Loading...

Gagal SNMPTN, Don't Give Up

Malem ini Gw mencium atmosfir yang berbeda dari biasanya. Sore tadi setelah makan malam, Gw mencoba membuka FB dan disana lagi pada galau...


Malem ini Gw mencium atmosfir yang berbeda dari biasanya. Sore tadi setelah makan malam, Gw mencoba membuka FB dan disana lagi pada galau. Gw buka Twitter juga lagi rame. Setelah Gw liat, ternyata TimeLine twiter dan status di FB lagi pada negbahas PENGUMUMAN SNMPTN.

Iyap. Banyak banget yang lagi galau nunggu pengumuman SNMPTN. Tadi setelah Gw cek di web SNMPTN, ternyata pengumuman baru dapat diakses setelah jam 07.00 malem. Sambil menunggu pengumuman SNMPTN, gw makan dan menutup laptop terus minum Baygon.

(Terus Lu mau Nulis dan mbahas apa Nu?)





Gak, gw cuma bercanda aja. Setelah pukul 07.30 Gw ngecek status di Twiter dan Timeline di FB, dan ternyata pada galau SNMPTN. Ada yang senang ampe Update terus menerus seolah-olah ingin memberitahu pada dunia kalau dia lulus SNMPTN.










Gak Cuma itu ada juga yang UPDATE kalau dia telah Gagal. Ada juga yang lagi galau keterima SNMPTN tapi diterima pada pilihan kedua atau bukan ada pilihan pertama yang sangat diinginkan. Akhirnya mereka rame-rame ngrebus Baygon buat ngerayain atas kelulusan SNMPTN.




Kali ini Gw bakal membahas tentang kegagalan SNMPTN. Yap bener banget yang namanya kegagalan pasti nyakitin Sob. Tapi, It happens for Good Reason. Kadang kita selalu menjudge Tuhan.

“Kenapa Tuhan Gak Adil, Temenku orang yang males-malesan malah lolos SNMPTN...” atau
“Kenapa Gw gak lolos padahal Nilai UN gw paling tinggi dari Monas.. “
Yap kadang kita selalu bilang kaya gitu. Padahal kita udah berusaha siang malem nyiapin ujian, tapi pada pemngumuman gak lolos. Manusia berusaha dan Tuhan yang menentukan.

Tapi itu salah Bro. Emang kita udah mati-matian, tapi kadang Tuhan memberikan yang terbaik buat kita. Semua yang terjadi pasti mempunyai alasan kenapa Tuhan gak ngijinin kita lolos SNMPTN. Mungkin saja pilihan kita di perguruan tinggi negeri yang kita inginkan. Bisa saja kalau kita masuk ke PTN tersebut kita akan jadi MAPALA dan gak bisa keluar dan akhirnya DO berbicara.


Atau bisa saja belum waktunya tahun ini kita kuliah. Kalau kita kuliah tahun ini, kita lulus jadi pengangguran, tapi ketika kita diterima tahun depan, kita lulus dan langsung dapat pekerjaan. Gw akan kasih tips dan pesen aja kaya gini:

1. SNMPTN bukan akhir dari Segalanya



Gagal SNMPTN bukan akhir dari dunia Coy. Masih ada kesempatan buat menuju kesuksesan. Gw yakin pasti yang ikut SNMPTN masih muda, masih berumur 18-an. Jadi waktu kalian masih banyak. Masih bisa mencoba tahun depan.

2. Kampus gak Hanya Negeri aja.

Gagal SNMPTN jangan mematahkan semangat. Justru akan membuat kalian akan semakin tegar dan semakin ganas. Perguruan tinggi gak hanya negeri doank Coy. Ada Perguruan tinggi Swasta (PTS) dan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTN). Jadi kalian masih punya kesempatan. Jadikan kegagalan sebagai pelatuk mendapatkan PTS dan PTK. Kampus swasta juga bagus. Kalo kampus negeri yang bagus, pasti semua Universitas Swasta pada jualan Batagor karena gulung tikar gak ada orang yang daftar.

3. Banyak Jalan Untuk Kuliah

Meskipun kita gagal lewat jalur SNMPTN, masih banyak jalan buat menggapai kampus impian kita kok Sob. Biasanya kampus Negeri gak mau rugi. Mereka juga bukain jalur masuk selain SNMPTN. Biasanya ada jalur UM, jalur Swadana, dan Swasembada beras (*lhoh) jadi gak usah galau kalau gagal SNMPTN. Semua sama, hanya berbeda duit aja. Kalo SNMPTN duit disubsidi sama negara, tapi kalo Swadana, dan UM itu kita sendiri.

4. Tempat Kuliah bukan Jaminan Kesuksesan

Yap, faktor tersebut emang bener. Kata Dosen Gw, tempat kuliah gak menjamin kalian sukses. Kesuksesan tergantung usaha dan doa kita. Jadi rubah mainset kita kalau kesuksesan itu tergantung dari dengan siapa kita bergaul. Bisa kalian lihat diluar sana, banyak rang yang menjadi orang sukses tapi lulusan swasta.

5. Rencana Tuhan itu Sempurna

Yap, rencana Sang Pencipta itu lebih sempurna dari ciptaan-Nya. Kadang kita selalu menyalahkan Tuhan, setelah semua terjadi kita baru sadar kalau inilah yang terbaik dari Tuhan. Misalnya saja kalian setelah kalian gagal dan diterima di kampus yang tidak kalian inginkan malah kalain dapat jodoh di sana.. dan kalian baru nyadar kalau ini maksud Tuhan ngak ngijinin masuk ke kampus pilihan kalian.

Gw rasa itu tips dan saran dari Gw. Jangan karena gagal SNMPTN Lu pada masuk headline, “ Gagal SNMPTN, Pelajar Gantung diri di atas Pohon Rambutan”

Atau “ Gak lolos SNMPTN Siswi ditemukan telanjang di kamar mandi dengan pergelangan Teriris”
Semoga kalian yang gagal SNMPTN jangan putus asa. Masih ada Tahun depan.....


Motivasi 3753818950798891780

Post a Comment

  1. makasih gan... jadi semangat lagi tuk ngejar cita2... tengkyu banget...

    ReplyDelete
  2. semua memang hanya sekedar remah-remah dunia yang biasa dan wajar untuk dihadapi....

    ReplyDelete

Hargailah penulis dengan meninggalkan jejak. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. No SARA. Jangan komentar sesat karena Blog ini juga dibaca anak-anak dan umum. arigatou

emo-but-icon

Home item

dapatkan update

Random Posts

Blog Archive

Statistik

free web hit counter

Followers