Monday, July 16, 2012

It's About MOS


Gak terasa ya udah udah lewat tanggal 15. Tanggal dimana anak kos mulai ngos-ngosan karena harus memanage duit bulanan. Gak nyampe seminggu udah mulai puasa. Yap kalo ngeliat iklan sirup yang memakai nama Juru Kunci Merapi. Kao gak salah iklannya Sirup Marijan. Hahaha.

Semalem tempat Gw kena Abu dari merapi lagi. Gw udah shock berat kalo keinget tragedi gunung Merapi di tempat Gw beberapa tahun yang lalu.Oke back to the Topic

Beberapa hari ini gw pulang ke Rumah dan menghabisakan waktu buat jalan-jalan ke pasar sambil liat liat orang-orang julan kambing sama ayam. Tiba-tiba Gw liat banyak anak-anak kecil dengan baju biru putih lagi sibuk belanja entah merekapada mau beli ayam atau kambing. Hahaha.


STOP.. kok jadi negbahasa hal gak penting kaya gini. Oke kejadian tadai emang ada hubunganya kok. Setelah Gw interogasi layaknya Polisi yang lagi ngintrogasi Terssangka KPK, akhirnya gw dapet informasi kalo hari Senin besuk udah mulai tahun ajaran baru. Yap, ini berarti mereka lagi nyiapain buat MOS.


Ngomongin soal MOS, jadi keinget jaman dulu ketika Gw masih makan bangku sekolahan. Maksudnya bukan makan kursi sama meja di sekolah, melainkan ketika Gw masih sekolah SMP dan SMA. Yap, gw sebelum jadi Mahasiswa gw pernah ngalamin fase-fase dimana Gw harus ngikutin MOS.


MOS sebuah singkatan dari Masa Orientasi Sekolah dimana Murid-murid baru akan diajarkan dan dilatih mentalnya agar sekuat baja, tubuh sekeras Besi dan hati Boyband #lhoh. Gw inget dulu pas awal-awal MOS, gw masih cupu dan nurut aja apa yang diperintah senior OSIS. Gw harus make pakaian aneh, sepatu belang, leher dikasih tali trus digantung. (kalo yang ini gw iprop sendiri).


Kali ini Gw bakal review lagi hal-hal yang berhubungan dengan MOS. Karena Gw baik hati dan suka menabung sehingga Gw dapet Piala Kalpataru dari Menteri Pemberdaya Wanita. Langsung aja Gw bakal Ngreview ingatan kalian tentang atribut-atribut masa-masa MOS. Selamat bernostalgila dengan masa-masa MOS SMA dan SMP kalian :D


1. Rambut Dikucir Sembilan





gak beda sama



Gak di SMA dan SMP, hal kaya gitu selalu Gw liat. Biasanya buat cewek yang gak pake kerudung wajib Ngucir tuh rambut ama rapia warna-warni. Biasana dikepang 7. Busyet, gw kadang kassian ama keluarga cewek yang ikut MOS. Pagi-pagi ketika Si ibu lagi mau masak malah harus ngepang rambut anaknya. Gw juga kasian, tali jemuran diambil buat ngepang rambut.

Yang lebih heboh lagi, Gw jadi gak bisa mbedain Siswi baru sama Medusa habis ngelahirin :P


2. Memakai Rompi dari Plastik Kresek





Tiap tahun Gw juga sering liat anak-anak yang lagi mau masuk SMA sama SMP selalu make rompi dari tas Kresek bekas belanjaan ibu-ibu mereka. Entah apa maksudnya mereka harus memakai rompi belang-belang kaya Tahanan Mertua. Entah kenapa banyak toko atau Warteg yang kehabisan plastik kresek ketika tahun ajaran baru tiba. Gw gak setuju banget kalo MOS pake plastik kresek. Soalnya plastik itu sulit untyuk terdegradasi maka akan menebabkan pencemaran tanah. ( bahasanya kaya orang ahli Akuntansi aja)


3. Kaos kaki belang dan Beda





Ketika Gw MOS, gw juga disuruh pake kaos kaki belang dan beda. Maksud beda disini Gw bingung dan ambigu. Gw mikir, kalo kaos kaki gak beda pasti gak akan bisa dipake. Iya, kalo kaos kaki kiri semua ya pasti gak bisa di pake. Mungkin IQ gw kalo diukur saat itu pasti kurang dari 90 :P. Makanya kalo pas musim MOS, penjual kaos kaki pada diburu MUBA (Murid baru).


4. Sepatu Hitam dengan Tali Rafia.




Pasti kalian juga pernah disuruh pake sepatu dengan rafia warna warni sebagai talinya juga kan. Yap, Gw 2 kali ikut MOS dan Gw juga selalu memakai sepatu hitam dengan tali rafia. Butuh waktu lama banget buat masukin rafia ke lobang sepatu yang segedhe lobang hidung Hitler.


5. Tas dari karung atau Kardus Bekas





Gak afdol kalo MOS gak pake tas. Yap, entah apa yang ada di dalam otak Senior Gw dulu. Gw gak boleh bawa tas kecuali tas dari Kardus atau karung. Yap Gw dulu ampe kencing berdiri gara-gara nyari karung buat tas. Entah, apakah dengan karung gw jadi mirip kaya Sinterklas atau pemulung. Tapi karena Gw orangnya cinta damai, maka Gw turutin aja perintah senior Gw. Apakah mungkin tujuan senior Ngasih tugas bawa tas dari karung. Mungkin Tas dari karung ini buat tempat bagian tubuh setelah dialkukan mutilasi.


6. Topi dari Keranjang& Bola plastik




Jaman Gw, gw disuruh buat topi dari keranjang tempat makanan. Yap, Gw dulu pake keranjang bekas makanan dari tempat Tahlilan. Maklum, daripada beli, gw pake tuh keranjang bekas tempat makanan/ berkat(ditempat Gw). Keranjang yang dihiasi oleh rumbai-rumbai yang lebih mirip buku hidung Hitler. Tapi mulai adik kelas gw udah diganti peraturannya. Udah gak pake keranjang lagi tapi bola plasti yang dipotong setengah dan dihiasi 2 balon. 2 balon?? Gak ada maksud gw ngbrolin 2 buah balon.


7. CoCArd Aneh




Ini yang paling bikin emosi. Ketika harus buat Kokard yang bentuknya aneh-aneh. Ada bentuk jamur, ada bentuk Zoni dan lingga. Yang bikin emosi adalah kokard yang bentuk dan warnanya sulit banget didapet. Kadang dalam kokard juga dikasih nama panggilan mesra. Maksud panggilan mesra disini adalah panggilan buat junior. Kadang kalo
senior ngasih ketentuan aneh-aneh. Biasanya nama bintang, nama bus, nama penyakit. Pernah, sewaktu Gw SMA, angkatan Gw dapet Nama Panyakit. Temen Gw make nama penyakit menstruasi. Busyet deh...

kaya gini :




Dan masih banyak lagi hal-hal yang berhubungan dengan MOS. Semua atribut di atas harus dipake di rumah coba. Biasanya para senior udah siap jaga dalam radius 100 Meter dari Sekolah. Jadi mau gak mau ya Harus make .


Tapi dibalik itu semua banyak banget yang akan kalian dapet. Yaitu ngilangin rasa gak peDe. Yap,. Dengan memakai kostum yang lebih parah dari orang gila, mental kita akan terlatih agar menjadi orang yang Gak Punya Kemaluan. Hahahah maksudnya agar kita gak malu dan minder...

Oke cukup ini postingan dari Gw, semoga bisa ngingetin masa-masa Mos kalian.

14 comments:

  1. gokil banget jadi inget masa2 MOS mampir balik ia n jangan lupa follownya ane tunggu

    ReplyDelete
  2. postingan gado gado, yg bacanya persis lagi makan gado gado,pedes manis gurih, ada semua.

    tapi itulah kreatifnya mahasiswa galau krn uang bulanan ini...

    bicara soal MOS, alhamdulilaah gue gak pernah ikut...ngapain coba sekolah dandan primitif dan kayak orang gila seperti...

    ReplyDelete
  3. geblek ya kalo dipikir-pikir kelakuan anak-anak jaman sekarang orang waras digila-gilain haha

    ReplyDelete
  4. Gue malah waktu SMA suruh pake dasi PETE... :'(((((((((((

    ReplyDelete
  5. hahaha ...
    gue gak pernah setragis itu ..
    alhamdulilah soob ..
    aman2 ajaaa :D

    ReplyDelete
  6. haha..
    untung, wktu MOS aq gag separah itu -,-"
    btw, postinganmu keren nu :D

    ReplyDelete
  7. btw kamu pakai gambar co-card saya ga ijin ya...hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah, Srry, oh itu punamu toh. haha Maap deh, tp udah Gw sensor

      Delete

Hargailah penulis dengan meninggalkan jejak. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. No SARA. Jangan komentar sesat karena Blog ini juga dibaca anak-anak dan umum. arigatou