Sunday, May 13, 2012

Tips Memilih Kos


HELLo Guys, how are you today? I’m fine and thank you. I’m fine too thank you.
Sebuah konversasi bahasa Inggris jaman dulu ketika Gw masih SD. Gw pertama kali belajar bahasa Inggris ya kaya gitu. Trus ditanyain siapa namamu, di manakah tukang tambal ban tinggal dll.

*Trus apa hubunganya dengan Tips Memilih kos Nu?

Gak ada hubungannya sih, It’s just intermezzo aja. Oke gak usah buang-buang waktu Gw akan kasih tips memilih kos yang baik dan benar sesuai peraturan pemerintah tentang Kemahasiswaan dan Anak Kos. (* emangnya ada ya?)
#Hening#Gubrak
Langsung aja ke topik, gimana sih tips memilih kos. Apalagi buat calon MARU (Mahasiswa Baru) yang jauh dari rumah mau tidak mau akan mengalami yang namanya kehidupan kos. Ini juga Gw alami dulu ketika Gw masih menjadi mahasiswa tingkat 1.
Kenapa Gw ngasih tulisan kaya gini?

*Emang kenapa Nu?


Karena menurut Gw , kos-kosan juga menentukan prestasi kita coy. Udah banyak kok temen-temen Gw yang sukses karena kos dan ada juga yang hancur karena kos. Masalahnya Cuma sepele, “ Gak Betah.” Oleh sebab itu, gw pingin kasih kalian pengalaman memilih kos yang benar menurut Ejaan Yang Disempurnakan. Oke kita langsung saja ke TKP:

1. Dekat dengan Kampus / Fakultas

Emang bener, lokasi kos harus dekat dengan kampus. Misalnya di samping kampus atau di belakang kampus atau di sekitar kampus. Jangan ngekos yang jauh dari kampus / fakultas kalian. Misalnya kampus kalian ada di Solo, maka jangan ngekos di Semarang Coy.
Kalau kos kita dekat kampus, seumpama ada kejadian yang kurang enak, seperti sepeda motor kita kehabisan bensin di kos / Motor kita sedang bocor dan ada pengumuman mendadak dari dosen maka kita dengan mudah bisa berjalan kaki tanpa mengalami kelelahan yang menyebabkan ketek kalian banjir.

2. Kos Harus Jelas



Maksudnya adalah kos di sini jelas antar kos cowok atau cewek. Banyak banget kos yang campur antara cowok dan cewek. Jika ini terjadi, maka privasi kalian bisa terambil.
*Maksudnya gimana Nu?
Pasti kalian punya privasi atau kebiasaan buruk, misalnya kalian suka jalan pakai handuk saja ketika selesai mandi, tiba-tiba ada cewek yang melihat terus handuk kalian lepas dan kelihatan, dan keesokan harinya kalian ditemukan tanpa busana di kamar si cewek.
Makanya kalau cowok pilih kos cowok dan sebaliknya buat cewek.

3. Kos Harus Bersih

Ini sangat penting. Kebersihan pangkal kesehatan kata guru SD Gw. Makanya, pilih kos yang bersih. Gak mungkin kalian hidup di kos kaya jamban kan?
Kebanyakan kos cewek itu bersih-bersih sedangkan kos cowok itu kotor. Tapi gak sedikit juga kos cowok yang bersih. Contohnya kos Gw bersih. Bisa kalian bayangin jika kos kalian kaya penampungan sampah maka bisa-bisa kos kalian akan jadi sarang hewan kaya Tomcat, tikus,nyamuk.
Kalau kos kita bersih, setidaknya kalian bisa mengurangi penyebaran penyakit DBD Coy.

4. Kos Harus Banyak Air




Hal ini sangat vital buat anak kos. Gak mungkin kalian ngekos tapi gak pernah mandi gara-gara gak punya air atau air PDAM mati karena pemilik kos nunggak belum bayar tagihan air selama 5 bulan. Kalau Gw nyaranin, nyari kos yang airnya air sumur. Jadi seumpama air PDAM mati kalian masih bisa mandi. Banyak sekali temen-temen Gw yang datang ke kos Cuma numpang mandi
“Bro lagi apa? Gw minta ijin donk” “Minta ijin apa?
“Gw numpang mandi, udah seminggu air mati, gw udah seminggu gak mandi, berta badan gw nambah 3 kg gara-gara ketombe ketek gw bertelur".



5. Anak Kos Harus Se-Ideologi


Hal ini juga menentukan kita. Misalnya kalian anak Kedokteran/ Anak Teknik satu kos sama anak Sastra/ Ekonomi pastri gak akan jadi. Anak teknik kerjaannya belajar sedangkan anak Sastra hobi maen dan mengexplorasi bakat mereka.
Gw pernah pergi ke kos temen Gw yang mayoritasnya adalah anak sastra. GW waktu itu sangat takut karena mereka berpenampilan seperti preman. Waktu itu Gw denger gak siang gak malam tuh musik gak pernah berhentidari kamar anak sastra. Jadinya kalian gak akan bisa belajar dengan tenang padahal besuk ada Ujian dari dosen Killer.

6. Dekat Dengan Tempat Ibadah

Kalau kosan kalian dekat ibadah apalagi banyak sekali tempat ibdah maka hal itu menjadi indikator kualitas masyarakatnya. Gak mungkin banyak tempat ibadah penduduknya adalah penjahat. Selain itu, jika kalian dekat dengan tempat ibadah maka kalian akan terpacu untuk pergi beribadah.

7. Ada Tempat Ngumpul



Memang hal ini sepele tapi, hal ini berdampak besar buat kita. Kita gak mungkin hidup sendirian. Kata Guru Sosiologi dan seksologi, Kita ini adalah makhluk sosial maka kita butuh berinteraksi dengan anak kos yang lain. Kepada siapa lagi kita minta bantuan di kos ketika kalian sedang mengalami masalah, misalnya kalian lagi over dosis nelen baygon, maka orang terdekatlah yang membantu kalian.
Kalau di kosan Gw, Ada tempat ngumpul berupa ruang nonton TV. Memang sih, tiap hari, tempat ini dijadikan tempat ngumpul . tanpa disadari dengan seperti ini, rasa kekeluargaan akan semakin hangat antar penghuni kos. Kadang di tempat ngumpul anak-anak pada curhat masalh pacar, masalah kuliah ampe ngomongin yang punya kos.

8. Ada Garasi



Meskipun gak begitu penting, tapi adanya garasi sangat penting biuat anak kos yang bawa kendaraan seperti kontainer, truk dan helikopter. Gak mungkin kan, kalian ngelantarin motor kalian di jalan gara-gara kos kalian tidak mempunyai garasi? Bisa-bisa nama kalian masuk koran dengan Judul”. Motor di Depan Kos Raib, Pemilik Motor Telan Autan.”

9. Sesuaikan dengan budget dan Kebutuhan

Memilih kos harus sesuai kebutuhan kalian. Gak usah terlalu mewah seperti kos yang ada AC, ada WC di bawah kasur dan CCTV di kamar mandi. Kira-kira kalau di tempat Gw yang seperti itu bisa menghabiskan biaya sampai 5-6 juta pertahun. Kalian niatnya kuliah, masa kuliah sama kosnya mahal kos? Jadi sesuaikan dengan kebutuhan kalian aja.

Itu adalah sedikit tips memilih kos yang baik. Semua tergantung kalian. Gw hanya bisa nyaranin aja. Jangan sampai kalian hancur gara-gara salah memilih kos. Gak mungkin kalian tiap hari pulang ke rumah gara-gara gak beah di kos. Kalau rumah kalian dekat It’s Ok. Tapi kalau rumah kalian ada di Suriname, gak mungkin tiapa hari kalian balik ke Suriname dengan Pesawat Sukhoi. Selamat menjadi anak Kos.

4 comments:

  1. setahun lagi gue kuliah. Dan orang tua gue udah nyiapin tempat buat gue tinggal. Yaa gue dititipin di rumah bu de gue. Dan kagetnya, disitu juga menerima kos cowok. Deuh, pusing mikirnya

    ReplyDelete
  2. hmmm... bagus banget saran lo.. gue lagi mau nyari kost buat adik gue nhe..jadi tau dhe kost yang sesuai buat dia ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Semangat ya :) kongrat adiknya mau jadi anak kos

      Delete

Hargailah penulis dengan meninggalkan jejak. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. No SARA. Jangan komentar sesat karena Blog ini juga dibaca anak-anak dan umum. arigatou