunci. Yang paling penting, kamar harus dibersihin biar gak kotor dan jadi sarang Tomcat.

Tapi yang lebih penting agar kamar kalian terasa rapi saat pemilik kos masuk ke kamar kalian buat ngecek kamar kalian. Kalian gak mau kan kalo pemilik kossan nemu Tisue Basah yang dikerumuni semut kan? Hahaha

Meski kamar cowok cenderung berantakan, tapi berusahalah menjadi rapi sebelum pulang.




6. Siapakan Bacaan Ringan



Buat yang hobi memakan buku, pasti berprinsip “Tiada Hari tanpa membaca”. Entah yag dibaca itu buku atau majalah hardcore. Kalo sehari gak baca buku itu pasti ada yang kurang. So, sebelum liburan dan balik ke kampung halaman, maka siapakan buku/ daftar bacaan yang akan di baca saat di rumah.

Gw kasih saran, buat ngebaca buku yang ringan-ringan aja. Soalnya, liburan, itu buat refresing setelah kepenatan melanda setelah UTS, dan tekanan dari Dosen. Ni gw, kasih beberapa referensi Buku ringan yang harus di baca saat liburan:



*Buku ringan pengisi liburan semester



7. Siapkan Koneksi Internet


Tiada hari tanpa intenet. Gw yakin, tiap hari kalian pasti akan membuak internet. Untuk mengisi liburan, Ibarat 4 sehat 5 sempurna, internet adalah pelengkap kaya SUSU. Yang jelas, mahasiswa kaya gw ini, tiap hari harus ngejaga laptop 24 jam. Soalnya, Nilai KHS gw online. Jadi, gw harus negcek tiap detik, nilai mata kuliah apa aja yang udah keluar. Tapi yang jelas, dengan internet, gw gak akan terisolasi. Dengan internet, gw bisa pergi ke mana-mana, gw bisa pergi ke Jepang, pergi ke Papua meski cuma di depan laptop.


8. Nyiapin Buku dan materi semester depan



Tips yang terakhir ini kayanya sedikit banget yang ngelakuin. Mahasiswa kalo udah deket sama liburan, pasti yang ada di pikiran cuma liburan, pulang. Tapi juga ada kok yang sebelumnya nyiapin materi dan buku buat semester berikutnya. Yang jelas bukan gw. Gw liburan ya mikir liburan. Soalnnya Libur ya buat libur. Kalo diturutin, Kegiatan, pekerjaan itu gak akan ada habisnya. So Enjoy Your Vocation.


Oke, gw kira cukup ini aja tips sebelum liburan dari gw. Kalo ada yang punya tips lain, bisa nambahin di komentar. Gw ucapin selamat liburan buat para mahasiswa. Semoga IP semester ini diatas 3. Makasih yang buat kalian yang udah baca tulisan gw, semoga menjadi amal baik buat kalian. Happy Holiday!!!!

14 comments:

  1. ane ngga lakukan semua tuh, cuma bersih2 kosanaja,,, yang penting liburan...nyamoe tujuan trus hepi hepi...

    ReplyDelete
  2. Gua sih waktu liburan kerja sambilan, cari duit, hehehe

    ReplyDelete
  3. yaelah bang baca kalkulus pas liburan? -_- otak kusut yang ada. hehe

    tapi soal filem itu bener banget. saya skrg lagi cari filem drama thailand. hehe

    ReplyDelete
  4. kalkulus, buku ringan pengisi liburan semester ?
    *mati*

    ReplyDelete
  5. Yang sering gue lakukan cuma nomor tujuh, boleh nih tipsnya. :D

    ReplyDelete
  6. kunjungan perdana sobat, sambil baca2 :)
    visit n koment back ya dblogq :)
    skalian follow blogq y nanti ak folback

    ReplyDelete

Hargailah penulis dengan meninggalkan jejak. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. No SARA. Jangan komentar sesat karena Blog ini juga dibaca anak-anak dan umum. arigatou